Manfaat Serai Untuk Kulit

Posted on

Manfaat Serai Untuk Kulit – Bahan dapur yang satu ini memang dapat memberikan aroma dan citarasa pada masakan. Selain dijadikan bumbu dapur, serai juga bermanfaat untuk merawat kulit. Mengandung antibakteri dan kandungan alami lainnya yang dapat menjadikan kulit sehat dan terawat. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi seputar manfaat serai untuk kulit yang bisa Anda racik dirumah.

Manfaat Serai Untuk Kulit

Manfaat Serai Untuk Kulit Yang Harus Anda Ketahui

1. Mengatasi Kulit Kering dan Pecah-Pecah

Manfaat serai untuk kecantikan kulit juga mampu melembapaka bahkan menjaga elastisitas pada kulit dan juga bisa mengatasi kulit kering dan pecah-pecah pada bagian tertentu, terutama tumit. Serai dapat menjaga kelembapan kulit lebih tahan lama dibandingkan dengan kandungan lain seperti lidah buaya dan bengkoang. Oleh karena itu, jika Anda ingin menghilangkan kulit pecah-pecah pada tumit kaki atau bagian tubuh lainnya sangat dianjurkan menggunakan sabun serai atau minyak dan lotion serai.

2. Meredakan Gatal-Gatal dan Kemerahan pada Kulit

Manfaat serai juga bisa digunakan untuk meredakan gatal-gatal dan iritasi kulit yang sering timbul. Serai berfungsi dengan cara merendam rasa gatal dan kemerahan yang sering mengganggu pada permukaan kulit.

Berbeda dengan beberapa kandungan lain yang meredam kulit dengan cara memberikan efek sejuk seperti lidah buaya, serai justru meredam kemerahan dan rasa gatal pada kulit dengan cara membuat kulit menjadi hangat sehingga Anda bisa merasa lebih rileks.

3. Mengatasi Jerawat

Serai bersifat antibakteri dan antimikropobia sehingga bisa digunakan untuk membantu mengatasi berbagai macam masalah jerawat, terutama yang disebabkan oleh kotoran atau kuman. Cara kerja serai dalam mengatasi jerawat adalah dengan membunuh kuman dan kotoran pada jerawat sehingga proses penyembuhan jerawat semakin cepat.

Jika Anda sedang memiliki masalah kulit yang mengganggu seperti timbulnya jerawat atau biang keringat di tubuh, Anda dianjurkan untuk mandi dengan menggunakan sabun serai untuk membunuh kuman dan mempercepat proses penyembuhan jerawat dan biang keringat tersebut.

4. Menyamarkan Noda Hitam dan Bekas Jerawat

Minyak serai bisa digunakan untuk menyamarkan noda bekas jerawat serta flek hitam lainnya yang ada di wajah. Karena, serai mampu mencerahkan kulit serta meratakan warna kulit yang mengalami hiperpigmentasi. Tetapi, pastikan Anda tidak terganggu dengan aroma serai yang cukup tajam ketika menggunakan minyak serai sebagai totol jerawat.

5. Mengecilkan Pori-Pori

Selain membantu mencegah tumbuhnya jerawat, serai juga berfungsi sebagai toner alami yang mampu mengecilkan pori-pori. Anda bisa gunakan minyak esensial dari serai yang dapat mengecilkan pori-pori serta mengencangkan kulit. Kandungan di dalamnya juga dapat membuat kulit terlihat lebih sehat dan bersih.

6. Menghilangkan Ketombe di Kulit Kepala

Serai tidak hanya berfungsi untuk merawat kulit wajah dan kulit tubuh, tetapi juga untuk kulit kepala bahkan rambut. Minyak serai diklaim mampu menghilangkan ketombe pada kulit kepala tanpa membuatnya menjadi berminyak dan lembap sekaligus melembutkan rambut. Efek menghangatkan yang berasal dari serai bisa membuat ketombe perlahan menghilang jika Anda menggunakan minyak serai secara rutin, minimal 15 menit sebelum keramas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *