Manfaat akar seledri untuk kesehatan tubuh

Posted on

Manfaat akar seledri untuk kesehatan tubuh – Seledri sering kali kita manfaatkan daun dan batangnya untuk dimakan sebagai sup atau lalapan. Dieropa, tanaman ini dimanfaatkan bukan hanya daunnya saja, bahkan akarnya juga sering digunakan sebagai makanan. Dan ternyata benar, akarnya dapat kita manfaatkan.

Berbagai manfaat akar seledri untuk kesehatan tubuh

Manfaat akar seledri untuk kesehatan tubuh

Akar seledri ternyata berkhasiat dan dapat kita manfaatkan sebagai bahan makanan. Bentuknya menyerupai wortel, ada juga yang bulat, dan kerap disebut dengan akar hamburg, sering ditemukan pada masakan di seluruh benua eropa.

Tanpa basa-basi, berikut Manfaat akar seledri untuk kesehatan tubuh:

Kaya nutrisi

Akar seledri mengandung banyak nutrisi, kandungan nutrisi tersebut seperti dibawah ini

  • Kalori
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Protein
  • Lemak
  • Vitamin C
  • Vitamin B9
  • Kalium
  • Magnesium
  • Seng
  • Fosfor
  • Besi

Dalam akar seledri tersimpan kandungan vitamin dan mineral essensial, terutama vitamin C, folat, dan seng. Selain itu akar seledri ini dapat memenuhi 20% dari kebuthan serat harian anda serta rendah lemaj dan kalori. Untuk mengolahnya, sama dengan cara kita merebus umbi-umbian.

Antioksidan yang kuat

Akar seledri bisa kita sebut sebagai umbi, atau juga syuran tergantung kita mengolahnya. Didalamnya terkandung antioksidan yang kuat yang mampu menjaga kesehatan tubuh. Kandungan antioksidan yang tinggi mampu mengurangi stres serta menagkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh.

Radikal bebas jika sudah masuk kedalam tubuh apalagi dalan kadar yang tinggi dapat menyebabkan penyakit. Myristicin dan Apiol, merupakan dua antioksidan yang terdapat pada akar seledri, dan merupakan dua antioksidan yang paling berperan yang terdapat pada akar seledri. Selain itu, Akar seledri juga mengandung banyak Vitamin C yang membantu mencegah penyakit.

Melawan peradangan

Tentu saja manfaat ini bisa didapat dari akar seledri karena mengandung sifat antiinflamasi. Peradangan dapat terjadi karena salah satu respon sistem kekebalan tubuh dalam melindungi jaringan tubuh. Akar seledri mengandung senyawa myristicin, apiol, furanocoumarin, senyawa tersebut bersifat antioksidan dan antiinflamasi.

Selain itu, juga mengandung beberapa vitamin dan mineral seperti Vitamin C, seng, dan magnesium, mengatur respons peradangan dalam tubuh anda. Akar seledri yang disajikan bersama sayuran yang kaya nutrisi dapat mengurangi peradangan dan membantu mencegah kondisi kronis tertentu, termasuk penyakit jantung , osteoporosis, dan kanker.

Mentoksifikasi tubuh

Berbagai enzim dalam tubuh dapat menyingkirkan sejumlah racun yang masuk kedalam tubuh, bisa lewat makanan, minuman, obat, menghirup udara dll. Salah satunya Glutathione yang merupakan antioksidan yang diproduksi oleh hati anda, memainkan peran yang penting dalam proses detoksifikasi.

Ada sebuah studi yang menunjukan bahwa jus akar seledri dapat meningkatkan jumlah glutathione dan enzin lainnya secara signifikan. Penelitian ini dilakukan menggunakan seekor tikus yang disuntikan obat yang sangat beracun. Dalam penelitian tersebut menunjukan bahwa jus akar seledri mampu melindungi tubuh terhadap paparan senyawa berbahaya. Meski begitu, kita tidak tahu apakah ini efektif pada manusia, tetapi tidak ada salahnya mencoba.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Akar selerdi adalah sumber serat dan vitamin C yang merupakan nutrisi penting yang berguna untuk sistem kekebalan tubu. Satu porsi mentah akar seledri dapat memenuhi setengah kebutuhan vitamin C harian dan 20 persen kebutuhan serat harian dapat terpenuhi.

Vitamin C memang sudah dipercaya dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh, hal ini didasari dengan kemampuannya yang dapat melawan segala penyebab penyakit. Selain itu, serat dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik di saluran pencernaan, sehingga saluran pencernaan akan lancar. Dengan lancarnya pencernaan, nutrisi makanan dapat terserap sempurna dan kekebalan tubuh dapat meningkat.

Mencegah kanker

Kandugnan serat dalam akar seledri berguna untuk mengurangi resiko kanker usus besar, indung telur, kepala, dan leher. Selain itu, sebuah studi menemukan bahwa ekstrak akar seledri dapat menghambat pertumbuhan dan proliferasi sel-sel kanker payudara. Walau terdengar sangat baik, penelitian akar seledri ini perlu dilakukan lebih lanjut.

Itulah beberapa Manfaat akar seledri untuk kesehatan tubuh yang belum banyak diketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *