Tips mengatasi Cacar air di rumah

Posted on

Tips mengatasi Cacar air – Cacar air merupakan penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya. Lalu pengobatan yang akan kami jelaskan untuk apa? pengobatan ini bertujuan untuk meringankan gejalanya, atau menghindari kemungkinan memburuknya kondisi cacar ini.

Tips mengatasi cacar air yang bisa dilakukan dirumah

Cara mengatasi cacar air

Bukan hanya yang akan dibahas sekarang ini, obat dari dokter juga memiliki fungsi yang sama, yaitu meringankan segala yang menyangkut penyakit ini. Untuk menghindari memburuknya kondisi cacar air, Berikut tips mengatasi cacar air:

Abaikan gejalanya

Maksudnya, anda jangan berinteraksi dengan gejala yang muncul pada kulit anda, kecuali saat mandi. Mungkin gejala yang sangat mengganggu ialah rasa gatalnya. Rasa gatal yang memancing anda untuk menggaruk sangatlah mengganggu dan terkadang secara tidak sadar kita melakukannya. Biasanya penderita secara tidak sadar dapat menggaruk pada saat tidur.

Sebisa mungkin anda tidak menggaruk rasa gatal pada bintik-bintik yang terjadi pada kulit anda. Karena biarpun dapat sembuh dengan sendirinya, jika kita menggaruk, penyembuhan kulit akan berjalan lambat. Selain itu dengan menggaruk dapat memicu luka dan infeksi. Jika memang anda tidak tahan akan rasa gatalnya, anda dapat membeli pereda gatal yang disebabkan cacar di apotik.

Mengoleskan lotion calamine

Apa titu lotion calamine? Lotion chalamine adalah obat yang dapat mengobati rasa gatal, sakit dan tidak nyaman pada kulit. Hal tersebut bisa dilakukan lotion ini karena mengandung kandungan yang mampu menenangkan kulit, salah satunya Zinc Oxide.

Cara menggunakan lotion ini anda hanya perlu mengaplikasikan dengan tangan yang bersih pada area yang gatal. Chalamine tersedia dalam bentuk salep dan lotion. Jika cacar terdapat pada kulit disekitar mata, jangan gunakan lotion ini untuk mengatasinya.

Mandi oatmeal

Meski cacar dapat membuat kulit merasa sakit atau semacamnya, namun yang sering dipermasalahkan ialah rasa gatalnya yang mengganggu. Berendam dalam air hangat menjadi salah satu hal yang nikmat jika dibayangkan ketika terkena cacar air. Sebaiknya anda mandi menggunakan oatmeal dalam air hangat sebagai solusinya.

Oatmeal yang biasa digunakan ialah oatmeal koloid yang digiling menjadi bubuk halus. Bahan ini mengandung antioksidan dan antiradang, serta dapat membantu melembabkan dan berfungsi sebagai emolien untuk mengatasi kulit kering. Selain itu oatmeal koloid juga memiliki kadar pati yang tinggi yang dapat membantu menenangkan dan melindungi kulit.

Menggunakan teh chamomile

Teh chamomile adalah teh herbal yang dibuat dengan menggunakan kelopak bungan chamomile. Menggunakan teh chamomile ini dapat menenangkan kulit yang gatal, karena teh ini mengandung antiseptik dan antiradang. Sehingga sangat cocok untuk mengrurangi gejala pada penyakit cacar air.

Cara menggunakannya mudah, anda cukup melarutkan teh chamomile sebanyak 2-3 kantong teh chamomile pada baskom kecil. Lalu rendam kain atau handuk pada baskom tersebut, kemudian kompreskan pada wajah anda selagi hangat. Jika selesai ditandai handuk menjadi dingin, keringkan kulit dengan cara menepuk menggunakan tangan.

Makan makanan lunak

Jika Bintik-bintik atau lepuhan cacar terdapat pada bibir dan anda merasa sakit ketika makan, sebaiknya anda jangan memakan makanan keras. Karena rasa sakit tersebut dapat muncul ketika anda berusaha mengunyah makanan, dan akan terasa semakin sakit pada saat makan makanan yang keras.

Sebaiknya makan makanan yang lembut agar mudah dikunyah dan tidak perlu susah payah mengunyah makanan tersebut.

Minum air yang banyak

Semua penyembuhan akan terasa sempurna ketika kita mengkonsumsi air minum dengan banyak. Minum air putih dapat menghidrasi kulit, sehingga tubuh dapat melakukan penyembuhan secara optimal. Sebisa mungkin anda meminum air dalan sehari sebanyak 8 gelas air putih.

Itulah Tips mengatasi Cacar air yang dapat dilakukan dirumah. Semoga dapat meredakan semua gejalanya yang menggaggu kenyamanan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *