Penyebab Kulit Berminyak Pada Wajah

Posted on

Penyebab Kulit Berminyak – Kulit yang mudah berminyak bisa jadi masalah yang sangat menyebalkan. Make up yang dipakai jadi tidak bisa bertahan lama dan susah ditata, sangat merepotkan ketika harus touch up berkali-kali. Belum lagi dengan kulit yang jadi mudah timbul jerawat dan komedo. sebelum melakukan pencegahannya, ketahui terlebih dahulu seputar penyebab kulit berminyak pada wajah.

Penyebab Kulit Beminyak

Penyebab Kulit Beminyak Pada Wajah Yang Perlu Diketahui

Terdapat banyak minyak di kulit Anda, terutama di area T, yang merupakan area di dahi dan di bawah hidung, termasuk dagu. Sederhananya, kelenjar sebaceous (kelenjar yang menghasilkan minyak yang dibutuhkan kulit) bersifat hiperaktif.

Karena jika kelenjar itu keluar secara berlebihan, kulit Anda akan terasa berminyak, terlihat berkilau, dan lebih rentan terhadap berjerawat. Penyebab kulit berminyak sangat bervariasi, dari genetika, diet, hingga hormon dan kosmetik. Hasilnya adalah kelenjar-kelenjar penghasil minyak yang terlalu aktif.

  • Stress

Tidak peduli penyebabnya, stres dapat mendatangkan malapetaka pada tubuh dan kulit Anda. Saat Anda merasa stres, hormon stres tubuh Anda, kortisol, naik. Ini dapat menyebabkan peningkatan produksi minyak alami kulit Anda. Sebaiknya Anda hindari stress dengan melakukan hal positif yang membuat Anda terasa lebih rileks.

  • Pola Makan Buruk

Kurangi konsumsi makanan berminyak, pedas, makanan cepat saji, dan produk olahan dan berpemanis agar kulit tidak mudah berminyak. Sebaiknya hindari makanan tersebut, kemudian perbanyak konsumsi buah-buahan seperti jeruk, pepaya dan alpukat serta aneka sayur dan ikan. Sehingga kulit Anda akan tergaja kecantikan dan kesehatannya.

  • Pemakaian Kosmetik yang Tidak Cocok

Seperti yang kita ketahui, kulit berminyak paling banyak menyerang pada bagian wajah. Bagian wajah ini akan tampak paling kemilau karena minyak dibandingkan dengan bagian tubuh yang lain. Nah, salah satu penyebab kulit berminyak pada wajah ini karena ekstra minyak yang berlebih, salah satunya disebabkan karena salahnya dalam memilih kosmetik.

Memilih kosmetik sendiri merupakan satu kegiatan yang sangat penting dan serta harus teliti dan dipertimbangakan. Hal ini karena jika Anda memilih kosmetik yang salah maka akan menyebabkan berbagai macam masalah pada kulit wajah kita, salah satunya adalah menyebabkan kulit menjadi berminyak.

  • Suhu Cuaca Terlalu Tinggi

Suhu cuaca yang terlalu tinggi dapat membuat tubuh cepat lelah dan menimbulkan dehodrasi. Cuaca dengan pencahayaan matahari yang begitu tinggi dapat mempengaruhi kondisi minyak alami yang ada dipermukaan kulit. Wajah akan selalu terlihat berminyak dan mengkilap.

  • Malasnya Mencuci Wajah

Sangat penting bagi wajah untuk tetap bersih dari noda ataupun make-up sebelum berangkat dan tidur malam. Ketika kotoran menempel pada wajah, minyak dan debu maka akan memicu berkumpulnya bakteri didalam pori-pori dan menjadikan penyebab kulit berminyak berlebih pada wajah. Malas membersihkan wajah juga adalah awal munculnya datang jerawat, iritasi dan flek hitam serta mempercepat munculnya kerutan halus disekitar bawah mata dan area lainnya.

  • Perubahan Hormon yang Tidak Stabil

Penyebab kulit berminyak lainnya karena perubahan hormon yang tidak stabil. Ketika sedang haid atau menstruasi, wanita memiliki hormon yang sedang tidak stabil dan kondisi ini dapat mempengaruhi jumlah minyak diwajah. Perubahan hormon pada masa haid mampu membuat wanita tidak bisa mengendalikan emosinya, keadaan ini dapat meningkatkan jumlah minyak alami yang ada di bawah kulit untuk muncul sesaat setelah mengalami tekanan pikiran dan rasa gelisah yang besar (stres).

  • Faktor Lingkungan

Bila Anda sering melakukan aktifitas, maka Anda perlu waspada pada perubahan produksi minyak di kulit wajah. Tinggal di tempat yang kelembapannya tinggi atau karena terik matahari, bisa menjadi penyebab kulit berminyak. Untuk itu, pastikan Anda membersihkan wajah dengan benar dan secara menyeluruh supaya kotoran tidak menempel dan menghambat pori-pori.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *