Tips eksfoliasi kulit berminyak menggunakan bahan alami

Posted on

Tips eksfoliasi kulit berminyak – Pemilik kulit berminyak akan berpenampilan seperti orang yang usai capek capekan atau setelah olahraga. Biasanya orang dengan kulit berminyak wajahnya akan terlihat lelah, dan ini sangat mengganggu. Selain itu jerawat pada wajah sering kali muncul.

Jerawat pada kulit berminyak terjadi akibat kulit jerawat memiliki pori-pori yang besar yang diakibatkan oleh sering nya mengeluarkan minyak. Pori-pori yang besar ini memudahkan kotoran untuk masuk dan akhirnya menimbulkan kulit berjerawat. Selain kotoran, bakteri dan sel kulit mati juga dapat menyubat pori-pori dan membersihkannya pun tidak cukup hanya dengan menggunakan pembersih wajah.

Tips eksfoliasi kulit berminyak

Tips eksfoliasi kulit alami berminyak

Selain mudah timbulnya jerawat, kulit berminyak juga akan merasa kesulitan pada saat menggunakan makeup. Biasanya makeup yang diaplikasikan dapat dengan mudah luntur dan terkadang makeup tidak menempel dengan sempurna.

Semua permasalahan diatas dapat diatasi dengan melakukan eksfoliasi. Berikut tips eksfoliasi kulit berminyak menggunakan bahan alami.

Mentimun

Meskipun kulit berminyak terkesan sangat lembab, ternyata kulit berminyak sangatlah membutuhkan hidrasi dan kelembaban lebih. Maka pilihlah produk dengan bahan yang tidak bersifat mengeringkan seperti yang tinggi kadar detergennya.

Gunakan produk yang bersifat melembabkan, gunakan mentimun sebagai eksfoliating mask. Mentimun mampu menghidrasi kulit dan menutrisi hingga ke lapisan kulit terdalam. Kandungan astrigent pada mentimun dapat mengatasi produksi minyak berlebih, sehingga cocok digunakan untuk kulit berjerawat. Gunakan mentimun dengan cara diparut hingga halus dan gosokkan pada wajah anda secara perlahan agar pengangkatan sel kulit mati lebih efektif. Diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air bersih. Lakukan sekitar 3kali dalam seminggu.

Oatmeal

Jika anda kurang puas dengan mentimun yang teksturnya tidak kasar, anda dapat menggunakan Oatmeal untuk scrubing. Oatmeal mampu menyerap minyak pada kulit dengan mudah seperti halnya spons yang menyerap air. Selain menyerap, oatmeal juga mampu mengontrol minyak berlebih pada wajah anda.

Untuk menghindari terjadinya kulit kering, anda dapat mengaplikasikan oatmeal dengan dicampur bahan seperti madu, yoghurt, atau susu. Caranya, tumbuk oatmeal hingga sehalus yang anda inginkan, lalu aplikasikan madu dengan susu atau dengan yohurt. Setelah teksturnya pas anda dapat mengaplikasikannya pada wajah anda dengan cara menggosokkan pada wajah anda dan biarkan. Setelah 15 menit and adapat membersihkannya dengan air bersih.

Gula pasir

Pemanis makanan ini selain dapat membuat makanan menjadi enak, juga dapat digunakan untuk merawat kulit, lebih tepatnya sebagai eksfoliator. Eksfoliator alami ini mampu membuat kulit wajah menjadi lembut, dan dapat mengontrol produksi minyak pada kulit wajah yang berminyak. Gula dapat mengangkat sel kulit mati karena teksturenya yang kasar, dan dicampur dengan lemon akan mempermudah pengangkatan sel kulit mati.

Cara menggunakannya cukup dengan menyiapkan gula pasir dan campurkan perasan air lemon, atau anda juga bisa menggunakan madu dengan gula pasir. Lalu gosokkan secara perlahan pada wajah anda dan biarkan beberapa menit. Bilas dengan air hangat setelah agak mengering.

Lemon

Buah citrus ini dikenal dengan rasanya yang segar dan sangat nikmat jika disajikan sebagai jus diterik siang matahari. Selain itu, lemon juga dikenal dengan kandungan antioksidan dan vitamin C nya yang tinggi. Tidak hanya itu, Lemon juga mengandung Alpha Hydroxy Acid yang mampu menangkal radikal bebas.

Lemon ini digunakan sebagai Chemical Exfoliating, yaitu eksfoliasi yang dilakukan dengan sifat asamnya. Cara nya cukup dengan memeras air lemon dan balurkan hingga rata pada wajah anda. Gunakan lemon ini cukup satu minggu sekali pada wajah anda dan jangan terlalu sering, karena dapat membuat kulit anda menjadi kering.

Itulah beberapa Tips eksfoliasi kulit berminyak menggunakan bahan alami, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *