Penyebab mata panda bukan hanya terjadi karena kurang tidur

Posted on

Penyebab mata panda bukan hanya terjadi karena kurang tidur – Kulit bawah mata, atau kantung mata yang hitam dan kendur umumnya terjadi dikarenakan seseorang yang kurang istirahat atau kurang tidur. Orang-orang menilai bermacam macam penilaian pada orang yang memiliki kondisi seperti ini. Ada yang menilai jika orang yang memiliki mata panda adalah orang yang pekerja keras, ada juga yang menilai orang tersebut adalah orang yang pemalas.

Perlu anda ketahui mata panda ternyata dapat muncul bukan hanya karena anda kurang tidur atau kurang istirahat, ada faktor lain yang dapat menyebabkan anda memiliki mata panda.

Penyebab mata panda

Penyebab mata panda bukan hanya terjadi karena kurang tidur

Kondisi ini dikenal juga dark circle yang memang tidak terasa sakit, gatal, maupun mengganggu penglihatan. Namun mata panda mampu membuat kita merasa kurang percaya diri karena penilaian orang-orang. Mata panda umumnya disebabkan oleh beberapa faktor seperti dibawah ini.

  • Kurang tidur

Jika kita kurang jam tidur, peredaran darah agak terganggu. Akibatnya darah darah pada bawah mata dapat terlihat, karena kulit bawah mata tipis. Selain mata panda, kurang jam tidur juga dapat membuat mata lebih tampak membengkak. Hal ini dikarenakan kurang tidur dapat menyebabkan tubuh menjadi lelah dan kulitpun tampak kusam dan muncul mata panda.

  • Faktor genetik

Ternyata mata panda juga dapat terjadi karena faktor genetik. Jika ada diantara keluargamu yang memiliki kantung mata yang hitam, ada kemungkinan juga anda dapat mengalaminya. Namun tidak semuanya mengalami kantung mata yang hitam karena faktor keturunan.

  • Faktor usia

Usia seseorang terus bertambah, dan semakin bertambahnya usia, maka kulit seseorang akan semakin menipis. Selain itu kulit juga akan kehilangan elastisitasnya, dan ini akan menyebabkan beberapa masalah penampilan kulit, salah satunya mata panda.

  • Sering menatap layar

Seringnya menatap layar seperti layar televisi, layar komputer, dan sejenisnya dalam waktu yang lama dapat membuat ketegangan pada mata. Hal ini dapat menyebabkan pembuluh darah membesar dan tentunya hal ini dapat menyebabkan adanya mata panda.

  • Dehidrasi

Jika kita dehidrasi atau kekurangan cairan, ternyata juga dapat membuat timbulnya mata panda. Disaat kita kekurangan minum, kulit bawah mata akan terlihat cekung dan sayu serta kulit mata terlihat lebih lesu.

Selain itu, paparan sinar matahari dan alergi juga dapat membuat pigmentasi pada kulit dan akhirnya kulit menjadi gelap diarea tertentu termasuk pada kelopak mata.

Cara mengatasi Mata panda

Setelah mengetahui penyebab mata panda, anda dapat mencegah penyebab tersebut sehingga anda dapat terhindar, namun jika sudah terlanjur ada pada mata, anda dapat melakukan tindakan dibawah ini.

  • Istirahat yang cukup, tidulah dalam waktu 7-9 jam untuk beristirahat setiap malam. Namun jangan juga anda tidur kelamaan.
  • Kompres mata, Kompreslah mata anda dengan menggunakan es yang dibungkus dengan kain bersih.
  • Hindari mengkonsumsi yang mengandung kafein, merokok atau mengkonsumsi minuman beralkohol.
  • Gunakan krim yang mengandung retinol, serta vitamin C dan E, Untuk membantu mencerahkan warna hitam di bawah mata.
  • Samarkan dengan menggunakan makeup, gunakan concealer pada area bawah mata agar kulit yang gelap dapat tertutupi.

Jika kondisi mata panda tidak membaik malah jurstru memburuk, mungkin anda melakukan kesalahan, segera hubungi dokter agar mendapatkan penanganan lebih lanjut lagi.

Itulah penyebab mata panda yang bukan hanya disebabkan oleh kekurangan tidur. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *