Manfaat bunga calendula untuk kecantikan kulit

Posted on

Bunga Calendula merupakan tanaman yang tumbuh di daerah mediterania. Tanaman ini memiliki bunga yang dapat tumbuh hingga 61cm dengan panjang daun 5-15cm. Diameter bunga calendula bisa mencapai 10cm. Bunga ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh tanaman lain, yaitu terdapat dua warna bunga yang berbeda dalam satu pohon, yaitu kuning dan jingga. Calendula sering digunakan untuk merawat kecantikan, Karena manfaat bunga calendula terbukti dapat merawat kecantikan.

Manfaat bunga calendula untuk kecantikan

Manfaat bunga calendula untuk kecantikan kulit

Tanaman yang dikenal dengan nama marigold ini juga termasuk kedalam jenis antiviral, yaitu tumbuhan yang mampu membunuh dan melemahkan virus. Tumbuhan ini juga sering digunakan untuk berbagai kebutuhan baik didunia kuliner, kosmetik maupun medis.

Berikut manfaat bunga calendula untuk kecantikan:

Bersifat Antibakteri

Calendula bersifat antiseptik serta anti mikroba yang berguna untuk mempercepat luka yang terdapat pada kulit. Selain itu kulit yang terluka akan meninggalkan bekas noda berupa bekas luka yang hitam dan mengganggu penampilan. Dengan menggunakan calendula, anda luka anda akan lebih cepat sembuh dan mencegahnya meninggalkan noda yang mengganggu. Bunga ini juga cocok untuk mereka yang menderita exzema, dermatitis, serta psoriasis.

Bersifat Antiinflamasi

Bunga calendula kaya akan vitamin serta senyawa seperti sterol, beta karoten, dan karetonoid. Selain kandungan tersebut, bunga ini memiliki sifat antiinflamasi yang sangat kuat. Dengan begitu, bunga ini dapat mengatasi gangguan diwajah seperti jerawat, bengkak, dan gangguan peradangan lainnya. Bunga ini bisa digunakan untuk obat luar atau dijadikan sebagai teh. Jika anda mengalami memar, varisesm atau keseleo, anda dapat mencoba tanaman ini.

Mengatasi jerawat

Jerawat dapat timbul karena pori pori tersumbat oleh kotoran dan terjadi infeksi yang diakibatkan oleh bakteri pada kulit wajah. Hal tersebut dapat terjadi apabila kita tidak merawat wajah, terutama dalam membersihkan wajah. Solusinya gunakan salep untuk meredakan jerawat yang meradang, namun anda juga dapat menggunakan bunga calendula untuk mengatasinya. Hal ini dikarenakan calendula bersifat antiinflamasi sekaligus antibakteri sehingga dapat menyembuhkan jerawat dengan lebih cepat. Dengan menggunakan bunga calendula juga dapat mencegah jerawat datang kembali.

Mencegah penuaan dini

Penuaan yang terjadi pada wajah kita akan membuat kita dicap sebagai orang yang sudah tua, padahal umur masih muda. Ini dikarenakan kulit kita sering terkena polusi, terpapar sinar UV berlebihan, dan malas merawat kecantikan kulit yang membuat kulit menjadi kering. Jika ini terjadi pada kulit anda, anda dapat mencoba untuk menggunakan calendula. Bunga ini dapat menyembuhkan kulit yang rusak sekaligus membuat kulit terlihat lebih muda dan lembut.

Menjaga kelembaban kulit

Calendula mampu melembabkan kulit dengan memberikan hidrasi pada kulit wajah. Selain dapat menghidrasi kulit, Bunga calendula ini juga dapat menjaga kelembaban itu sendiri. Jika kita memiliki kulit dengan kelembaban nya yang terjaga, akan sangat berguna, Karena kulit yang lembab dapat membuat nya sehat. Selain itu dengan kulit yang terjaga kelembabannya, kulit akan senantiasa terlihat lebih muda dan kencang.

Itulah Manfaat bunga calendula untuk kecantikan kulit, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *