Manfaat daun basil untuk kecantikan

Posted on

Manfaat daun basil untuk kecantikan – Basil atau selasih ini adalah tanaman yang tergolong dalam tanaman terna, yaitu tanaman yang batangnya lunak karena tidak membentuk kayu. Tanaman ini dimanfaatkan daun, bunga, dan bijinya sebagai rempah rempah serta penyegar.

Tanaman ini juga sering sering digunakan dalam bahan bahan herbal dan dikenal sebagai raja ramuan.

Manfaat daun basil untuk kecantikan

Manfaat daun basil untuk kecantikan

Basil mengandung sejumlah vitamin, seperti folat, niasin, asam pantotenat, riboflavin, thiamin, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, dan elektrolit seperti sodium, kalium, mineral, kalsium, tembaga, zat besi, magnesium, mangan dan masih banyak lagi.

Dengan bahan bahan tersebut, basil memiliki manfaat untuk kecantikan, seperti apakah manfaat tersebut? Berikut Manfaat daun basil untuk kecantikan:

Memperlambat proses penuaan

Wajah yang terlihat tua akibat tanda-tanda penuaan seperti kerutan, garis halus dan adanya flek. Ini bisa saja terjadi karena beberapa faktor seperti seringnya terkena paparan sinar matahari berlebih. Maka untuk mencegah nya selalu menggunakan sunscreen sebagai pelingdung, dan pada malam harinya menggunakan krim malam untuk memperbaiki kerusakan akibat sinar UV. Selain itu anda juga dapat menggunakan basil, karena mengandung antioksidan yang tinggi yang dapat memberikan kemampuan untuk meremajakan kulit. Untuk menggunakannya anda dapat membasuhkan air rebusan basil atau meminumnya.

Mencerahkan wajah

Kulit yang cerah membuat seseorang terlihat fresh dan bercahaya. Meski jenis kulit kita gelap, jika kita rajin merawatnya hingga cerah dan bercahaya akan enak dipandang dan dicintai. Untuk mendapatkan kulit cerah, anda dapat mengunakan krim malam maupun siang untuk memperbaiki dan melindungi kulit dari polusi maupun paparan sinar matahari yang dapat merusak kulit dan menjadikan kulit kusam. Selain itu, anda dapat menggosokkan daun basil yang telah dihaluskan ke wajah anda. Masker daun basil dapat membuat wajah cerah bercahaya serta dapat membantu menghilangkan bintik hitam.

Meredakan infeksi pada kulit

Selain dapat mencerahkan dan mencegah penuaan dini, basil juga dapat meredakan infeksi pada kulit. Ini dikarenakan basil memiliki kandungan yang bersifat antibiotik yang dapat mencegah perkembangan bakteri seperti anthracis B dan E coli yang sering kali menyebabkan infeksi. Anda dapat menggunakannya dengan cara menggiling beberapa lembar daun 250 bersama minyak wijen dengan takaran 50:50 dan oleskan ke kulit yang bermasalah.

Mencegah jerawat

Jerawat dapat terkadi karena pori pori yang tersumbat oleh kotoran atau sel kulit mati. Biasanya jerawat tidak akan terasa begitu sakit, kecuali jenis jerawat yang meradang akan merasa sakit luar biasa jika disentuh. Daun basil memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur pada daunnya sangat cocok untuk merawat kulit berjerawat. Caranya, dengan menghaluskan daun basil dan mengaplikasikannya ke wajah anda, diamkan 20 menit dan bilas.

Itulah Manfaat daun basil untuk kecantikan yang bisa anda dapatkan jika mencobanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *