Manfaat merica untuk kecantikan

Posted on

Manfaat merica untuk kecantikan – Lada atau merica dengan nama latin Piper Albi Linn adalah sebuah tanaman yang kaya akan kandungan kimia seperti minyak lemak, dan juga pati. Sifat lada biasanya pahit, hangat, pedas dan antipiretik (Obat penurun panas). Lada atau merica ini memiliki banyak khasiat bagi kesehatan dan ternyata juga bisa untuk kecantikan.

Beberapa manfaat merica untuk kecantikan

Manfaat merica untuk kecantikan

Merica yang dapat digunakan untuk kecantikan ialah lada hitam. Karena lada hitam kaya akan karoten dan vitamin K, yang mampu meningkatkan metabolisme darah, dan kekuatan tulang pada tubuh. Selain itu, lada juga memiliki kandungan potasium, selenium dan kalsium yang tentunya bagus untuk kita.

Berikut adalah beberapa manfaat merica untuk kecantikan:

Menyamarkan kerutan

Radikal bebas merupakan salah satu faktor yang membuat kerutan muncul diwajah. Yang anda perlukan untuk menangkal radikal bebas ialah Antioksidan. Antioksidan dapat menangkal radikal bebas sehingga dapat mencegah munculnya kerutan pada kulit wajah. Jika anda ingin membasmi kerutan yang terdapat pada kulit wajah anda, anda dapat menggunakan lada sebagai solusinya. Caranya,yaitu dengan mencampurkan lada hitam dengan madu atau bubuk kunyit. Tambahkan sedikit air dan aplikasikan pada wajah secara merata.

Mengangkat sel kulit mati

Sel kulit mati yang menempel pada kulit anda akan membuat kulit menjadi tampak kusam. Untuk membersihkannya kita memerlukan sesuatu yang kasar untuk menggosok wajah anda agar dapat melepaskan sel kulit mati yang menempel layaknya sikat yang membersihkan kotoran. Anda dapat menggunakan lada hitam sebagai scrub dengan cara menghaluskan lada hitam. Campurkan scrub tersebut dengan yoghurt sedikit saka dan aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 20 menit. Setelah selesai, basuh dengan air bersih.

Mengobati Vitiligo

Vilitigo merupakan masalah kulit dengan kondisi kulit yang kehilangan pigmentasi pada area kulit tertentu. Hal tersebut mengakibatkan kulit menjadi putih. Masalah tersebut dapat terjadi karena beberapa sebab salah satunya yaitu menggunakan makeup yang mengandung bahan kimia keras. Piperin tiketahui terdapat dalam lada hitam yang dapat memberikan alternatif yang aman dan alami untuk perawatan yang menggunakan bahan kimia.

Mencegah jerawat

Lada hitam mampu meningkatkan sirkulasi darah dan memerikan kebutuhan oksigen dan nutrisi bagi kulit. Serta, kandungan antiinflamasi dan antibakteri membantu mencegah timbulnya jerawat. Gunakan lada hitam dengan mengolahnya menjadi masker atau scrub. Campurkan lada hitam yang telah di haluskan dengan beberapa sendok yoghurt. Lalu aplikasikan kewajah dengan menggosoknya secara perlahan dan diamkan 20 menit. Setelah itu bersihkan wajah dengan air bersih. Gunakan cara tersebut cukup 3 kali dalam seminggu.

Menghilangkan bekas jerawat

Didalam lada hitam terkandung antioksidan dalam lada hitam yang menawarkan manfaat membersihkan kulit dan membantu mengobati bekas jerawat. Caranya, campurkan lada hitam yang telah dihaluskan dengan beberapa sendok makan yoghurt. Setelah itu, aplikasikan pada wajah yang telah dibersihkan dengan cara menggosoknya dan diamkan beberapa menit. Setelah selesai, bersihkan wajah dengan menggunakan air dingin. Cara tersebut dapat mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit kusam dan bekas jerawat menjadi cerah.

Itulah Beberapa manfaat merica untuk kecantikan yang bisa kamu dapatkan, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *