Manfaat sambiloto untuk kesehatan

Posted on

Sambiloto merupakan tumbuhan obat yang sudah terbukti khasiatnya. Tumbuhan ini mungkin masih terasa asing ditelinga kalian. Meski begitu tanaman ini sangatlah berguna dalam menjaga kesehatan. Hal ini terbukti dan dikuatkan dengan banyaknya obat jamu tradisional yang menggunakan tanaman ini. Saya akan memberitahukan beberapa manfaat sambiloto untuk kesehatan.

Manfaat tanaman sambiloto untuk kesehatan

Manfaat sambiloto untuk kesehatan

Tanaman ini memiliki nama lain Andrographis paniculata yang merupakan tanaman yang memiliki rasa yang sangat pahit. Tanaman ini bisa ditemukan didaerah asia dan india. Dari sejak dulu, tanaman ini dipercaya memiliki manfaat dapat menyembuhkan banyak penyakit.

Jika anda pernah merasakan jamu yang rasanya sangat pahit, Tidak salah lagi, bahan tersebut mengandung bagian sambiloto. Meski rasanya pahit, tumbuhan ini memiliki manfaat yang melimpah. Berikut manfaat tanaman sambiloto untuk kesehatan:

Menyembuhkan pilek dan flu

Meski rasanya pahit, sambiloto memiliki kandungan antioksidan yang banyak sehingga dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan meningkatnya sistem imun atau kekebalan tubuh, masalah kesehatan seperti pilek dan flu dapat teratasi. Selain itu, sambiloto juga dapat berguna untuk nebgurangi gejala pilek seperti demam, hidung mampet, dan sakit tenggorokan. Antioksidan yang terkandung dalam sambiloto juga dapat membantu tubuh anda dalam mencegah kerusakan sel akibat dari radikal bebas.

Mengatasi masalah pencernaan

Dengan rasanya yang pahit, Sambiloto sangat cocok digunakan untuk mengatasi masal pada pencernaan. Masalah pencernaan yang dapat disembuhkan antara lain diare, sembelit, kolik, gas dalam usus, dan sakit perut. Selain itu, tanaman ini juga dapat membantu memperkuat organ hati dan mengatasi masalah hati lainnya, seperti pembesaran hatim sakit kuning dan kerusakan hati akibat obat.

Mencegah diabetes

Tanaman ini dikenal dapat membantu mengatasi dan mencegah diabetes. Ini dibuktikan dalam penelitian yang menggunakan tikus yang diberikan asupan lemak dan gula tinggi. Tanam tersebut terbukti dapat menurunkan kadar glukosam trigliserida, dan kolesterol LDL. Penelitian ini menyimpulkan bahwa senyawa andrographolid pada tanaman ini mempunyai efek hipoglikemik dan hipolipidemik yang dapat mencegah anda dari penyakit diabetes.

Mencegah penyakit jangtung

Penyakit jangtung dapat terjadi karena terhentinya suplai darah yang menuju ke jantung. Sambiloto dapat meningkatkan kesehatan jantung. Tanaman ini dapat mencegah pembentukan gumpalan darah serta dapat membantu memecah gumpalan darah jika sudah terjadi. Sebuah penelitian yang diterbitkan di Chinese Medical Journal tahun 1994 membuktikan bahwa tanaman ini dapat mencegah penggumpalan serta mencegah penyempitan pembiluh darah. Sehingga tanaman ini dapat memperlancar peredaran darah yang berguna mencegah penyakit jantung.

Menyembuhkan infeksi

Memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antiparasit sehingga dapat menyembuhkan infeksi. Sinusitis merupakan salah satu penyakit infeksi yang dapat disembuhkan sambiloto. Sambiloto dapat menyembuhkan sinusitis dengan menghambat perkembangan bakteri yang menyebabkan sinusitis. Dengan begini anda akan lebih cepat sembuh dari penyakit ini. Selain sinusitis, ada beberapa penyakit infeksi yang dapat diobati dengan tanaman ini seperti dibawah ini:

  • Herpes
  • Kusta
  • Pneumonia
  • Tuberkulosis
  • Gonore
  • Sifilis
  • Malaria
  • Leptospirosis
  • Rabies

Baru-baru ini dapat kabar bahwa sambiloto dapat mengobati HIV/AIDS. Dengan meningkatkan jumlah sel darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh penderita HIV.

Itulah Manfaat sambiloto untuk kesehatan, semoga bermanfaat dan jang lupa, kesehatan, kesembuhan, datangnya dari tuhan, yang saya bahas hanyalah perantara. Terimakasih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *