Manfaat Minyak Jarak Untuk Kecantikan

Posted on

Manfaat Minyak Jarak Untuk Kecantikan – Minyak jarak atau yang sering disebut juga dengan castor oil telah digunakan sejak zaman dahulu untuk berbagai manfaat, termasuk diantaranya pengobatan alami dan tentu saja solusi berbagai masalah kecantikan. Manfaat minyak jarak untuk kecantikan kulit dan rambut seringkali diabaikan karena konsistensinya yang tebal dan lengket. Namun, jika sedang mencari obat alami murah, maka minyak jarak akan sangat bernilai.

manfaat minyak jarak untuk kecantikan

Manfaat Minyak Jarak Untuk Kecantikan Yang Harus Diketahui

Minyak jarak di ekstrak dari biji tanaman jarak. Tidak berwarna kuning pucat dengan bau yang tidak enak. Manfaat ini telah digunakan secara tradisional untuk kulit dan rambut. Hingga kini, industri kosmetik menggunakan minyak jarak sebagai bahan utama dalam produk perawatan kecantikannya. Akan tetapi, sekarang Anda bisa membuat ramuan alami dari minyak jarak di rumah untuk kesehatan kulit dan rambut. Berikut adalah beberapa manfaat minyak jarak untuk kecantikan secara alami.

  • Mengatasi Kulit Kering

Manfaat minyak jarak untuk kecantikan digunakan sebagai pelembab kulit kering. Karena menembus jauh ke dalam kulit, sangat efektif untuk mengobati bercak-bercak dan bersisik. Konsentrasi asam lemak yang tinggi juga meningkatkan kulit yang sehat dan bercahaya dan membantu dengan kondisi kulit seperti dermatitis, yang dapat menyebabkan kulit kering yang sangat kasar.

Minyak jarak juga mempromosikan kandungan elastin dan kolagen yang membantu Anda menghambat tanda penuaan dini dan membuat kulit tampak lebih muda.

Cara membuat ramuan dari minyak jarak sangat mudah sekali. Anda cukup mencampurkan minyak jarak dan minyak kelapa serta pijat ke area kulit kering. Tunggu 20 hingga 30 menit, lalu mandi. Ulangi setiap hari.

Setelah membersihkan riasan dan mencuci wajah di malam hari, oleskan beberapa tetes minyak kastor di wajah dan pijat perlahan selama beberapa menit. Keesokan paginya, Anda akan memiliki tampilan yang terhidrasi dan segar.

  • Mengurangi Keriput

Pelembab alami ini dapat mengurangi munculnya kerut-kerut, keriput, dan garis-garis halus. Karena minyak jarak mudah menembus lapisan kulit, juga tidak akan menyumbat pori-pori. Bahkan, itu bisa mencapai jauh ke dalam kulit untuk menyuburkannya. manfaat minyak jarak untuk kecantikan juga membantu mengurangi munculnya noda dan bekas luka pada kulit.

Pijat lembut kulit Anda dengan beberapa tetes minyak jarak dalam gerakan memutar setiap hari di malam hari sebelum tidur. Terus lakukan ini setidaknya selama 4 hingga 6 bulan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

  • Mencegah Stretch Marks

     

Selama kehamilan, minyak jarak mencegah pembentukan stretch mark. Pada dasarnya, ini berfungsi menjaga kelembaban, membantu kulit Anda mempertahankan kelembapan dan menjaga elastisitas. Selain itu, asam lemak di dalamnya memaksimalkan kemampuan kulit untuk meregenerasi jaringan untuk meningkatkan kekuatan dan tekstur kulit.

Campurkan 1 sendok makan minyak kastor dengan 2 sendok makan minyak almond manis. Oleskan campuran ini setiap hari pada daerah yang rawan peregangan, seperti perut, paha dan payudara, untuk mencegah munculnya tanda yang buruk.

Untuk memudarkan stretch mark, pijat daerah yang terkena dengan minyak jarak murni selama 10 menit dan kemudian tutup area dengan bungkus plastik. Oleskan panas menggunakan bantal pemanas selama 15 hingga 20 menit. Ulangi sekali sehari.

  • Merawat Bibir

Bagi yang mempunyai keluhan bibir gelap dan pecah-pecah, minyak jarak sangat bermanfaat. Sifat melembabkan dari cairan kental dan tebal ini membuat bibir tetap lembab dan bernutrisi dengan baik. Dapat membantu mengobati serta mencegah bibir pecah-pecah. Juga, manfaat minyak jarak untuk kecantikan dapat merawat bibir menjadi merah muda. Minyak jarak juga telah banyak ditemukan di produk perawatan bibir.

Cara membuat ramuan minyak jarak untuk bibir dengan menyediakan 1 sendok teh masing-masing minyak jarak dan gliserin dan beberapa tetes jus lemon segar. Campurkan dengan baik dan aplikasikan pada bibir Anda sebelum tidur. Keesokan paginya, bersihkan dengan bola kapas yang dicelupkan ke dalam air hangat. Ulangi setiap hari sampai bibir Anda sembuh.

Sebagai alternatif, campurkan minyak jarak dan minyak almond dengan jumlah yang sama. Pijatkan ke bibir Anda beberapa kali sehari sampai bibir Anda lembut dan halus lagi.

  • Menebalkan Alis dan Bulu Mata

Apabila Anda menginginkan alis tebal, solusinya adalah minyak jarak. Karena minyak jarak bernutrisi sehingga bisa menstimulasi folikel dan membantu menebalkan rambut alis serta bulu mata Anda. Minyak jarak ini mengandung protein, vitamin dan asam lemak yang menyehatkan folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Celupkan kapas dalam minyak jarak dan oleskan ke alis Anda setiap malam sebelum Anda tidur. Ulangi sampai alis Anda mencapai ketebalan yang diinginkan. Untuk bulu mata yang lebih tebal tutup mata Anda dan dengan lembut oleskan minyak jarak pada bulu mata Anda. Lakukan setiap hari di malam hari sebelum tidur. Lanjutkan setidaknya selama beberapa minggu agar lebih alami dan lebih tebal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *