Mengatasi Herpes Zoster atau Cacar Api dengan obat

Posted on

Mengatasi Herpes Zoster – Herpes merupakan infeksi virus yang dapat menyebabkan kulit merasa sakit dan terkadang juga menimbulkan luka. Herpes disebabkan oleh virus, dan ada banyak virus yang dapat menyerang tubuh, namun virus yang paling umum ditemukan ialah Varicella Zoster dan Herpes Simplex.

Varicella zoster adalah penyebab cacar air dan herpes zoster atau yang kita kenal dengan cacar api.

Tips mengatasi Herpes Zoster

Mengatasi Herpes Zoster atau Cacar Api dengan obat

Herpes zoster biasanya akan memberikan tanda atau gejala seperti dibawah ini:

  • Nyeri, sensasi terbakar, mati rasa, dan kesemutan dibagian tubuh tertentu.
  • Sensitif terhadap sentuhan
  • Munculnya ruam merah beberapa hari setelah rasa sakit diarea tertentu.
  • Lepuhan berisi cairan yang pecah dan mengeras
  • Gatal pada ruam
  • Sakit kepala
  • Mata sesitif terhadap cahaya
  • Mudah lelah

Yang menjadi masalah dari penyakit ini adalah gejalanya yang sangat mengganggu kenyamanan serta menghambat aktivitas kita sehari-hari. Maka dari itu, segeralah melakukan pengobatan untuk meredakan rasa sakit yang disebabkan gejala ini.

Penyakit ini dapat muncul di daerah kulit manapun bahkan pada kelamin juga. Selain itu, penyakit ini mudah menular dan tidak bisa disembuhkan dan hanya dapat sembuh dengan sendirinya.

Biasanya obat yang diberikan dokter hanya bertujuan untuk mencegah penularan dan meringankan gejala yang dirasakan seperti rasa nyeri. Apa saja obat yang bisa digunakan untuk penyakit ini?

Obat untuk mengatasi herpes zoster

Jika anda memiliki gejala herpes seperti diatas, Segeralah tanyakan pada dokter. Karena cacar Virus yang mendiami tubuh seseorang akan bereaksi dua hari kemudian.

Dokter akan memberikan obat yang mampu mencegah perkembangbiakan virus dan mencegah gejalanya. Biasanya obat yang digunakan akan berbentuk pil dan juga krim. Namun, pada beberapa kondisi yang parah, dokter akan memberikannya melalui suntikan.

Berikut adalah tiga obat anti virus yang digunakan untuk mengobati herpes:

Acyclovir

Merupakan obat yang digunakan untuk herpes kulit yang dulunya diciptakan sebagai salep, namun saat ini lebih banyak dalam bentuk pil. Obat ini sudah dikenal dan digunakan sejak tahun 1982.

Obat ini aman dan dapat dikonsumsi setiap hari sesuai dengan yang dibutuhkan. Acyclovir telah terbukti aman digunakan setiap jari selama 10 tahun. Obat ini bekerja dengan mengurangi tingkat keparahan dan jangka waktu kemunculan penyakit cacar tersebut.

Selain itu, Obat ini juga membantu meringankan rasa sakit setelah luka sembuh dan membaik. Namun, setelah mengkonsumsi obat ini anda akan merasakan efek samping seperti rasa mual, diare, sakit kepala, dan muntah.

Segera hubungi dokter apa bila efeksampin yang anda alami seperti dibawah ini:

  • Sakit punggung belakang atau samping
  • Urine lebnih sedikit
  • Perubahan drastis suasana hati
  • Kebingungan atau linglung
  • Berhalusinasi
  • Sulit menjaga keseimbangan

Ada juga yang berbentuk salep yang memberikan efek samping berupa rasa terbakar.

Valacyclovir

Obat yang satu ini merupakan obat yang lebih baru dari sebelumbya. Obat ini menggunakan aciclovir sebagai bahan aktifnya. Namun, Valacyclovir menjadikan Acyclovir lebih efisien, sehingga tubuh mampu menyerap sebagian besar kandungan obat. Obat ini memiliki kelebihan yaitu dapat dikonsumsi di siang hari tanpa menyebabkan sakit kepala atau keliyengan.

Sama dengan acyclovir, obat ini membantu meringankan gejala yang mengganggu kenyamanan. Selain itu, luka juga akan lebih cepat sembuh. Setelah cacar api sembuh, rasa nyeri masih terasa. Obat ini akan menghilangkan rasa sakit tersebut.

Efek samping yang dapat dirasakan yaitu mual, sakit perut, sakit kepala dan pusing. Jika efek samping tersebut memburuk, segeralah konsultasikan pada dokter.

Famcyclovir

Obat ini akan bertahan lebih lama setelah berada didalam tubuh dan menggunakan pencyclovir sebagai bahan aktifnya. Karena bertahan lama, obat ini tidak baik jika digunakan terlalu sering.

Obat ini mampu meredakan gejala. Orang yang sistem imunnya minim, obat ini mampu mengurangi resiko penyebaran virus.

Famcyclovir memiliki efek samping berupa sakit kepala, rasa mual, dan diare. Namun gejala dari obat ini biasanya ringan dan tidak mengganggu aktivitas.

Itulah ketiga obat yang digunakan untuk mengatasi penyakit herpes zoster. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *