Resiko dan Bahaya Waxing yang mengancam anda

Posted on

Mulai dari apa itu waxing, jenis-jenis waxing berdasarkan kelompoknya hingga manfaat dari waxing itu kita telah mengetahuinya bersama di artikel sebelumnya. Pernahkah anda berfikir bahwa melakukan waxing ini berbahaya?. Inilah beberapa resiko dan bahaya waxing yang mengancam anda.

Beberapa resiko dan bahaya waxing

Seperti yang kita ketahui, metode waxing sangatlah praktis dan memiliki banyak kelebihan, tapi metode waxing juga dapat mengakibatkan bahaya dan resiko. Berikut adalah beberapa bahaya waxing yang perlu diwaspadai:

Resiko dan Bahaya Waxing yang mengancam anda

Iritasi kulit

Umumnya kondisi ini dapat reda dengan capat, cukup dengan cara dikompres menggunakan air dingin saja. Pada pemilik kulit sesitif, mungkin iritasi yang terjadi dapat terjadi lebih parah dari yang terjadi pada kulit normal.

Selain iritasi yang menimbulkan ruam merah, iritasi seperti luka bakar juga dapat terjadi pada kulit kita. Luka bakar tersebut dapat diakibatkan oleh lilin panas yang digunakan untuk mencabut rambut. Bekas luka bakar tersebut dapat menjadi hitam karena dapat terjadinya hiperpigmentasi pada kulit tersebut.

Alergi

Perhatikan dan tanyakan pada orang yang bertanggung jawab atas bahan-bahan waxing yang anda gunakan, pastikan anda tidak alergi terhadap segala material yang digunakan. Karena jika anda alergi, anda akan merasa tidak nyaman saat melakukan proses pengeringan lilin.

Infeksi kulit

Perhatikan kebersihan bagian tubuh yang akan waxing dan pastikan bahan yang digunakan bersih. Karena jika tidak, dapat menyebabkan bakteri masuk dan berkembang yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit. Hal ini sebenarnya dapat dihindari dengan cara memperhatikan kebersihan badan dan alat yang digunakan.

Rambut tumbuh dalam kulit

Tumbuhnya rambut didalam kulit adalah rambut yang lemah sehingga tidak dapat menembus kulit teluar. Setelah melakukan metode waxing, Rambut yang baru tumbuh tidak akan bisa menembus kulit yang tebal sehingga rambut tumbuh di dalam. Kondisi ini dapat menyebabkan peradangan pada folikel rambut yang ditandai dengan adanya bintik kemerahan pada kulit yang gatal.

Elastisitas kulit menurun

Ini dapat terjadi akibat penggunaan waxing yang terus menerus dalam jangka waktu yang dekat. Kulit membutuhkan jeda waktu untuk beregenerasi agar dapat normal kembali.

Tips aman melakukan waxing

Dengan begini waxing tidak hanya kelebihan saja, bahkan kekurangan juga dapat terjadi. Namun jika dilakukan dengan hati-hati, metode waxing ini aman untuk menghilangkan rambut. Berikut tips aman melakukan waxing:

  • Dilakukan dengan bantuan orang yang profesional, terutama pada kulit sensitif
  • Pilih wax yang umum dilakukan saja, yang terpercaya dan terjaga kebersihannya
  • Sesuaikan juga wax yang akan anda lakukan dengan jenis kulit anda
  • Segera hubungi dokter apabila terjadi kulit iritasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *