Manfaat daun Mimba / Neem untuk kecantikan kulit wajah

Posted on

Manfaat daun Mimba / Neem untuk kecantikan kulit wajah – Mimba (Azadirachta indica A. Juss) Adalah tumbuhan yang tergolong dalam perdu/terna yang pertama kali ditemukan didaerah India. Tanaman yang dalam bahasa inggrisnya daun neem ini adalah tanaman yang dapat tumbuh didaerah tropis. Mimba ini dapat dimanfaatkan daunnya, bahkan kulit kayu, biji, akar, bunga dan buahnya bisa digunakan untuk kesehatan.

Manfaat daun mimba untuk kecantikan

Manfaat daun mimba untuk kecantikan

Daun mimba memiliki kandungan senyawa seperti Sitosterol, Hyperoside, nimbolide, Quercetin, dan masih banyak lagi. Dengan temuan kandungan-kandungan senynawa tersebut, membuat banyak produk kecantikan menggunakan daun mimba sebagai bahan dasarnya. Lantas, apasaja manfaatnya? Berkut manfaat daun mimba untuk kecantikan

Sumber antioksidan

Seperti yang kita ketahui, antioksidan dapat mencegah kerusakan sel dengan cara menangkal radikal bebas. Radikal bebas dapat merusak jaringan kulit yang mengakibatkan berbagai macam masalah seperti timbulnya tanda-tanda penuaan. Mengandung antioksidan karena dalam daun mimba terkandung banyak flavonoid seperti Quercetin, Katekin, Karoten, Asam askorbat. Komponen tersebut bersifat antioksidan yang sangat kuat.

Mengatasi jerawat

Jika anda mendapati jerawat diwajah, solusinya adalah dengan menggunakan daun mimba ini. Daun ini dipercaya dapat menghilangkan jerawat. Untuk mengatasinya anda cukup menggunakan air rebusan daun mimba. Caranya, ambil beberapa lembar daun mimba, lalu anda rebus daun tersebut dalam air hingga mendidih. Setelah mendidih, diamkan air hingga dingin. Lakukanlah cara tersebut secara rutin, agar jerawat yang anda derita dapat cepat menghilang.

Melembabkan kulit

Kulit kering dapat membuat kulit anda rentan terhadap masalah kulit seperti kulit kusam, kering dan kasar. Bahkan kulit yang kering juga dapat membuat munculnya tanda penuaan diwajah. Untuk mengatasi kulit kering, anda memerlukan hidrasi dan kelembaban pada kulit anda. Anda dapat menggunakan dau mimba untuk menghidrasi kulit anda. Dengan begitu wajah tampak sehat dan terlihat lebih muda dari sebelumbya.

Mencerahkan kulit wajah

Kecantikan tidak terlepas dari kulit yang cerah, dan daun mimba dapat melakukan hal itu. Daun mimba daoat mencerahkan kulit wajah dengan cara menggunakannya sebagai toner. Caranya cukup dengan menggunakan kapas yang telah direndam didalam air rebusan daun mimba. Lalu tempelkan pada wajah anda secara merata dan diamkan semalaman. Cara tersebut dapat membersihkan jerawat, luka, noda hitam dan tentunya mencerahkan wajah.

Mengurangi flek hitam dan pigmentasi

Flek atau pigmentasi dapat membuat kulit tampak kotor juga membuat kulit tampak kusam. Untuk mengatasi hal ini anda dapat menggunakan ramuan yang menggunakan mimba. Caranya, campur bubuk mimba dengan bubuk cendana, ekstrak kemanggi, dan air mawar hingga bertekstur krim. Setelah itu aplikasikan pada wajah hingga merata. Jika masker tersebut kering anda dapat membersihkannya dengan air yang bersih.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapat jika anda menggunakan daun neem atau nimba ini sebagai perawatan kecantikan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *