Manfaat semangka untuk kecantikan

Posted on

Manfaat semangka untuk kecantikan – Buah semangka merupakan buah yang sering disajikan sebagai makanan penutup di acara sakral seperti pernikan. Semangka memiliki kandungan air, sehingga dapat menyegarkan tenggorokan saat kita memakannya. Tak hanya rasanya yang manis dan segar, semangka juga diketahui dapat digunakan untuk merawat kecantikan kulit.

Manfaat semangka untuk kecantikan kulit wajah

Manfaat semangka untuk kecantikan kulit wajah

Selain rasanya yang enak dan dapat melepaskan dahaga, semangka juga dapat membantu merawat kulit dengan cara menyantapnya atau diolah menjadi masker wajah. Berikut manfaat semangka untuk kecantikan kulit wajah:

Melembabkan kulit

Seperti yang telah dijelaskan diatas, Semangka ini mengandung banyak air, sehingga dapat membuat tubuh terhidrasi jika dimakan. Kulit juga akan terhidrasi dengan menggunakan masker semangka. Jika anda termasuk orang yang memiliki jenis kulit kering, anda dapat mencampurkan semangka dan madu agar kelembaban dapat terjaga. Dehidrasi kulit dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan pada akhirnya munculah tanda tanda penuaan.

Mencegah penuaan dini

Semangka merupakan buah dengan kandugnan didalamnya yang kaya akan likopen, Vitamin C dan A. Nutrisi tersebut dapat mengurangi paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan pada kulit. Selain itu, kandungan antioksidannya juga dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh, sehingga dapat mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit. Untuk kulit anda hanya perlu menghaluskannya dan ratakan pada wajah layaknya menggunakan masker wajah.

Sebagai toner alami

Buah semangka memiliki zat alami yang membuatnya menimbulkan rasa segar saat digunakan pada kulit. Gunakan semangka yang telah dihaluskan atau mencampurnya dengan madu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Oleskan semangka tersebut ke leher dan wajah anda setelah anda membersihkan wajah anda menggunakan pembersih wajah.

Mengontrol minyak berlebih

Seperti toner pada umumya yang dapat mengontrol serta membersihkan minyak pada kulit, Semangka yang diolah menjadi toner juga bisa melakukannya. Didalam semangka terkandung vitamin A yang melimpah, kandungan tersebut dapat mengecilkan pori-pori serta meminimalisir sekresi minyak berlebih dari kelenjar sebaceous. Cocok digunakan untuk kulit berminyak.

Meremajakan kulit

Kemampuannya yang dapat mengontrol minyak pada semangka tidak akan menyebabkan kulit menjadi kering yang dapat menyebabkan munculnya tanda penuaan. Semangka dapat meremakan serta merevitalisasi kulit yang kusam dan membuat kulit menjadi tampak lebih cerah dari sebelumnya.

Mengobati jerawat

Jika anda memiliki kulit wajah yang rentan terahap jerawat, anda dapat menggunakan semangka sebagai solusinya. Semangka kaya akan vitamin dan enzim yang mampu memberikan efek segar, sehingga baik untuk jerawat yang meradang. Kandungan Vitamin C nya dapat menyamarkan noda bekas jerawat. Untuk memanfaatkan semangka anda hanya perlu mengaplikasikan semangka yang telah dihaluskan pada wajah, lalu pijat wajah secara perlahan. Diamkan sekitar 15 menit, dan bersihkan dengan air jernih.

Itulah beberapa manfaat semangka untuk kecantikan wah, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *