Perawatan jerawat berdasarkan usia ternyata beda!!

Posted on

Perawatan jerawat berdasarkan usia ternyata beda!! – Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang biasa muncul karena kulit yang kotor, berminyak, dan kandungan berbahaya pada produk kecantikan. Menyembuhkan jerawat ternyata memiliki cara yang berbeda diusia yang berbeda.

Perawatan jerawat berdasarkan usia

Terdapat perdaan perawatan kulit berjerawat diusia 20 dan 40an. Seperti apakah perawatannya? Berikut perawatan jerawat berdasarkan usianya:

Usia sekitar 20 tahun

Perawatan jerawat berdasarkan usia ternyata beda!!

Pada usia 20 tahunan jerawat muncul bukan hanya karena efek dari pubertas. Perubahan hormon, pola makan, perawatan kulit yang tidak sesuai takarannya juga menjadi pemicu munculnya jerawat. Untuk mengatasi jerawat tersebut, anda perlu melakukan beberapa tindakan seperti dibawah ini;

  • Pembersih yang lembut

Gunakan pembersih lembut yang tidak mengandung banyak detergen agar minyak alami kulit tidak ikut terangkat. Hal tersebut bertujuan menjaga kulit agar kelembaban alami kulit tidak hilang. Jika kita menggunakan sabun wajah yang bersifat kasar atau mengandung busa yang banyak akan menghilangkan minyak alami kulit. Dengan begitu kulit menjadi kering dan jerawat pun menjadi lebih buruk dari sebelumnya.

  • Eksfoliasi kimia

Selain menggunakan pembersih yang lembut, anda juga harus melakukan eksfoliasi kimia. Gunakan serum atau toner dengan kandungakn asam salisilat, glikolat, alfa hidroksil saat tidur. Dengan kandungan tersebut, proses penyembuhan jerawat akan terbantu. Selain itu, kotoran dan sel kulit mati akan terangkat sehingga baik untuk mencegah timbulnya jerawat

  • Berfokus pada jerawatnya

Banyak orang salah dalam mengatasi jerawat yang muncul di wajahnya. Yang biasa terjadi ialah dengan memencet jerawat, padahal itu tidak baik untuk kulit, karena dapat meninggalkan bekas yang mengganggu penampilan. Untuk mengatasinya memang lebih baik berfokus pada jerawat itu sendiri, namun jangan di tekan. Ada dapat merawat jerawat misalnya dengan menggunakan acne patch yang hanya berfokus untuk menyembuhkan jerawat.

Usia sekitar 40 tahun

Perawatan jerawat berdasarkan usia ternyata beda!!

Perawatan jerawat diusia 40 tahunan akan lebih suli, karena tingkat stres, asupan gula dan bakterilah yang menjadi faktornya. Berbeda dengan perawatan diusia 20 tahunan, perawatan jerawat di usia 40an lebih menekankan stimulasi pada kulit.

  • Eksfoliasi dengan double cleansing

Untuk usia sekitar 40 tahunan, Asam laktat sangat efektif untuk digunakannya. Asam laktat bersifat lembut dan sangat baik dalam melembabkan sehingga menghilangkan kotoran dan membantu sel-sel kulit berubah. Asam laktat merangsang kolagen dan menjaga kadar air, juga memberi kulit elastisitas serta menjadukannya lebih bercahanya.

  • Pembersih bebas minyak

Hindari produk pembersih yang mengandung minyak atau yang bersifat komedogenik. Hal tersebut dapat menyumbat pori pori dan akhirnya jerawat muncul kembali.

  • Gunakan pelembab dimalam hari

Dimalam hari, kulit sangat memerlukan kelembaban. Gunakan masker atau lotion yang bersifat melembabkan dan kaya akan kandungan ceramide, asam hyaluronic dan niacinamide. Kandungan tersebut membantu menyehatkan kulit serta mencegah timbulnya jerawat.

  • Gunakan retinoid

Usia 40 orang akan kekurangan produksi kolagen yang bisa menimbulkan jerawat. Gunakan retinoid bukan hanya untuk jerawat, komedi dan membersihkan pori pori, retinoid juga dapat mengembalikan warna dan tekstur kulit karena dapat merangsang priduksi kolagen.

Itulah perbedaan Perawatan jerawat berdasarkan usia, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *