Manfaat labu kuning untuk kecantikan & cara mengolahnya

Posted on

Manfaat labu kuning untuk kecantikan & cara mengolahnya – Labu kuning adalah buah yang menjadi ciri khas haloween dan juga sudah familiar di Indonesia. Buah ini biasa di santap dengan cara direbus, dijadikan kolak, atau dijadikan campuran kue. Labu kuning memiliki manfaat untuk kesehatan, yakni dapat mempertajam penglihatan, menjaga kesehatan jantung, mengontrol tekanan darah, mencegah kanker dll. Ternyata selain enak, buah ini juga dapat bermanfaat untuk kesehatan.

Manfaat labu kuning untuk kecantikan

Selain berguna untuk kesehatan, Labu kuning juga memiliki banyak manfaat dalam hal kecantikan. Beberapa diantaranya telah saya paparkan dibawah ini, berikut manfaat labu kuning untuk kecantikan:

Mengontrol produksi minyak

Biasanya orang dengan jenis kulit berminyak lebih rentan terhadap jerawat dan komedo. Hal ini didasari dengan produksi minyak yang berlebih yang menyebabkan pori pori selalu membuka untuk mengeluarkan minyak tersebut. Pori pori yang membuka tidak akan menutup dengan sendirinya, sehingga kotoran dan bakteri dapat masuk yang akhirnya timbul jerawat juga komedo. Selain itu, kulit berminyak juga membuat makeup sulit menempel pada wajah dengan sempurna dan mudah luntur. Kandungan zinc yang terdapat dalam labu kuning sangat berguna untuk membantu mengontrol produksi minyak, sehingga masalah kulit dapat teratasi lebih awal.

Mengatasi jerawat

Bukan hanya kulit berminyak, jerawat juga dapat muncul oleh banyak faktor. Jerawat dapat timbul oleh karena bahan kimia, peradangan, dll. Untuk mengatasinya, anda dapat mengkonsumsi obat atau dengan menggunakan obat luar seperti salep atau lotion. Ada juga cara yang lebih ampuh, yaitu dengan melakukan suntik jerawat. Namun, semua cara tersebut bisa saja menimbulkan efek samping. Ada cara yang lebih mudah, ekonomis dan aman untuk digunakan. Caranya yaitu dengan menggunakan labu, karena mengandung zat antiinflamasi dan kandungan vitamin E dan C juga terkandung dalam labu kuning. Kandungan tersebut baik untuk mengatasi masalah jerawat.

Mencerahkan kulit

Mencerahkan kulit adalah salah satu tujuan dalam menggunakan perawatan kecantikan. Labu kuning dapat melakukannya karena mengandung enzim yang bekerja seperti AHA (Alpha Hydroxy Acid). AHA dapat mengeksfoliasi kulit sehingga sel kulit mati dapat terangkat dan kulit menjadi cerah tidak kusam, begitupun enzim dalam labu kuning ini. Selain kandungan enzim yang mirip dengan AHA, Vitamin E dan A juga terkandung dalam buah labu kuning ini. Kedua vitamin ini membantu meregenerasi kulit, sehingga kulit tampak cerah serta dapat menyamarkan tanda penuaan.

Melembabkan kulit

Menggunakan sabun wajah untuk mengatasi kulit berminyak dapat membersihkan kulit, namun kelembaban kulit juga akan hilang. Untuk itu, jika anda tidak nyaman memiliki kulit berminyak, anda dapat menggunakan labu. Karena selain dapat mengontrol minyak, juga dapat melembabkan kulit wajah anda dengan kandungan antioksidan dan vitamin E nya. Banyak terjadi mereka yang memiliki kulit berminyak mengatasi masalahnya dengan menggunakan produk dengan intensitas tinggi. Padahal hal tersebut dapat membuat anda memiliki kulit kering yang akhirnya kulit menjadi sensitif.

Menghambat tanda penuaan

Penuaan Biasanya dapat terjadi karena kulit kekurangan kelembabannya dan juga dapat terjadi oleh karena paparan radikal bebas. Tanda-tanda penuaan yang mudah muncul dan jelas terlihat ialah kulit kerutan dan garis halus. Untuk mengatasi dan mencegahnya anda dapat menggunakan labu kuning. Didalam labu kuning terkandung betakaroten yang berperan sebagai antioksidan, tentunya ampuh dalam menangkal radikal bebas. Selain itu, berbagai vitamin dan mineral lainnya yang terkandung dalam labu kuning dapat membantu meregenerasi kulit sehingga kulit tetap terjaga elastisitas dan kekenyalannya.

Bagaimana cara menggunakannya?

Berikut cara menggunakan labu kuning untuk merawat kecantikan:

  • Kukus labu kuning hingga matang dan haluskan menggunakan blender
  • Campurkan labu kuning dengan madu hingga rata
  • Gunakan pada wajah yang telah dibersihkan menggunakan tangan atau aplikator
  • Diamkan masker selama kurang lebih 20 menit
  • Bilas wajah menggunakan air yang bersih

Gunakan masker tersebut sekitar 2 kali dalam seminggu, selain itu juga anda sebaiknya tidak melewatkan perawatan kecantikan lainnya agar kulit wajah selalu dalam kondisi terbaik.

Itu saja manfaat labu kuning untuk kecantikan, semoga bermfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *