Petroleum dalam produk kecantikan

Posted on

Petroleum dalam produk kecantikan – Petroleum (minyak bumi) memiliki arti petrus yang berarti karang dan oleum yang berarti minyak. Benda ini berupa cairan kental, berwarna cokelat gelap, atau kehijauan yang sudah terbakar dan berada di lapisan atas dari beberapa area kerak bumi.

Petroleum adalah campuran setengah padat hidrokarbon. Minyak bumi ini juga dibedakan dengan buatan, alami, turunan, dan sintetis. Yang alami, diperoleh dari pemurnian minyak tanah untuk menghilangkan bau dan mengubah warna. Proses ini dilakukan dengan menghilangkan warna kuning minyak sehingga menjadi putih bening.

Petroleum dalam produk kecantikan, apakah aman?

Petroleum dalam produk kecantikan

Minyak ini banyak digunakan dalam berbagai produk kecantikan terutama pada produk pelembab yang populer dengan sebutan petroleum jelly. Yaitu produk hasil dari proses penyulingan minyak dan bisa dibilang tidak ramah lingkungan.

Petroleum sering kita jumpai di produk kecantikan yang menjadikan kulit anda terawat, terjaga kelembabannya sehingga terhindar dari penuaan dini. Ini karena petroleum digunakan sebagai emolien yang dapat melindungi dan menjaga kelembaban kulit yang disebabkan cuaca ekstrim. Emolien merupakan zat yang berperan dalam melembutkan dan melembabkan kulit, meredakan rasa gatal, serta berperan dalam pengelupasan kulit.

Dalam produknya, petroleum digunakan untuk mengatasi beberapa masalah kulit seperti:

  • Kulit kering
  • Pecah-pecah
  • Kulit kasar
  • Bersisik
  • Kulit terbakar
  • Tergores
  • Terluka
  • Ruam popok
  • Eksim atopik
  • Dermatitis
  • Dll

Dalam penggunaannya ada hal yang harus diperhatikan, misalnya saat menggunakan jangan sampai mengenai area sensitif seperti mata hidung dan mulut. Jika terkena mata atau tertelan anda dapat langsung membilasnya atau langsung anda hubungi dokter.

Cara menggunakan petroleum jelly:

Gunakan petroleum sesuai dengan anjuran yang diberikan, baik anjuran pada kemasan atau yang disarankan oleh dokter. Sebelum anda menggunakan produk yang mengandung petroleum, cuci tangan terlebih dahulu, begitupun setelah anda menggunakan.

Perhatikan kemasan, karena ada Sebagian produk yang penggunaan nya memerlukan pengocokkan terlebih dahulu. Karena fungsinya melembabkan, kulit kering sangat membutuhkannya dan dapat digunakan berulang kali sesuai dengan kebutuhan.

Apakah ada efek sampingnya?

Meskipun buktinya sangat minim, mungkin beberapa orang dengan kondisi tertentu dapat mengalami masalah seperti dibawah ini:

  • Penumpukan lemak dalam tubuh

Petroleum jelly mengandung hidrokarbon yang dapat terakumukasi dalam jaringan lemak ditubuh. Dikarenakan kulit tidak dapat mencerna dengan baik, maka Petroleum yang di oleskan akan menumbuk dan tubuh pun terkontaminasi.

  • Menyebabkan kerusakan kolagen

Petroleum dapat mengakibatkan kerusakan kolagen, Petroleum yang dioleskan dikulit akan menghalangi penyerapan nutrisi penting yang masuk. Dengan begitu kulit anda tidak akan mendapatkan perbaikan sehingga penuaan dini dapat terjadi, selain itu juga dapat mengalami kerusakan kolagen dan menjadikan kulit berkeriput.

  • Radang paru-paru

Produk yang mengandung petroleum jelly dipastikan mengandung bahan kimia berbahaya seperti dioksan yang dikenal dapat menyebabkan kanker. Menghirup petroleum jelly dapat menyebabkan pneumonia lipoid yang merupakan penyebab radang paru-paru.

Itu saja tentang petroleum yang terdapat dalam produk kecantikan, semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *