Manfaat daun ketumbar untuk merawat kecantikan

Posted on

Manfaat daun ketumbar untuk merawat kecantikan – Ketumbar merupakan rempah rempahan yang penting dalam beberapa masakan. Biasanya digunakan bagian buahnya dengan menggerus nya, ada juga yang tidak. Buah tersebut dikeringkan dan dijual-belikan, serta memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan. Bukan hanya buahnya yang kecil yang dapat digunakan, Daunnya juga dapat digunakan untuk merawat kesehatan, bahkan kecantikan.

Manfaat daun ketumbar untuk kecantikan

Inilah manfaat daun ketumbar untuk merawat kecantikan yang bisa anda lakukan dirumah

Tanaman ini memiliki nama lain jika pada obat yaitu Fructus Coriandri, dan jika di Amerika Latin dikenal sebagai Cilantro. Tanaman ini berasal dari eropa selatan dan sekitar laut Kaspia. Seperti yang kita ketahui, buahnya yang kecil sering kali kita gunakan untuk tambahan penyedap makanan. Namun daun ketumbar juga dapat digunakan, bahkan sangat berguna untuk kecantikan. Bagaimana cara menggunakannya? Berikut manfaat daun ketumbar untuk kecantikan.

Mencegah jerawat

Jerawat dapat timbul salah satunya dikarenakan aktivitas perkembangan bakteri pada kulit, lebih tepatnya pada pori-pori kulit wajah. Selain itu, perkembangbiakkan bakteri juga akan didukung oleh tersumbatnya kotoran serta sel kulit mati yang terdapat pada pori-pori. Solusinya anda harus rajin dalam membersihkan wajah, Gunakan juga daun ketumbar sebagai masker, karena dapat mencegah perkembangan, serta membasmi bakteri penyebab jerawat. Ini dikarenakan daun ketumbar mengandung antibakteri yang ampuh dalam membasmi bakteri di wajah.

Detoksifikasi kulit

Racun pada lapisan kulit atau didalam tubuh sangatlah buruk dan bisa menimbulkan berbagai masalah. Hal ini dikarenakan racun dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh, dan jika pada kulit racun akan menyebabkan munculnya jerawat. Yang harus anda lakukan ialah mengeluarkan racun tersebut. Anda dapat menggunakan daun ketumbar sebagai solusinya dengan menggunakannya secara oral ataupun dijadikan masker. Daun ketumbar sangat efektifa dalam proses detoksifikasi.

Mencegah peradangan

Terkadang kita merasa gemas pada jerawat yang terdapat pada wajah kita. Namun hal tersebut dapat menyebabkan kulit anda infeksi yang dapat memburuk menjadi peradangan. Jika anda mengalami hal ini, anda dapat menggunakan masker daun ketumbar sebagai solusinya. Daun ketumbar dapat menyembuhkan infeksi yang mencegah terjadinya perangan.

Merangsang produksi kolagen

Dalam tubuh manusia terdapat kolagen yang merupakan protein sangat penting dibutuhkan tubuh. Secara alami tubuh kita memproduksi kolagen dan jika kadar kolagen pada tubuh kita pas dapat membuat kita tampak awet muda. Untuk merangsang produksi kolagen sebenarnya ada banyak cara, salah satunya anda dapat menggunakan daun ketumbar. Ini dikarenakan daun ketumbar mengandung vitamin C yang dapat merangsang produksi kolagen dalam tubuh.

Mengandung antioksidan

Selain kolagen, antioksidan yang dibutuhkan kulit wajah dan tubuh kita juga berperan dalam melawan penuaan. Antioksidan berperan melawan penuaan dengan cara menangkal radikal bebas yang merupakan salah satu faktor terjadinya penuaan pada kulit. Selain antioksidan, asam linolenat yang terkandung dalam daun ketumbar juga dapat menangkal radikal bebas didalam darah.

Awet muda

Dengan kandungan antioksidan dan fungsinya juga dapat merangsang produksi kolagen, daun ketumbar ini memiki manfaat dapat menghambat proses penuaan. Antioksidan berperan dalam menangkal radikal bebas yang merupakan salah satu faktor terjadinya penuaan. Sedangkan kolagen dapat membuat kulit terjaga elastisitasnya sehingga kerutan dan garis halus tidak mudah muncul. Cara menggunakannya anda bisa mengkonsumsinya atau mengolahnya menjadi masker wajah.

Itulah beberapa Manfaat daun ketumbar untuk kecantikan yang bisa anda coba dirumah, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *