Tanaman Obat dan Khasiatnya untuk kesehatan

Posted on

Tanaman Obat dan Khasiatnya – Kita berada di negara dengan iklim tropis dan sebagian besar didaerah indonesia memiliki tanah yang subur. Karena hal itu, negara kita banyak ditumbuhi berbagai macam jenis tanaman, termasuk tanaman obat berupa rempah-rempah yang menjadi ciri khas negara agraris. Sudah sejak lama orang indonesia menggunakan tumbuhan tertentu untuk mengobati luka luar atau dalam.

Namun, seiring waktu berjalan, generasi modern sangat jarang menggunakan atau bahkan lupa bahwa ada tanaman yang dapat mengobati penyakit atau luka. Orang tersebut lebih memilih berobat menggunakan obat modern bahkan sampai pergi ke luar negeri demi mendapatkan pengobatan yang maksimal.

Tanaman Obat dan Khasiatnya

Tak banyak orang jaman sekarang yang mengetahui jenis tanaman obat yang memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Maka dari itu saya akan memberikan contoh tanaman obat dan khasiatnya.

Temulawak

Tanaman Obat dan Khasiatnya untuk kesehatan

Merupakan repah-rempahan asli dari indonesia yang memiliki macam-macam khasiat untuk kesehatan. Yang digunakan dari tanaman ini ialah bagian akarnya atau yang biasa disebut dengan rimpang. Khasiat dari tanaman ini yaitu dapat mengatasi gangguan ginjal, melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan jantung, dan menjaga kesehatan hati. Masih banyak lagi manfaat temulawak untuk kesehatan dan saya bahas pada artikel lain.

Daun patah tulang

Tanaman Obat dan Khasiatnya untuk kesehatan

Tumbuhan yang unik ini memiliki bentuk ranting tanpa daun yang sering digunakan sebagai tanaman hias. Selain pohon ini unik, ternyata pohon ini masih menyimpan manfaat untuk kesehatan. Khasiatnya, tanaman ini dapat digunakan untuk mengobati tulang patah, sakit gigi, kista, wasir, tumor atau kanker, rematik, sifilis, nyeri saraf dan juga penyakit kulit. Untuk penggunaan nya sebaiknya anda berkonsultasi pada ahli, karena terdapat racun pada tanaman ini.

Belimbing wuluh

Tanaman Obat dan Khasiatnya untuk kesehatan

Buah belimbing jenis ini lebih cocok dikatakan sebagai sayuran. Karena belimbing wuluh sering kali digunakan sebagai bumbu masakan untuk memberikan rasa asam yang kuat. Selain itu, belimbing jenis ini juga dapat digunakan sebagai obat tradisional. Belimbing wuluh dimanfaatkan mulai buah, batang, daun dan bunganya sebagai obat. Khasiatnya berupa dapat mengobati gusi berdarah, sakit gigi, obat rematik, obat godongan, obat sariawan, dan obat pegal linu.

Daun saga

Tanaman Obat dan Khasiatnya untuk kesehatan

Terdapat dua jenis tanaman saga, yaitu saga rambat dan pohon saga, Tanaman ini termasuk tanaman gulma yang akan mengganggu tanaman lain. Ada yang sengaja menanam tanaman ini ada juga yang menganggap tanaman ini mengganggu dan sering kali dibabat atau dibakar hingga habis. Meski terkesan buruk, ternyata tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Khasiat dari tanaman ini berupa dapat meredakan batuk, bahkan mencegah sariawan. Untuk menggunakannya cukup mudah, gunakan beberapa lembar daun saga dan jemur hingga layu. Setelah itu, cuci hingga bersih dan kunyah sampai halus. Anda juga bisa menggunakannya sebagai obat kumur.

Daun cincau

Tanaman Obat dan Khasiatnya untuk kesehatan

Tanaman ini tentunya tidak asing lagi bagi warga indonesia, karena sering kita temui telah diolah menjadi es cincau ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Daun cincau diketahui memiliki 2 jenis yaitu yang berwarna hitam dan hijau, keduanya sama-sama memiliki sensasi rasa yang adem atau menyejukkan. Memiliki manfaat untuk menurunkan demam dan mengobati tipes. Jadi, selain lezat olahan daun cincau ini sangat nikmat.

Daun Seledri

Tanaman Obat dan Khasiatnya untuk kesehatan

Merupakan sayuran hijau yang rendah kalori, yaitu mengandung sekitar 16 kalori per 100 gram. Daun seledri biasanya digunakan untuk mendambah aroma dalam masakan, namun siapa sangka seledri ini dapat digunakan sebagai obat. Daun seledri mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B1 dan zat besi lainnya seperti kalium dan mineral. Untuk khasiatnya, daun seledri dapat mengobati darah tinggi, mencegah pembentukan batu pada kantung empedu, menenangkan sistem saraf, mengembalikan nafsu makan yang hilang, mengurangi resiko kanker, dll.

Buah srikaya

Tanaman Obat dan Khasiatnya untuk kesehatan

Secara umum buah srikaya yang tumbuh di daerah kita mengandung anonain dan retikulin, serta daun dan akarnya mengandung WN. Akar srikaya memiliki khasiat sebagai anti depresi dan antiradang. Daun srikaya bermanfaat sebagai peluruh cacing usus, mempercepat pematangan bisul dan berperan sebagai antiradang. Untuk Biji buahnya, berkhasiat sebagai tonikum dan astrigen.

Lidah buaya

Tanaman Obat dan Khasiatnya untuk kesehatan

Siapa yang tidak tahu tanaman yang satu ini. Tanaman ini sudah banyak dikenal untuk kecantikan. Misalnya, mampu menjaga kesehatan rambut, menghilangkan jerawat dan bekas jerawat. Dan untuk kesehatan, lidah buaya memiliki khasiat untuk mengobati penyakit serangan jantung, diabetes, radang tenggorokan, sembelit dan masih ada lagi berbagai penyakit lainnya, akan saya bahas pada artikel berikutnya.

Itu dia Tanaman Obat dan Khasiatnya untuk kesehatan, semoga dapat menambah wawasan anda tentang tanaman obat asli negara Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *