Temulawak untuk kesehatan tubuh dan Efek sampingnya

Posted on

Manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh dan Efek sampingnya Temulawak merupakan tanaman yang berasal dari Indonesia tergolong kedalam suku temu-temuan atau Zingiberaceae. Tumbuhan ini lebih banyak tumbuh di pulau jawa dan menyebar hingga ke kawasab wilayah malaysia. Saat ini temulawak banyak dibudi daya kan di negara-negara asia seperti vietnam, thailand, filiphina dan tentunya diindonesia.

Selain diasia tenggara, tumbuhan ini juga dapat ditemukan di Cina, Indochina, Barbados, India, Jepang, Korea, Amerika serikat, dan di beberapa negara di eropa.

Manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh dan Efek sampingnya

Temulawak untuk kesehatan tubuh dan Efek sampingnya

Temulawak ini memiliki nama yang berbeda di setiap daerah dinegara indonesia misalnya koneng gede untuk sebutan orang sunda. Meskipun memiliki nama yang berbeda, temulawak tetaplah temulawak yang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Apa saja kah itu? Berikut Manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh:

Mengatasi masalah sistem pencernaan

Temulawak dapat merangsang produksi cairan empedu di kantong empedu, hal ini dapat membantu pencernaan serta metabolisme makanan dalam tubuh. Menurut para ahli, temulawak dapat mengatasi perut kembung dan membantu pencernaan yang tidak lancar, serta meningkatkan nafsu makan.

Mengatasi Osteoarthritis

Osteoarthritis adalah masalah persendian atau biasa disebut dengan nyeri sendi, dimana sendi-sendi akan terasa sakit dan kaku. Dalam jurnal Alternative and Complementary Medicine menunjukkan bahwa efek temulawak hampir sama seperti ibuprofen yang diberikan pada pasien Osteoarthritis. Ibuprofen yaitu obat penghilang rasa sakit.

Mengurangi resiko kanker bahkan menyembuhkannya

Temulawak untuk hal ini masih sangat sedikit penelitiannya, namun beberapa ahli percaya akan khasiat tanaman ini. Tanaman ini dapat mengobati jenis kanker prostat, kanker payudara, dan kanker usus. Manfaat temulawak untuk mengatasi kanker didukung dengan sebuah riset yang dilakukan pada tahun 2001. Menyatakan bahwa temulawak dapat menghambat pertumbuhan serta perkembangan kanker prostat.

Obat antiradang

Temulawak dapat mengatasi penyakit akibat peradangan didalam tubuh seperti radang sendi. Pencegahan dikakukan dengan cara menghambat produksi prostagladin E2 yang dapat memicu peradangan. Didalam temulawak terdapat kandungan antiradang yang dapat menghambat produksi prostagladin E2. Oleh karena itu, temulawak baik digunakan untuk obat antiradang.

Anti bakteri dan jamur

Selain sebagai antiradang, temulawak juga mengandung senyawa anti bakteri dan anti jamur. Dengan senyawa antibakteri, temulawak efektif membasmi bakteri jenis staphylococcus dan salmonella. Staphylococcus dapat menyebabkan masalah seperti infeksi kulit, Infeksi tulang dll. Sedangkan Salmonella adalah bakteri yang dapat menyebabkan keracunan. Dan senyawa anti jamurnya mampu menghilangkan jamur dari golongan dermatofita.

Apakah ada efeksampingnya?

Dari berbagai manfaat yang telah dipaparkan diatas, ternyata temulawak memiliki efek samping. Secara umum, temulawak dapat dikonsumsi dengan aman sebagai obat maksimal 18 minggu. Jika lebih dari itu, temulawak akan memberikan efek samping, terutama iritasi perut dan mual.

Selain itu, jika anda memiliki penyakit hati atau masalah empedu, Sebaiknya untuk tidak mengkonsumsi temulawak ini. Yang jadi masalah, temulawak dapat meningkatkan produksi empedu yang akan memperburuk kondisi kesehatan anda. Diskusikan pada dokter jika anda memiliki kondisi ini.

Itulah manfaat Temulawak untuk kesehatan tubuh dan Efek sampingnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *