Manfaat bunga cempaka untuk kesehatan

Posted on

Manfaat bunga cempaka untuk kesehatan – Bunga cempaka merupakan tanaman hias yang biasa tumbuh di daerah tropis dan sub tropis. Tanaman ini banyak ditamukan di Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Cina Selatan. Jika di Indonesia, bunga ini dapat kita temukan didaerah Sumatera, Jawa, Sulawesi dan Maluku.

Manfaat bunga cempaka untuk kesehatan

Manfaat bunga cempaka untuk kesehatan

Bunga cempaka memiliki jenis yang berbeda dan tentunya warna dan bentuknyapun berbeda-beda. Namun diindonesia ditemukan 4 jenis bunga cempaka yang dinamai sesuai dengan warna bunganya. Sebelum mengetahui mengetahui manfaat bunga cempaka, berikut jenis-jenis bunga cempaka yang ditemukan diindonesia.

Cempaka putih

Bunga cempaka putih yang populer di indonesia ini memiliki nama latin Michelia alba, dan dapat tumbuh sampai 30 meter. Pada ranting nya, terdapat bulu halus yang berwarna keabu-abuan. Bunga cempaka putih ini memiliki warna kehijauan saat masih muda, pada saat mekar, bunga menjadi warna putih bersih. Bunga ini biasanya digunakan pada upacara adat, contohnya seperti menghias pusaka, hiasan saat upacara pernikahan, atau kematian seseorang sebagai bunga tabur.

Cempaka Merah

Bunga yang termasuk kedalam Magnoliaceae, memiliki warna merah mudah. Memiliki ukuran bunga 5-7Cm dengan kelopak yang tesusun rapi. Bunga ini cuman dapat mekar dalam waktu 2 jam. Meski begitu, bunga ini termasuk bunga langka dan banyak kolektor tanaman yang ingin memilikinya. Harga bunga ini juga terbilang sangat mahal, sekuntum bunga cempaka dapat mencapi harga 1-3 juta rupiah. Hal ini dipengaruhi oleh sulitnya mengembangbiakan tanaman ini. Sehingga keberadaannya menjadi langka dan harganya pun mahal.

Cempaka Ungu

Memiliki nama latin Magnolialiliflora, ada juga yang menyebutnya dengan nama Purple magnolia atau Red magnolia. Bunganya indah, berwarna ungu terang dan memiliki aroma yang sangat wangi. Bunga yang dapat bermekaran pada saat awal musim hujan ini tumbuh baik didataran tinggi dengan suhu lingkungan 20-26 derajat celcius.

Cempaka kuning

Disebut dengan nama cempaka wangi, karena memiliki wangi yang khas, serta dapat tumbuh diketinggian 25 meter, dengan daun berbentuk telur bulat hijau cerah dengan ujung runcing. Bunganya memiliiki warna sesuai dengan namanya, kuning kejinggaan. Aromanya sangat wangi, sampai-sampai untuk merasakan wanginya anda tidak perlu mendekatkannya ke hidung.

Dari aneka ragam jenis bunga cempaka, semuanya memiliki manfaat untuk kesehatan. Berikut Manfaat bunga cempaka untuk kesehatan:

Menghilangkan Bau Badan

Bau badan memanglah hal yang mengganggu kepercayaan diri, Karena orang akan merasa tidak nyaman didekat anda. Bau badan terjadi karena keringat yang bercampur dengan bakteri dan kuman penyebab bau badan. Bisa juga terjadi karena pakaian yang kita pakai. Untuk menghilangkan bau badan anda dapat menggunakan bunga cempaka. Caranya dengan mandi menggunakan air rebusan bunga cempaka. Dengan wanginya bunga cempaka dapat menetralisir bau badan.

Mengatasi perut kembung.

Perut kembung membuat perut terasa penuh dan kencang, serta perut juga menjadi lebih besar atau mengembung. Hal ini tentu membuat seseorang terasa tidak nyaman dan terkadang orang dengan kondisi ini akan sering kentut, bersendawa, dan perut rasanya seperti bersoda. Siapa sangka, bunga cempaka dapat mengatasi perut kembung dengan cara mencampurkan cempaka putih bersama kulit jeruk keprok, jahe, dan kapulaga. Rebus bahan bahan tersebut dan minum airnya saat sedang hangat.

Mengatasi radang saluran pernapasan

Radang saluran pernapasan merupakan salah satu gangguan pada saluran pernapasan dan akan mengakibatkan infeksi saluran pernapasan akut yang biasa dikenal dengan ISPA. ISPA dapat terjadi karena adanya infeksi pada bagian tenggorokan, sinus, saluran udara, atau paru-paru. Infeksi yang terjadi biasanya diakibatkan virus. Maka dari itu, baiknya kita untuk menjaga kesehatan agar tercegah dari ISPA. Anda dapat menggunakan daun cempaka putih, umbi bunga lili, dan kulit jeruk mandarin kering. Semua bahan dicampur dalam air yang mendidih dan minum air rebusan tersebut saat sudah hangat.

Mengatasi sinusitis

Sinusitis adalah penyakit yang terjadi karena terdumbatnya jaringan sinus yang ada di hidung oleh bakteri, virus, dan jamur. Penyumbatan biasanya berbentuk cairan, sehingga akan timbul peradangan dan bisa mengakibatkan infeksi. Bunga cempaka dapat dijadikan sebagai solusi untuk mengatasi sinusitis dengan mencampurkan daun mint dan bawang putih. Rebus semua bahan menggunakan 800 ml air, minum setiap dua kali dalam sehari.

Itulah Manfaat bunga cempaka untuk kesehatan yang bisa anda dapatkan dengan beberapa campuran bahan alami lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *