Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan

Posted on

Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan – Kunyit sudah diketahui sejah lama sebagai bahan rempah yang mempunyai banyak manfaat kesehatan dan dipercaya berguna dalam membantu detoksifikasi untuk kesehatan dan kecantikan. khasiat bubuk kunyit mulai populer di kalangan wanita demi mendapatkan perawatan dengan memadukan bahan alami lainnya. Lalu, apa saja manfaat kunyit untuk kecantikan? Yuk, simak sama-sama

manfaat kunyit untuk kecantikan

Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan Secara Menyeluruh

Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang tergolong dalam kelompok jahe-jahean yang dapat dijadikan obat alami dari asia tenggara. Hampir setiap bangsa Asia termasuk Indonesia dan India sering mengkonsumsi kunyit serta sering dijadikan bumbu masakan. Dipercaya, kunyit ini mampu menjaga kesehatan dan kecantikan.

Kandungan curcumin yang memberikan warna kuning pada kunyit berfungsi sebagai antioksidan dan antiinflamasi yang kuat sebagai antiseptik, sehingga mampu memperlambat proses penuaan dini dan mampu melawan radikal bebas. Dibawah ini adalah manfaat kunyit untuk kecantikan.

  • Mencerahkan Kulit

Manfaat kunyit untuk kecantikan yang pertama mampu mencerahkan kulit, karena mengandung antioksidan dan komponen antiinflamasi. dengan kandungan ini dapat memberikan kilau pada kulit. dengan kunyit juga dapat menghidupkan kembali kulit Anda dengan memancarkan cahaya alami.

Anda mungkin ingin mencoba masker wajah kunyit dirumah untuk melihat apakah bumbu memiliki efek positif pada kulit. Anda bisa mencampurkan madu dan kunyit untuk dijadikan masker, aplikasikan ke wajah anda, biarkan masker selama 15 menit hingga mengering lalu bersihkan dengan air.

  • Memperlambat Proses Penuaan Dini

Manfaat kunyit untuk kecantikan yang kedua menunda penuaan dini. Kunyit ini dapat melindungi sel-sel otak dan kulit dari kerusakan radikal bebas, meningkatkan konsetrasi dan memperlambat pembentukan garis-garis halus dan keriput. Dengan kandungan pigmen kurkuminoid yang mengaktifkan gen yang meningkatkan sintetis antioksidan tubuh.

  • Mengatasi Jerawat

Apakah Anda khawatir dengan jerawat atau bekas luka yang tak kunjung hilang. Kunyit merupakan solusi yang tepat untuk semua masalah yang berkaitan dengan jerawat. Karena sifat antibakterianya mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat, kandungan kurkumin juga menunjukan aktifitas anti mikroba yang menghambat bakteri P.acnes yang menyebabkan jerawat. sifat antioksidan dan antiinflamasinya juga bermanfaat dalam mengurangi tumbuhnya jerawat.

  • Mengontrol Kulit Berminyak

Memiliki kulit berminyak bisa menjadi mimpi buruk bagi setiap wanita. Minyak yang berlebih pada lapisan kulit luar sering menyebabkan komedo, jerawat, bruntusan, dan iritasi kulit lainnya. Kunyit memiliki sifat pengontrol minyak alami yang dapat membantu mengontrol sekresi minyak berlebih. Asam lemak dan pitosterol dalam kunyit membantu mengurangi kelebihan minyak. Jadi, dengan kunyit masalah minyak pada wajah dapat teratasi.

  • Melindungi dari Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya dapat menyebabkan kerusakan serius pada kulit. Kerusakan akibat sinar matahari dapat membuat kulit Anda terlihat kusam dan gelap. Dengan kunyit dapat melindungi kerusakan akibat matahari, karena sifatnya yang mencerahkan kulit dan anti penuaan, kunyit membantu menjaga kulit terhindar dari kerusakan akibat sinar matahari. Para ahli juga mengungkapkan bahwa efek dari ekstrak kunyit melindungi dari sinar UV, mencegah pembentukan keripu dan mengurangi timbulnya bintik hitam.

  • Mengatasi Stretch Marks

Kunyit sangat cocok untuk stretch mark. Ini, sekali lagi, karena kurkumin yang menembus membran sel. Kurkumin dikenal untuk mengubah sifat fisik membran sel dan karenanya, dapat menyembuhkan stretch mark juga. Anda juga bisa menggunakan kunyit dengan krim atau krim kental. Cukup tempelkan ramuan kunyit ini ke pinggang dan perut Anda sebelum mandi. Tunggu sekitar 20 menit biarkan perawatan meresap. Cuci pasta di bak mandi Anda.

Memiliki kecantikan bisa Anda dapatkan dengan mudah, murah dan alami yaitu manfaat kunyit untuk kecantikan sebagai perawatan kulit wajah. Sekarang, banyak orang yang lebih memilih dengan bahan alami karena tidak mau menggunakan kosmetik yang cenderung belum aman bagi pemakainya.

Sebelum memakai bahan alami kunyit ini, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter perawatan kulit. Semoga artikel ini dapat membantu. Terima kasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *