Tips eksfoliasi kulit sensitif agar aman tanpa efek negatif

Posted on

Tips eksfoliasi kulit sensitif – Eksfoliasi dilakukan untuk mengatasi kulit kusam, kotor, komedo dan jerawat. Permasalahan pori-pori wajah dapat ditangani dengan melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi biasanya menggunakan bahan eksfoliator yang teksturnya kasar seperti pasir. Lalu, apakah eksfoliasi bisa dilakukan pada kulit sensitif? Jika bisa, Apakah ada trik khusus melakukan eksfoliasi kulit sensitif? Simak terus ulasan yang telah saya tulis dibawah.

Tips aman eksfoliasi kulit sensitif

Diingatkan kembali, eksfoliasi bukan hanya dilakukan dengan cara menggosok yang dapat membuat kulit sensitif menjadi iritasi. Eksfoliasi dibagi menjadi dua jeni yaitu:

  • Physical Exfoliant : Yaitu eksfoliasi yang dilakukan secara manual, yaitu dengan menggunakan sikat atau spons yang bersifat cenderung kasar pada kulit. Sedangkan pada produk yang dijual dipasaran, menggunakan material yang menyerupai pasir dan sama terasa kasar dikulit.
  • Chemical Exfoliant : Sedangkan jenis ini dilakukan dengan caran menggunakan bahan yang bersifat enzimatik. Enzim ini bersifat mengikis dan mempercepat regenerasi sel kulit. Produk yang bersifat seperti ini yaitu berupa toner atau lotion dengan asam.

Berikut tips eksfoliasi kulit sensitif …

Tips eksfoliasi kulit sensitif agar aman tanpa efek negatif

Menggunakan alternatif

Jika anda berfikir menggunakan eksfoliant fisik dapat membahayakan kesehatan kulit, anda harus menggunakan cara lain. Cara lain yang dapat anda gunakan ialah dengan menggunakan kandungan Vitamin C. Anda dapat menggunakan skincare dengan kandungan Vitamin C mulai dari pembersih, toner dan lotion pelembab. Gunakan juga serum yang mengandung Vitamin C.

Vitamin C dapat mengankat sel kulit mati karena masih termasuk kedalam chemical exfoliant. Selain dapat mengangkat sel kulit mati, Vitamin C juga bersifat antioksidan dan terasa lembut sebagai eksfoliant untuk kulit sensitif. Anda bisa mendapatkan eksfoliasi yang mengandung vitamin C dengan menggunakan perasan air lemon, caranya cukup gosokan, diamkan 10menit, lalu bilas.

Hati-hati Physical Exfoliant

Kulit sensitif memiliki batasan dalam menggunakan eksfoliasi fisik, karena gosokan dapat menimbulkan iritasi. Tapi, bukan berarti kulit sensitif tidak boleh melakukan physical exfoliant. Ada cara aman melakukan eksfoliasi fisik untuk kulit yang sensitif.

Perlu anda ketahui, melakukan eksfoliasi fisik dapat menguras limfatik sehingga anda harus memperhatikan eksfoliator yang digungakan. Lakukanlah Physical Exfoliant dengan lembut dengan menggunakan eksfoliator yang lembut. Sebagai contoh anda dapat menggunakan scrub jojoba yang mampu bekerja secara lembut namun efektif. Anda juga dapat menggunakan Oatmeal dan gula pasir dengan gosokkan yang ringan.

Tidak terlalu sering melakukannya

Frekuensi melakukan ekfoliasi yang sering dapat memperburuk keadaan kulit. Jika anda merasakan perbedaan pada kulit anda berupa kulit yang semakin sensitif, Ini mungkin bisa terjadi akibat terlalu sering anda melakukan eksfoliasi. Maka, cobalah untuk memperlambat frekuensi, atau kurangi melakukan eksfoliasi. Misalnya, jika anda biasanya melakukan eksfoliasi sekitar 3-kali dalam seminggu, sekarah coba anda menggunakannya setiap 1-kali dalam seminggu.

Jika kulit sensitif anda masih mudah mengalami iritasi, cobalah lakukan selama 2 kali dalam sebulan. Setelah anda melakukannya dan kondisi kulit masih belum berubah, ini mungin dapat diakibatkan oleh penggunaan scrub yang salah. Cobalah untuk berhenti scrubing, jika hasilnya tetap sama saja, ini mungkin terjadi karena faktor lain yang tidak anda sadari. Sebaiknya konsultasikan ke dokter jika kulit anda tidak kunjung membaik.

Selalu menggunakan pelembab

Setelah melakukan eksfoliasi, kulit wajah yang sensitif akan mengalami kekeringan, dan lebih parahnya akan mengalami iritasi. Gunakan pelembab setiap setelah melakukan eksfoliasi.

Itulah Tips eksfoliasi kulit sensitif agar aman tanpa efek negatif, semoga bermanfaat untuk wajah yang cantik seperti anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *