Manfaat daun saga untuk kesehatan

Posted on

Manfaat daun saga untuk kesehatan – Daun saga merupakan tanaman yang berasal dari kelompok tumbuhan yang merambat yang memiliki nama latin Abrus Precatorius. Tanaman ini sangat mudah ditemukan disekitar kita, biasanya dipinggiran jalan, kebun atau pekarangan rumah kita, kita dapat menemukannya. Karena sifatnya yang merambat ke batang inangnya, tumbuhan ini dianggap sebagai tanaman gulma atau pengganggu. Maka tak aneh jika kita sering menemui tanaman ini dibabat atau dibakar hingga habis. Padahal tanaman ini memiliki manfaat untuk merawat kesehatan.

Studi farmasi menyatakan bahwa daun saga memiliki kandungan vitamin dan mineral, dan kandungan kimia lainnya yang berguna untuk tubuh. Kandungan tersebut yaitu protein, Vitamin A, B1, B6, C, kalsium oksalat, glisirizin, glisirizim, flisirizinat, polygalacturomic acid, pentosan, saponin dan flavonoid.

Manfaat daun saga untuk kesehatan

Manfaat daun saga untuk kesehatan

Dengan kandungan yang melimpah, tak heran jika daun ini memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan. Ini juga terbukti dengan adanya masyarakat yang menggunakan daun ini untuk obat, misalnya obat radang amandel. Selain itu, masih ada lagi manfaat lain yang bisa anda dapatkan dari daun saga ini, berikut manfaat daun saga untuk kesehatan.

Meredakan Radang Amandel

Radang radang yang terjadi pada amandel karena pembengkakan yang diakibatkan oleh kuman atau virus. Penyakit ini biasanya terjadi pada anak-anak, namun bukan berarti orang dewasa terhindar dari penyakit ini. Gejala yang dirasakan pertama demam, panas tinggi, disusul dengan flu batuk, sakit tenggorokan hingga peradangan pada amandel. Jika ini terjadi, anda dapat menggunakan akar daun saga. Caranya dengan mencuci terlebih dahulu akar nya. Setelah itu rebus dengan air sebanyak 5 gelas dan dicampur dengan sepotong kayu manis dan gula sampai mendidih. Setelah air dingin, minumlah air tersebut setiap hari dipagi dan sore hari.

Mengobati Sariawan

Sariawan atau bahasa medisnya stomatitis adalah radang pada selaput mulut bagian dalam ditandai dengan bercak luka cekung yang rasanya cekung berwarna putih. Meski penyakit ini tidak berbahaya, namun masalah pada bibir sangatlah mengganggu, karena rasanya yang luar biasa perih. Kondisi ini dapat terjadi pada semua orang. Untuk mengatasinya anda dapat menggunakan beberapa helai daun saga. Caranya cukup dengan mengunyah tanpa ditelah daun saga yang telah dicuci dan dijemur hingga layu. Bisa juga dengan mengkumurkan air rebisan daun saga.

Mengatasi Peradangan Mata

Gatal, perih, berair dan pembengkakan pada mata merupakan tanda terjadinya radang pada mata anda. Selain daun saga dapat mengatasi radang amandel dan sariawan, daun saga juga dipercaya dapat mengatasi masalah pada mata salah satunya radang mata. Cukup dengan menggunakan beberapa helai daun saga secukupnya dan haluskan. Rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan beruap. Gunakan uapnya sebagai obat tetes mata. Untuk mengambilnya sebaiknya anda menggunakan penutup saat merebusnya hingga uap dapat mempel pada tutup dan mudah untuk mengambilnya.

Mengobati Batuk Kering

Batuk yang tidak berdahak maupun berdahak merupakan penyakit yang sangat mengganggu, apalagi saat kita berada ditempat umum mengalami batuk tidak kunjung reda. Sungguh ini dapat mengganggu aktivitas sehari hari ataupun orang sekitar. Penyakit ini dianggap penyakit ringan karena kita masih bisa bekerja walau batuk. Mengobati dengan obat biasanya akan memberikan rasa kantuk yang tentunya mengganggu aktivitas kerja. Solusinya anda bisa menggunakan daun saga yang dicampur dengan daun asam dan kayu manis. Caranya, ambil beberapa helai daun saga dan daun asam dan cuci hingga bersih. Rebus kedua bahan tersebut dengan kayu manis hingga mendidih. Minum air tersebut sebanyak 2 kali dalam sehari dengan takaran setengah gelas sekali minum untuk mengobati batuk kering.

Mengobati Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi juga dapat diatasi dengan daun saga. Yaitu dengan menggunakan Campuran daun selamanggim daun kejibeling, daun pegagan dan buah waluh putih. Caranya siapkan 10 helai daun saga dan campuran bahan tadi pada air yang mendidih sebanyak 3 gelas air. Tiriskan dan minum air tersebut setiap hari hingga tekanan darah anda normal kembali.

Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jangtung ditandai dengan berdebar jantung dengan kencang disertai keringat dingin yang mengucur deras. Jika anda didiagnosis memiliki penyakit jantung anda bisa mencoba terapi menggunakan daun saga. Caranya, yaitu dengan menggunakan 8 gram daun saga, 10 gram daun sembung, dan 5 gram kencur. Ketiga bahan tersebut rebus dengan air hingga mendidih. Dinginkan air tersebut tapi jangan sampai habis. Setelah itu, saring dan gunakan airnya untuk diminum.

Itulah manfaat daun saga untuk kesehatan, semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *