Skincare

Posted on

Skincare Adalah – Tahukah kamu, apa sih pengertian dari skincare? Skincare adalah perawatan kulit dengan menggunakan produk-produk tertentu khususnya untuk wajah. Kata skincare lebih banyak dikenal karena banyaknya produk untuk perawatan kulit dengan menggunakan kata akhiran skincare.

Buat kamu yang belum mengetahui lebih dalam tentang perwatan kulit untuk kesehatan dan kecantikan wajah kamu, disini saya akan berbagi pengetahuan buat kamu semua tentang bagaimana harus memilih metode dan memilih produk skincare untuk kamu gunakan.

Skincare

Skincare Untuk Pemula

Sebelum membeli produk skincare, diwajibkan untuk kamu harus menegtahui kebutuhan kita sendiri dulu. Coba pertimbangkan hal-hal ini:

– Kebutuhan kulit. Ini masih berkaitan dengan poin pertama dan kedua. Jangan kalap langsung beli semuanya. Terkadang beli banyak malah gak dipakai. Mending ditelatenin dulu ritual skincare dasarnya. Baru setelah itu sambil cari-cari produk yang cocok dengan kebutuhan kulit.

– Efektivitas dalam pemakaian seluruh produk. Mungkin masih ada yang belum terbiasa menggunakan produk berlapis-lapis. Lagipula mengenakan produk yang semakin banyak juga semakin memperbanyak waktu.

– Berapa banyak produk yang harus dimiliki? Karena beli skincare sekaligus itu berbahaya lho. Berbahaya bagi kulit dan juga dompet. Kalau semua produk langsung pakai, ketika ada produk yang tidak cocok maka kita tidak tahu mana produk yang sebaiknya tidak digunakan lagi. Saran saya untuk pemula, beli produk-produk basic dulu saja.

Buat kamu yang masih bingung dengan produk perawatan kulit apa yang kamu harus beli dan gunakan, kamu ga perlu membeli semuanya. Pada dasarnya produk-produk skincare yang harus digunakan untuk pemula hanyalah produk-produk ini:

  • CLEANSER

Cleanser adalah sabun pencuci muka. Biasanya nama lainnya bisa facial foam, facial wash, atau menyesuaikan dengan teksturnya seperti facial gel, facial cream, dan lainnya.

Ini adalah produk yang paling penting karena fungsinya untuk mengangkat kotoran dan minyak yang ada di muka. Dalam hal ini penggunaan cleanser di atas hanya pada wajah yang tanpa makeup.

Jika kamu menggunakan makeup seperti foundation, bb cream, dan bedak padat maka sebelumnya harus menggunakan cleanser dengan tipe yang lain seperti cleansing oil, cleansing milk, atau cleansing oil.

Kenapa? Karena menggunakan facial foam saja belum bisa mengangkat makeup tersebut. Kalau tidak dibersihkan terlebih dahulu maka akan besar kemungkinan pori-pori tertutup.

  • TONER

Konsep toner jaman sekarang itu memang ada banyak versinya. Coba aja main ke Female Daily, maka kamu akan lihat bagaimana banyaknya pembahasan toner di sana.

Kalau saya sendiri karena ini konteksnya adalah skincare untuk pemula, maka toner yang dibutuhkan adalah exfoliating toner untuk membersihkan wajah dari kotoran karena khawatir masih ada kotoran pada wajah walaupun sudah dibersihkan beberapa kali.

Namun jika kulit membutuhkan produk untuk melembapkan kulit yang lebih seperti kulit saya, maka bisa juga menggunakan hydrating toner. Hal ini dilakukan supaya dapat mengembalikan kulit yang kering akibat menggunakan facial wash dan juga toner (yang biasanya mengandung alkohol).

  • MOISTURIZER

Selanjutnya adalah tahap menggunakan pelembap. Dimana pelembap ini adalah produk yang sangat penting di dalam tahapan menggunakan skincare.

Dalam kasus saya yang memiliki kulit kering, wajib menggunakan pelembap. Karena kalau tidak pasti produk makeup akan sulit menempel dengan baik. Kulit berminyak pun sama saja tetap harus menggunakan pelembap juga, hanya saja harus lebih teliti dalam memilih tekstur produk yang sesuai dengan jenis kulitnya.

Untuk kulit kering pilih moisturizer yang creamy atau oil based. Sedangkan kulit berminyak bisa pilih yang gel based agar tidak dehidrasi.

  • SUN SCREEN

Langkah terakhir ini juga tidak kalah penting untuk dilakukan, yaitu menggunakan sun screen. Penggunaan skincare ini penting untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang berbahaya.

Pintar-pintarlah mencari sunscreen yang tidak lengket pada kulit. Dan gunakan sunscreen berdasarkan SPF-nya yang sesuai.

Jangan bingung harus pilih yang mana. Jaman sekarang produk skincare sudah banyak dan cenderung targeted. Ada yang khusus untuk moisturizing, brightening, anti aging, anti acne, dan lain-lain. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan saja.

Jika kalian punya masalah kulit yang besar, mengganggu, dan tidak dapat ditangani sendiri, sebaiknya langsung menghubungi dokter kulit untuk segera diperiksa dan diberikan arahan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *