Penyebab Kulit Kering Pada Wajah

Posted on

Penyebab Kulit Kering –  Kulit wajah kering adalah kondisi umum, meskipun beberapa orang lebih sering mengalami masalah ini daripada yang lain. Jenis kulit wajah utama adalah kulit normal, kering, berminyak atau sensitif. Seiring bertambahnya usia, juga harus mempertimbangkan bagaimana penuaan kulit mempengaruhi kulit kering. Lalu, apa saja yang menjadi penyebab kulit kering? simak dibawah ini

Penyebab Kulit Kering

Penyebab Kulit Kering Pada Wajah Yang Harus Diwaspadai

Terkadang kondisi kulit kering menyebabkan wajah terlihat kusam dan kasar. Kondisi ini tentu sangat mengganggu, selain mengganggu penampilan kulit wajah kering juga terasa tidak nyaman. Karena, biasanya kulit wajah kering dapat menyebabkan gatal, iritasi atau kemerahan. Dan berikut adalah penyebab kulit kering di wajah yang harus Anda hindari dan waspadai.

  • Menggunakan Facial Wash Tidak Cocok

Penyebab kulit wajah kering bisa karena tidak cocoknya Facial wash, karena beberapa facial wash mengandung bahan kimia yang terlalu keras menjadi salah satu penyebab kulit menjadi kering. Bukannya membuat kulit menjadi bersih, sabun dengan bahan kimia yang terlalu kuat justru menghilangkan lapisan minyak alami di kulit dan membuat kulit menjadi kering. Oleh karena itu, pilihlah sabun dengan formula lembut agar kelembapan kulit wajahmu tetap terjaga.

  • Usia Bertambah

Seiring bertambahnya usia, penyebab kulit wajah kering biasanya terjadi kelembapan alami kulit pun yang semakin berkurang. Sehingga kulit akan menjadi kering dan terlihat kusam. Akan tetapi, bukan berarti hal ini tidak bisa diatasi. Mulailah dengan rutin menggunakan pelembap dan cukupi kebutuhan cairan agar wajah tetap terhidrasi.

  • Kurang Minum

Mencukupi kebutuhan cairan tentu  bermanfaat untuk kesehatan. Dianjurkan untuk minum sebanyak 8 gelas dalam sehari agar terhindar dari keadaan dehidrasi atau kekeringan. Kurangnya minum menjadi penyebab kulit kering sehingga jika kekurangan air akan mengurangi elastisitas kulit. Dengan begitu, anda harus minum secara teratur dalam setiap harinya.

  • Penggunaan Kosmetik Salah

Bagi para wanita yang sering menggunakan kosmetik, penting untuk memilih kosmetik dengan tepat. Pilihlah kosmetik yang cocok dengan jenis kulit anda. karena penyebab kulit kering dapat dari tidak cocoknya kosmetik, saat ini banyak kosmetik mengandung komposisi yang berbahaya Atau Penggunaan kosmetik yang tidak tepat bisa jadi menjadikan kulit anda kering dan iritasi.

  • Mandi Dengan Air Hangat

Manfaat air hangat untuk wajah memang baik. tetapi, jika mandi terlalu terlalu lama ternyata dapat menyebabkan wajah kering. sering menggunakan air hangat ketika mandi atau sekedar cuci muka biasanya dapat menyebabkan minyak alami pada kulit berkurang. Oleh karena itu, agar wajah tidak kering sebaiknya batasi waktu mandi anda. Akan lebih baik jika anda mandi kurang dari 10 menit. Jika anda ingin mandi dengan air hangat, sebaiknya temperaturnya tidak melebihi 28 derajat Celcius.

  • Sering Terkena Paparan Sinar Matahari

Penyebab kulit kering di wajah karena sering terkenanya sinar ultraviolet (UV) atau sinar matahari langsung. Sinar ini akan bersifat merusak atau membahayakan, baik bagi kesehatan maupun bagi kecantikan kulit Anda, terutama kulit wajah. Maka dari itu terkena paparan sinar matahari secara langsung dalam jangka waktu yang lama juga akan menyebabkan kulit kita menjadi kering. Selain akan menjadikan kulit kita kering, paparan sinar matahari secara langsung juga akan membuat warna kulit menjadi terlihat lebih kusam dan gelap.

  • Pemakaian Pembersih wajah yang Berlebihan

Terkadang pemakaian beberapa bahan kosmetik terkadang akan mengakibatkan terjadinya beberapa masalah pada kulit. Salah satunya adalah masalah kulit kering. Penyebab kulit kering pada wajah dapat disebabkan oleh penggunaan sabun atau pembersih wajah. Penggunaan sabun yang berlebihan atau tidak cocok ini akan menghilangkan lapisan lemak dan kekenyalan pada kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *