Manfaat bunga matahari untuk merawat kecantikan

Posted on

Manfaat bunga matahari untuk merawat kecantikan – Bunga matahari merupakan tanaman hias yang berasal dari suku Asteraceae yang populer dan memiliki nama latin Helianthus annuus L. Bunga ini memiliki ciri khas bunga yang besar dan berwarna kuning terang, dengan kepala bunga yang besar. Sun flower ini sangat berguna untuk kita misalnya dapat dimanfaatkan sebagai minyak goreng.

Selain itu bunga matahari juga bisa dimanfaatkan dalam bahan pembuatan kosmetik dari minyak biji bunga matahari, karena perannya sebagai emolien. Emolien merupakan preparat kosmetik yang biasanya digunakan untuk melindungi, melembabkan kulit dan melumasi kulit.

Manfaat minyak bunga matahari

Manfaat bunga matahari untuk merawat kecantikan

Selain berperan sebagai emolien yang dapat melembabkan kulit dan melumasi kulit, bunga matahari juga memiliki kandungan lain seperti asam oleat, asam palmitat, lesitin, karotenoid, tocopherol, dan jumlah vitamin A, D dan E.

Dengan kandungan tersebut, Bunga ini sangat berguna dalam merawat kecantikan. Pada minyak biji bunga matahari, memiliki manfaat dalam merawar kulit secara alami. Memiliki sifat yang menenangkan dan melembabkan sangat baik untuk kulit. Langsung saja, Berikut manfaat minyak biji bunga matahari.

Melembabkan kulit

Seperti yang telah saja jelaskan diatas, sifat emolien yang terkandung didalam minyak bunga matahari dapat membantu menjaga kelembaban kulit. Maka minyak ini sering digunakan sebagai lotion, dapat juga digunakan untuk lotion bayi dan ini baik untuknya. Dapat juga digunakan sebagai minyak pijat atau urut yang dapat mengurangi infeksi kulit hingga hampir 14 persen. Dengan begitu sangat berguna untuk perawatan kulit sehari-hari.

Mengatasi kulit kering

Sifat emolien yang alami ini minyak bunga matahari dapat mengatasi masalah kulit kering dengan meningkatkan kapasitas penyimpanan air. Dengan begitu kulit akan selalu terjaga kelembabanya serta terhindar dari dari kulit kering dan sensitif. Untuk menggunakannya anda cukup mencampurkan minyak biji bunga matahari dengan minyak jarak. Kedua bahan tersebut kulit akan dilembabkan dan mengangkat kotoran serta sel kulitmati. Dengan begitu, bahan ini sangat cocok untuk mengatasi kulit kering.

Mengatasi jerawat

Minyak biji bunga matahari memiliki kandungan vitamin A, C, dan D serta karotenoid dan wax yang membentuk pelindung pada kulit yang sangat efektif dalam mengobati jerawat. Meskipun bersifat minyak, minyak ini bersifat ringan dan dapat diserap kulit tanpa menyumbatnya, Dengan begitu minyak ini dapat mengatasi masalah jerawat. Kandungan vitamin dan asam lemaknya berperan sebagai antioksidan yang membantu meregenerasi sel kulit dan menghilangkan bakteri penyebab jerawat.

Meningkatkan kesehatan kulit

Kandungan Vitamin E pada minyak bunga matahari sangat tinggi dibanding dengan produk perawatan kulit lainnya seperti minyak almond atau shea butter. Vitamin E memiliki peranan yang penting dalam menjaga dan mencegah kerusakan sel kulit oleh faktor tertentu seperti Sinar UV. Selain itu, Vitamin E dapat mempercantik wajah dengan mencegah bekas luka atau jerawat dam menyamarkan tanda penuaan.

Mengurangi tanda-tanda penuaan

Penuaan yang terjadi dapat diakibatkan oleh beberapa faktor misalnya diakibatkan oleh paparan sinar matahari yang berlebih pada kulit. Tanda tanda penuaan meliputi garis halus, kerutan, dll, dan kondisi ini dapat terjadi di usia remaja, jika kita tidak merawatnya, kondisi ini akan semakin memburuk. Anda juga dapat menggunakan minyak bunga matahari, dengan minyak bunga matahari wajah akan terlehat lebih cerah dan sehat. Karena, mengandung antioksidan tinggi yang dapat memelihara kecantikan kulit.

Itu dia Manfaat bunga matahari untuk merawat kecantikan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *