Manfaat daun pandan untuk kecantikan

Posted on

Manfaat daun pandan untuk kecantikan – Tanaman pandan sangat banyak ditemukan tumbuh di negara kita. Pandan sering digunakan dan sangat berguna bagi kita. Biasanya digunakan bagian daunnya. Daun tersebut digunakan biasanya sebagai bahan tambahan pada masakan agar masakan lebih sedap dan menambah nafsu makan.

Manfaat daun pandan untuk kecantikan

Manfaat daun pandan untuk kecantikan

Tanaman dengan nama latin Pandanus Amaryllifolius ini bukan hanya dimanfaatkan untuk makanan saja, ternyata juga sangat berguna untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk kesehatan, tanaman ini dapat menyembuhkan sakit kepala dan artritis, mengurangi nyeri, menurunkan demam, dan mempercepat penyembuhan usai melahirkan.

Selain dapat berguna untuk kesehatan, daun pandan juga berguna untuk kecantikan. Daun pandan dapat mengatasi permasalahan kulit seperti kulit berminyak, kulit berjerawat, komedo, dan flek hitam. Berikut ini beberapa manfaat daun pandan untuk kecantikan:

Mengatasi jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang sepele namun kita tidak boleh menyepelekannya karena dapat mengganggu penampilan kita. Selain itu, jerawa dapat meninggalkan bekas yang hitam pada wajah anda. Jerawat akan timbul biasanya diakibatkan oleh beberpa faktor seperti menjelang menstruasi, stres, atau makan makanan yang memicu jerawat seperti makanan berminyak. Untuk mengatasinya anda dapat menggunakan cara yang cepat seperti suntik jerawat, namun hal tersebut dapat membuat anda mengeluarkan uang yang tidak sedikit, anda dapat menggunakan pandan sebagai gantinya.

Membersihkan komedo

Komedo dapat terjadi pada kulit berminyak dan kulik kombinasi. Biasanya orang akan kesulitan untuk menghilangkannya dan sangat mengganggu penampilan. Dengan menggunakan daun pandan anda dapat mengatasi komedo dan menghemat uang anda karena anda tak perlu pergi kesalon kecantikan.

Cara menggunakannya yaitu dengan mengambil air perasan daun pandan lalu dicampur dengan air perasan jeruk nipis dan madu. Aduk hingga benar benar merata. Setelah itu, Aplikasikan bahan yang telah dibuat pada bagian yang terdapat komedo, misalnya daerah hidung dan dagu dan diamkan kurang lebih 15 menit lalu bersihkan.

Eksfoliasi kulit

Daun pandan yang dihaluskan dapat berfungsi sebagai eksfoliator yang efektif untuk mengangkat sel kulit mati. Ekfoliasi dilakukan untuk mengangkat segala kotoran dan sel kulit mati yang menempel pada permukaan kulit. Karena sel kulit kulit mati yang menumpuk pada kulit kita dapat menyebabkan kulit yang kusam dan tidak segar.

Jika anda ingin mencobanya, cuci daun pandan hingga bersih, kemudian haluskan dengan menumbuknya. Campurkan dengan madu atau minyak zaitun agar tidak menimbulkan iritasi atau masalah lain setelah melakukan eksfoliasi. Setelah tercampur rata, gosokkan dengan gerakan melingkar, kemudian diamkan selama 3 menit dan bilas dengan air yang dingin.

Menghilangkan flek hitam

Dengan kandungan vitamin dan senyawa antioksidan, daun pandan sangat bermanfaat untuk kecantikan wajah, salah satunya yaitu dapat menghilangkan flek hitam yang sebelumnya sulit untuk dihilangkan. Flek hitam dapat terjadi diakibatkan berbagai macam faktor. Namun yang paling umum ialah bekas jerawat, tanda penuaan, atau hiperpigmentasi.

Untuk menghilangkan flek hitam anda membutuhkan lidah buaya dan kulit jeruk sebgai tambahannya. Hancurkan semua bahan tersebut menggunakan blender lalu hancurkan hingga mudah untuk digunakan sebagai masker. Bersihkan terlebih dahulu wajah anda dengan pencuci wajah. Gunakan ramuan tadi pada wajah anda secara merata dan tunggu 20-30 menit hingga mengering dan bersihkan menggunakan air hangat.

Itulah Manfaat daun pandan untuk kecantikan yang bisa anda coba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *