Manfaat jahe untuk kesehatan

Posted on

Manfaat jahe untuk kesehatan – Jahe merupakan tanaman obat yang termasuk rempah-rempah, tanaman ini banyak terdapat di negara indonesia dengan olahannya yang beragam. Olahan tersebut berupa jahe yang disajikan dalam bentuk minuman, atau digunakan sebagai bumbu masakan. Selain itu jahe bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat jahe untuk kesehatan

Manfaat jahe untuk kesehatan

Manfaat jahe untuk kesehatan bisa didapatkan karena jahe memiliki kandungan dibawah ini:

  • Kalium
  • Mangan
  • Tembaga
  • Magnesium
  • Vitamin C

Untuk mendapatkan manfaat dari jahe untuk kesehatan, anda dapat meminumnya sebagai wedang jahe yang dapat mencegah terjadinya masuk angin. Selain masuk angin, adan juga manfaat jahe untuk kesehatan tubuh, berikut contohnya:

Menetralkan mual

Terkadang disaat tubuh kita tidak berada dalam konsisi prima, atau bisa dibilang sedang tidak enak badan akan merasakan mual yang tak tertahankan. Rasa mual ini sangat mengganggu kenyamanan anda saat beraktifitas. Jahe mampu mengurangi rasa mual tersebut dengan sifatnya yang dapat menghangatkan dalam tubuh serta menenangkan dan merilekskan tubuh.

Menjaga berat badan

Jahe dapat memberikan rasa hangat pada tubuh serta meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, jahe juga dapat meluruhkan lemak, sehingga sangat cocok jika jahe dikonsumsi oleh orang yang sedang melakukan diet. Setelah anda mendapatkan hasil yang sempurna mengenai bentuk tubuh anda, anda dapat menggunakannya untuk menjaga kebugaran tubuh.

Melancarkan sistem pernapasan

Orang yang memiliki riwayat penyakit asma, ada kemungkinan suatu saat akan kambuh lagi. Masalah pernafasan ini sangat mengganggu dan membuat kita tidak nyaman dibuatnya. Anda dapat meminum air jahe hangat untuk meredakannya, selain penyakit asma, flu dan batuk juga dapat teratasi.

Meredakan Flu

Meminum jahe saat musim dingin atau tubuh terasa dingin akan sangat nikmat karena jahe mampu menghangatkan tubuh. Manfaat wedang jahe dapat mengeluarkan keringat, yang berarti bekerja untuk menghangatkan tubuh dari dalam. Selain itu, wedang jahe juga berkhasiat mengatasi pilek dan flu akibat dari cuaca yang dingin.

Melancarkan sirkulasi darah

Dengan meminum air jahe, anda akan mendapatkan kandungan berupa mineral, asam amino, dan protein. Dengan begitu jahe dapat melancarkan peredaran darah, karena kandungan tadi akan masuk kedalam pembuluh darah. Saat darah mengedarkan oksigen dan sari makanan keseluruh tubuh, resiko penyakit seperti jantung dan strok akan menurun.

Sebagai antioksidan

Antioksidan dapat membantu mencegah penyakit jantung, parkinson, alzheimer, kanker, dan masih banyak lagi. Didalam jahe terkandung antioksidan yang melawan oksigen reaktif atau Reactive Oxygen Species (ROS) yang menyebabkan stres oksidatif dan dapat merusak sel-sel tubuh. Tubuh anda secara alami membuat ROS, namun meminum alkohol, merokok atau mengalami stres kronis dapat meningkatkan produksi ROS. Dengan mengkonsumsi jahe yang mengandung antioksidan dapat mencegah dan melawan efek samping negatif ROS.

Itulah manfaat jahe untuk kesehatan yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsinya sebagai minuman. semoga bermanfaat dan bisa anda coba dirumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *