Tips Eksfoliasi kulit berjerawat yang sederhana tapi efektif

Posted on

Tips Eksfoliasi kulit berjerawat – Kulit wajah tanpa jerawat pastinya menjadi impian seorang wanita, bahkan pria juga. Namun banyak orang memiliki kondisi kulit dengan jerawat yang banyak.

Pada kulit berminyak, jerawat bisa muncul diakibatkan oleh pori-pori wajah yang tersumbat oleh sel kulit mati, kotoran, dan menjadi sarang bakteri penyebab jerawat. Jenis kulit sensitif, jerawat biasanya muncul akibat penggunaan produk kecantikan yang tidak cocok atau menegandung bahan kimia. Kulit akan mempertahankan dirinya dan timbullah jerawat.

Tips Eksfoliasi kulit berjerawat

Tips Eksfoliasi kulit berjerawat

Anda harus ekstra hati-hati dalam eksfoliasi kulit berjerawat, karena beresiko kulit akan semakin teriritasi dan memperburuk kondisi jerawat anda. Tidak disarankan untuk melakukan eksfoliasi terlalu sering, himdari juga memakai produk yang mengandung bahan kimia yang bersifat keras.

Berikut Tips Eksfoliasi kulit berjerawat yang sederhana tapi efektif.

Hindari scrub

Physical Exfoliant yaitu eksfoliasi dengan cara manual atau dengan digosok menggunakan benda seperti sikat, waslap, dan spons. Pada produk eksfoliasi, biasanya menggunakan scrub untuk mengangkat sel kulit mati. Ini dapat mengangkat sel kulit mati dengan efektif, namun jika anda memiliki kulit berjerawat, hindari penggunaan produk tersebut.

Tekstunya yang menggesek langsung ke kulit anda dapat membuat kulit berjerawat anda akan semakin memerah dan jerawat akan semakin banyak. Begitupun menggunakan scrub alternatif yaitu gula atau garam.

Perhatikan komposisinya

Coba anda perhatikan ingredient peroduk eksfoliator anda, Jika anda berjerawat pastikan anda memilih eksfoliator dengan kandungan BHA atau Beta Hydroxy Acid atau asam salisilat. BHA bersifat dapat mengeringkan dan baik untuk mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah.

Solusinya, gunakan produk BHA dengan dosis yang ringan dan jangan meningkatkan dosis seenaknya. Gunakan kapas untuk mengaplikasikannya dan tepuk-tepuk produk tersebut pada permukaan kulit dan jangan menggosoknya. Jika anda ragu untuk melakukan eksfoliasi atau anda rasa kondisi jerawat anda tidak memungkinkan untuk dilakukan ekfoliasi, lebih baik hubungi dokter sebelum anda melakukan eksfoliator.

Jangan menggunakan handuk

Jika anda memiliki kulit berjerawat, setelah melakukan eksfoliasi sebaiknya untuk tidak menggunakan handuk untuk mengeringkan wajah yang telah dibilas. Cukup diamkan saja karena bisa saja handuk yang anda gunakan merupakan sarang bakteri meskipun baru beli atau baru dicuci.

Sebaiknya anda harus pastikan membilas dengan bersih dari sisa eksfoliasi. Jadi anda cukup membiarkan wajah anda mengering dengan sendirinya. Selain bersiko terkena bakteri, menggunakan handuk juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering.

Gunakan pelembab

Jika anda telah melakukan ekfoliasi, biasanya eksfoliasi dapat menyebabkan kulit menjadi kering, maka penting untuk menggunakan pelembab. Kulit kering dapat menyebabkan kulit akan memproduksi minyak berlebih, maka gunakanlah pelembab setelah eksfoliasi.

Gunakan pelembab water based yang tidak membuat kulit semakin berminyak dan tidak menyumbat pori-pori. Pelembab yang bersifat antibakteri dan antiinflamasi juga dapat meredakan jerawat yang meradang. Gunakan juga serum yang mengandung Vitamin C agar jerawat dapat dengan cepat sembuh.

Lihat perkembangan kondisi anda, semoga seiring waktu anda mendapatkan hasil yang positif.

Itu saja tips dari saya mengenai Eksfoliasi kulit berjerawat yang sederhana tapi efektif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *