Bunga sepatu untuk kesehatan

Posted on

Bunga sepatu untuk kesehatan – Kembang sepatu merupakan tanaman semak jenis Malvaceae, yaitu merupakan kelompok tumbuhan dikotil yang mencangkup sejumlah tanaman budidaya penting, khususnya sebagai penghasil serat tekstil dan minyak. Tanaman ini berasal dari asia timur yang sering dipelihara sebagai tanaman hias. Di Indonesia, tanaman ini sangat mudah ditemukan dihalaman-halaman rumah seseorang sebagai tanaman hias, ataupun tumbuh liar di pinggiran jalan.

Manfaat bunga sepatu untuk kesehatan

Manfaat bunga sepatu untuk kesehatan

Bukan hanya sesosok bunga yang cantik, bunga ini menyimpan manfaat untuk kecantikan, bahkan untuk kesehatan. Bunga sepatu untuk kecantikan sudah kita bahas sebelumnya, untuk itu kali ini saya akan memberitahukan apa saja manfaat bunga sepatu untuk kesehatan. Berikut telah saya paparkan dibawah ini:

Mendetoksifikasi tubuh

Detoksifikasi tubuh adalah proses pengeluaran racun dari dalam tubuh. Proses ini biasanya terjadi ketika tubuh mendapatkan antioksidan yang cukup, karena antioksidan dapat mengeluarkan racun serta menangkal radikal bebas dari dalam tubuh. Kelopak bunga sepatu kaya akan antioksidan, dan ini bagus dalam proses detoksifikasi tubuh. Anda bisa dapatkan manfaat bunga sepatu ini dalam produk teh yang menggunakan kelopak bunga sepatu.

Mengobati diabetes

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Biochemical and Biophysical Research Comunications menunjukkan didalam kembang sepatu mengandung senyawa kimia yang bisa mengembalikan sensitivitas insulin dan mengendalikan diabetes. Asam ferulic merupakan salah satu polifenil yang berperan dalam mengobati diabetes terasebut.

Menurunkan kadar kolesterol

Antioksidan dalam kembang sepatu ini juga dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Hal ini dapat membantu melindungi kesehatan jantung dan mencegah kerusakan pembuluh darah. Menurut sebuah penelitian mengkonsumsi bunga sepatu yang diolah menjadi teh secara rutin dapat mengelola kadar gula darah secara efektif.

Menurunkan berat badan

Kandungan antioksidan dalam bunga sepatu sangat berperan dalam menjaga kesehatan tubuh. Antioksidan bermanfaat untuk mengeluarkan racun, lemak, dan kalori yang terjebak dalam tubuh. Dengan begitu anda dapat menurunkan berat badan, dan dengan turunnya berat badan anda akan senantiasa sehat tidak mudah terkena serangan penyakit.

Mencegah infeksi saluran kemih

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Asian Pascific Journal of Tropical Biomedicine menemukan sebuah manfaat dari bunga sepatu. Mereka menemukan bahwa kembang sepatu dapat bermanfaat untuk menjaga saluran kemih. Bunga sepatu memiliki kandungan yang bersifat antijamur dan antimikroba yang dapat mempengaruhi saluran kemih.

Meredakan demam

Kekurangan vitamin C akan membuat anda mudah terserang penyakit. Yang paling mudah terjadi ialah demam atau flu, oleh karena itu, cukupilah kebutuhan vitamin c anda. Bunga sepatu memiliki kandungan vitamin C yang cukup untuk membasmi virus yang menyebabkan flu. Dengan mengkonsumsinya sebagai minuman atau teh setiap hari, akan membuat anda menjadi lebih segar, juga tidak mudah terserang penyakit.

Itulah Bunga sepatu untuk kesehatan yang bisa anda dapatkan bila anda mengkonsumsinya secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *