Manfaat sambiloto untuk kecantikan

Posted on

Manfaat sambiloto untuk kecantikan – Beberapa orang sepertinya masih asing terhadap tanaman ini. Sambilito merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki berbagai manfaat, dan sering digunakan sebagai obat jamu tradisional. Tanaman ini sangat menyehatkan bagi tubuh, namun juga sangat berguna untuk merawat kecantikan kulit wajah.

Manfaat sambiloto untuk kecantikan

Manfaat sambiloto untuk kecantikan

Sambiloto atau nama lainnya Andrographis paniculata, yaitu tanaman yang memiliki rasa yang sangat pahit. Tanaman ini bisa ditemihkan didaerah asia dan india. Sudah lama tanaman ini dimanfaatkan sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu menyembuhkan banyak penyakit. Meski begitu, manfaatnya untuk merawat kecantikan juga tidak kalah efektifnya, Berikut manfaat sambiloto untuk kecantikan.

Menghilangkan jerawat

Jerawat pada wajah dapat muncul karena beberapa faktor, seperti kurangnya memperhatikan kebersihan wajah, perubahan hormon, penggunaan bahan kimia, dll. Timbulnya jerawat sangat mengganggu kenyamanan maupun penampilan kita, dan hati ingin menghilangkan namun tak bisa. Cobalah menggunakan daun sambiloto untuk mengatasi jerawat. Sambiloto memiliki sifat antibakteri yang mampu mencegah pertumbuhan bakteri. Selain itu sifat antibakteri ini mampu menangkal debu yang masuk pada pori-pori, sehingga jerawat akan tersingkirkan.

Menghilangkan flek hitam

Flek hitam merupakan masalah penuaan dini yang sering kali terjadi pada banyak wanita dan membuat penampilan menjadi terganggu. Karena wajah akan terkesan kotor, juga noda hitam ini memiliki sangat sulit untuk dihilangkan. Daun sambiloto mampu mengatasi masalah timbulnya flekhitam. Caranya dengan menumbuk daun sambiloto dan dicampur dengan air lemon. Setelah ramuan siap, Gunakan pada wajah anda secara merata dan tunggu hingga 15 menit. Setelah selesai bersihkan dengan air yang bersih.

Memutihkan kulit

Daun ini sangat baik dalam memutihkan kulit wajah. Dari jaman dulu hingga sekarang, banyak wanita yang perca ya bahwa tanaman ini mampu memutihkan wajah seorang wanit. Didukung dengan kandungannya yang kaya Vitamin C, Vitamin B6, provitamin A, mineral, nutrisi, magnesium dan protein. Untuk menggunakannya gunakan daun sambiloto yang dicampur dengan madu, minyak zaitun, susu bubuk murni dan jeruk nipis. Semua bahan tersebut dicampur hingga merata menggunakan blender. Gunakan ramuan tersebut debanyak 2 kali dalam seminggu.

Menghilangkan bekas luka

Sambiloto juga dapat menghilangkan bekas luka atau luka bakar. Tanaman ini sudah biasa digunakan sebagai solusinya karena sangat mujarab atau ampuh dalam mengeringkan luka. Menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan tanaman ini dan minyak zaitun hingga beberbentuk pasta dan kompreskan pada bekas luka secara rutin agar cepat hilang.

Menyembuhkan kudis

Kudis adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau kecil yang berkembang didalam kulit kita yang menyebabkan rasa gatal luar biasa. Rasa gatal ini disertai dengan kulit yang penuh ruam. Kudis memiliki nama medis yaitu Scabies. Untuk mengolahnya, siapkan daun sambiloto dan hancurkan hingga bertekstut krim, lalu gunakan pada area yang bermasalah atau yang terasa gatal meski tidak ada ruam. Dengan penggunaan yang rutin dan teratur, kudis akan hilang secara bertahap.

Itulah Manfaat sambilito untuk kecantikan, semoga bermanfaat dan dapat mengatasi masalah pada wajah diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *