Pengaruh ponsel untuk kesehatan

Posted on

Pengaruh ponsel untuk kesehatan – Menggunakan ponsel merupakan kegiatan yang selalu dilakukan setiap hari untuk memberi kabar, update status, mencari informasi dari Skincareasli.com, dll. Terkadang orang jika sedang bermain ponsel sering kali lupa akan waktu, lupa kewajiban, atau bahkan sering menghiraukan orang sekitar.

Dilihat dari sedikitnya akibat kecanduan diatas kita sudah sangat prihatin bukan? Apa lagi jika sudah masuk ke masalah pengaruh ponsel untuk kesehatan.

Pengaruh ponsel untuk kesehatan

Pengaruh ponsel untuk kesehatan

Jika kita kecanduan bermain ponsel sampai lupa segalanya itu tidak baik, namun ada lagi dampak yang lebih parahnya lagi. Berikut pengaruh buruk ponsel untuk kesehatan:

Merusak mata

Smartphone merupakan ponsel generasi masakini yang sangat canggih saat ini. Apa lagi sekarang sedang ramai-ramainya game martphone yang membuat orang kecanduan untuk menggunakan smartphone dalam jangka waktu yang lama.

Satu permainan tidak bisa dipastikan berapa lamanya bertahan karena game yang menggunakan real time. Jadi jika pemain belum ada yang menang maka permainan masih berlanjut. Maka permainan akan berlangsung lama hingga selesai, dan kegiatan tersebut diulang selama beberapa kali.

Hal tersebut dapat menyebabkan mata si pengguna akan terus bekerja pada objek yang kecil dan terlalu dekat. Maka, kurangi penggunaan ponsel berlebihan karena dapat membuat mata akan teriritasi.

Katarak

Selain dengan memandang ponsel terlalu lama, menggunakannya untuk menelpon juga berdampak buruk untuk kesehatan mata. Remaja yang sedang kasmaran sangat beresiko tinggi dalam hal ini. Karena biasanya orang tersebut yang memiliki pasangan sering kali menelpon dalam waktu yang lama hanya untuk mendengar obrolan yang tak begitu penting.

Radiasi akan terjadi ketika berlama-lamaan nelpon, dan radiasi terjadi secara tidak diketahui dapat menghambat sirkulasi darah dalam telinga. Tanpa disadari juga, kornea mata perlahan-lahan akan mengalami penurunan kinerjanya, misalnya mengatur suhu dan air. Hal ini akan menimbulkan. Hal ini dapat menimbulkan penyakit katarak, karena radiasi dari ponsel akan menyebabkan benda putih mengalami kornea.

Kerusakan Otak

Radiasi yang dipaparkan ponsel dapat menembus hingga ke jaringan otak. Jika ini terus terjadi, gelombang radiasi dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada otak. Sebaiknya anda hindari penggunaan berlebih pada ponsel.

Terserang Alzheimer

Merupakan penyakit sejenis sindrom kematian sel-sel otak pada saat bersamaan, sehingga otak tampak mengerut dan mengecil. Biasanya penyakit ini terjadi pada orang yang lanjut usia. Radiasi smartphone juga dapat menyebabkan penyakit Alzheimer ini. Radiasi akan mmenyebar ke jaringan otak, akibatnya seseorang akan mengalami kebingungan, sering lupa, bahkan daya ingatnya pun menurun.

Kanker Kulit

Radiasi smartphone juga dapat menyebabkan kanker kulit. Smartphone akan memancarkan radiasi yang bereaksi ada kulit berupa meningkatkan suhu permukaan kulit dan merubah pigmentasi. Jika diabaikan, Dapat membuat sel tubuh mengalami perubahan menjadi sel kanker. Hal tersebut dapat menjadi awal terjadinya kanker kulit.

Serangan Jantung

Jangan biasakan untuk menimpan ponsel pada saku terutama saku baju yang berdekatan pada dada. Karena ini dapat memicu terjadinya serangan jantung. Selain pada saku, orang yang kesehariannya memegang hp terkadang, bahkan sering menggunakan ponsel hingga terlelap tidur. Biasanya pada posisi tidur, smartphone yang digunakan berada pada dada, perut dan ini sangat bersiko terkena serangan jantung.

Mempengaruhi reproduksi pria

Seorang pria pengguna smartphone biasanya ia akan membawa smartphone nya kemana mana didalam kantong sakunya. perlu kalian tahu, Ini sangat beresiko untuk seorang pria, karena ini dapat menghambat peredaran darah pada alat reproduksi. Selain itu kualitas sperma dan gamirah seksual akan menurun.

Itulah Pengaruh ponsel untuk kesehatan tubuh. Alangkah baiknya kita untuk mengurangi penggunaan ponsel secara berlebihkan agar terhindar dari berbagai resiko. Gunakan earphone untuk mengurangi radiasi smarthphone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *