Penyebab Munculnya Jerawat Di Wajah

Posted on

Penyebab Munculnya Jerawat – Jerawat adalah gangguan yang menyebabkan lesi kulit yang terjadi karena bintik merah. Lesi jerawat terjadi sebagian besar pada wajah, leher, punggung, dada, dan bahu. Ini adalah penyakit kulit yang paling umum. Meskipun jerawat bukanlah ancaman kesehatan yang serius. Tetapi, jerawat ini terkadang sangat mengganggu penampilan Anda dan menjadi tidak percaya diri. Kami akan memberikan ulasan terkait penyebab munculnya jerawat terutama di wajah.

Penyebab Munculnya Jerawat

Penyebab Munculnya Jerawat Di Wajah Yang Harus Diketahui

Jerawat adalah gangguan yang menyebabkan berjangkitnya lesi kulit yang biasa disebut jerawat. Hal ini disebabkan oleh kelenjar minyak kulit yang membuat terlalu banyak sebum, zat berminyak, yang mengarah ke pori-pori yang tersumbat. Ini juga bisa disebabkan oleh cepatnya tumbuhnya bakteri P. acnes.

Lesi jerawat terjadi sebagian besar pada wajah, leher, punggung, dada, dan bahu. Ini adalah penyakit kulit yang paling sering terjadi terutama pada wajah. Dan berikut adalah penyebab munculnya jerawat yang harus Anda ketahui.

  • Perubahan Hormon

Penyebaba munculnya jerawat pada wajah biasanya dipicu oleh peningkatan kadar hormon yang disebut testosteron, yang terjadi selama masa pubertas. Hormon memainkan peran penting dalam merangsang pertumbuhan dan perubahan seperti suara munculnya jakun pada anak laki-laki, dan menjaga kekuatan otot dan tulang pada anak perempuan. Kelenjar sebasea sangat sensitif. Diperkirakan bahwa penyebab kelenjar memproduksi lebih banyak dari yang dibutuhkan kulit.

  • Stress

Stress menjadi penyebab munculnya jerawat. Pada dasarnya, ketika Anda berada dibawah tekanan, kulit Anda akan menghasilkan hormon stress, termasuk kostisol yang dapat merangsang kelenjar minyak Anda yang juga menghasilkan testosteron yang kemudian meningkatkan lebih banyak produksi minyak dan menyumbat pori-pori Anda.

  • Tidak Mencuci Wajah Setelah Beraktifitas

Melewatkan mandi setelah berolahraga atau tidak mencuci muka setelah beraktifitas diluar ruangan memungkinkan riasan, kotoran, bakteri, dan minyak yang sudah ada di kulit Anda bercampur dengan keringat yang semuanya mengendap di pori-pori kulit Anda, yang akhirnya menyebabkan jerawat mucul.

Bersihkan wajah Anda menggunakan air bersih atau dengan menambahkan facial wash, untuk menghapus riasan atau setelah beraktifitas di luar ruangan. Kemudian, jika Anda tidak sempat mandi segera setelah berolahraga, gunakan handuk bersih untuk membersihkan keringat dan bakteri pada kulit wajah Anda untuk meminimalkan kemungkinan munculnya jerawat.

  • Memencet Jerawat

Kebiasaan ini akan menjadi penyebab munculnya jerawat di wajah dan akan semakin bertambah. Karena Memencet jerawat akan menyumbat pori-pori ke bagian kulit yang di dalam, sehingga menyebabkan bekas jerawat. Selain itu, memencet jerawat juga dapat memperparah kondisi jerawat dan penyembuhannya akan lama. Sebaiknya jangan menyentuh jerawat dengan tangan dalam keadaan kotor, karena minyak di tangan dapat menyumbat pori-pori yang menimbulkan jerawat.

  • Membersihkan Wajah Salah

Kosmetik yang menyumbat pori dapat dikombinasikan dengan minyak kulit alami Anda untuk menyebabkan jerawat yang disebut cosmetica jerawat. Masalahnya bukan salah produk. Tetapi cara menghapus make up nya

Kesalahan yang sering terjadi, terkadang wanita yang membersihkan kulit dengan tidak bersih atau karena memakai makeup mineral sehingga pikir tidak perlu mencuci muka secara menyeluruh. Setelah hari yang panjang beraktifitas, riasan, minyak dan kotoran menumpuk menjadi ancaman tiga kali lipat yang mudah menyumbat pori-pori, sehinggga bakteri penyebab jerawat tumbuh di kulit wajah Anda.

  • Faktor Makanan

Ada beberapa makanan yang wajib Anda hindari supaya kulit terbebas dari berjerawat. Jauhkan semua jenis asupan seperti gorengan, kacang-kacangan serta yang mengandung yodium tinggi. Anda dapat memperbanyak asupan seperti sayur dan buah untuk memenuhi serat dan mineral di dalam tubuh.

  • Kurang Bersih Dalam Menjaga Rambut

Telah diketahui juga bahwa rambut memiliki peran penting dalam penyebab munculnya jerawat di wajah. Oleh karena itu, sangat penting sekali untuk menjaga kebersihan rambut tersebut. Seseorang yang kurang menjaga kebersihan rambut seperti jarang keramas, ketika kulit kepala memproduksi minyak secara berlebih maka minyak tersebut akan mengalir ke wajah.

Sehingga pada saat minyak tersebut bercampur dengan debu, kotoran atau bakteri yang dapat mengakibatkan penyumbatan pada pori-pori wajah dan munculah jerawat. Itulah mengapa terkadang jerawat sulit dihilangkan meski melakukan penanganan yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *