Manfaat minyak marula untuk perawatan kecantikan kulit

Posted on

Manfaat minyak marula untuk perawatan kecantikan kulit – Merawat kecantikan kulit merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh kebanyakan seorang wanita. Mulai dari menggunakan produk berbahan kimia, hingga produk yang dibuat dari bahan alami, dan tak jarang mereka membuatnya sendiri.

Salah satu bahan alami yang memiliki manfaat untuk kulit ialah minyak marula yang akan kita bahas kali ini bersama.

Manfaat minyak marula

Manfaat minyak marula untuk perawatan kecantikan kulit

Minyak marula merupakan minyak yang didapat dari biji buah pohon marula yang berasal dari afrika selatan. Buah ini tadinya sering digunakan sebagai bahan makanan, karena citarasanya yang lezat. Namun, baru-baru ini buah ini diolah menjadi minyak unggulan yang menawarkan manfaat baik untuk kulit.

Berikut manfaat minyak marula bagi kulit

Melembabkan kulit

Kemampuan minyak marula ini yaitu dapat melembabkan kulit. Wanita Afrika selatan menggunakan biji buah ini untuk melindungi kulit mereka dari cuaca panas dan kering didaerahnya. Minyak marula sering digunakan untuk semua jenis kulit, mulai dari kulit kering, berminyak, sampai kulit yang sensitif. Hal ini dikarenalan minyak tersebut dapat melembabkan kulit tanpa menyumbat pori-pori, dan tidak menyebabkan produksi minyak berlebih.

Minyak ini memiliki kandungan asam lemak palmitat dalam minyak marula akan meningkatkan kemampuan kulit untuk mempertahankan kelembabannya. Kandungan asam lemak oleat memiliki kemampuan yang dapat menembus lapisan kulit yang paling dalam. Dengan begitu minyak marula lebih efektif meresap ke kulit dibandingkan jenis minyak lainnya. Selain itu, teksturnya yang ringan dapat dengan mudah diserap oleh kulit sehingga bagus untuk melembabkan kulit dan tidak meninggalkan sisa minyak diwahajah. Minyak marula juga memiliki sifat menenangkan, membuatnya sangat baik digunakan untuk mencegah iritasi dan kemerahan pada orang yang memiliki jenis kulit yang sensitif.

Mencegah penuaan

Penuaan tidak bisa dihindarkan karena waktu terus berjalan dan usiapun bertambah membuat tubuh memproduksi lebih banyak radikal bebas. Selain itu, radikal bebas yang tersebar yang bisa didapat dari polusi, sinar UV dan lain-lain. Hal tersebut dapat membuat kulit rusak dan menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan.

Antioksidan dan asam lemak yang tinggi yang terkandung dalam minyal marula ini mampu menetralkan radikal bebas, mengurangi stres oksidatif pada tubuh, dan tentunya mencegah penuaan. Minyak marula bekerja meningkatkan elastisitas kulit sehingga dapat mengurangi keriput pada wajah. Tidak hanya itu, kemampuannya yang dapat melembabkan berguna untuk menghilangkan garis-garis halus diwajah.

Menghilangkan noda diwajah

Minyak yang didapat dari pohon yang berasal dari Afrika ini dapat menghilangkan noda diwajah. Noda tersebut bisa berupa noda bekas jerawat, flek hitam, bekas luka, dan sebagainya. Hal ini karena kandungan antimikroba didalamnya dapat menyamarkan segala jenis noda diwajah. Bukan hanya itu, minyak marula bisa melawan patogen yang merupakan salah satu penyebab jerawat.

Bukan hanya digunakan untuk kulit, minyak Marula masih memiliki kegunaan lain yang tersimpan didalamnya. Minyak marula dapat digunakan pada bibir, rambut dan kuku. Apabila anda memiliki bibir kering dan mengelupas, anda bisa mengatasinya dengan menggunakan minyak marula, agar teksturnya bisa menjadi lebih lembut dan warna bibir menjadi cerah.

Jika kuku anda rapuh, anda dapat menggunakan minyak ini untuk menguatkan kuku tersebut dan menutrisi sehingga kuku terlihat lebih sehat dan indah. Dan manfaat minyak marula untuk rambut ialah dapat menutrisi kulit kepala serta melapisi helai rambut untuk melindunginya dari bahaya sinar matahari dan alat pengering rambut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *