Macam-macam daun untuk kecantikan kulit wajah

Posted on

Macam-macam daun untuk kecantikan kulit wajah – Dalam tanaman terdapat macam-macam bagian yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sesuai dengan jenis pohonnya. Misalnya pohon yang berbuah lezat yang dapat dimanfaatkan buahnya untuk dimakan, ada juga yang manfaatkan bagian lainnya untuk pengobatan luar atau dalam. Ada juga yang memanfaatkan daun jenis tanaman tertentu untuk merawat kecantikan.

Macam-macam daun untuk kecantikan

Macam-macam daun untuk kecantikan

Biasanya dedaunan tertentu memiliki manfaat untuk merawat kesehatan yang digunakan sebagai obat, ada juga yang memanfaatkan daun jenis tertentu sebagai lalapan atau sayur-sayuran. Namun, tahukah anda diantara dedaunan yang sering digunakan tersebut memiliki fungsi lain yaitu untuk kecantikan? Berikut Macam-macam daun untuk kecantikan kulit wajah.

Daun saga

Macam-macam daun untuk kecantikan kulit wajah

Dalam daun saga terkandung banyak vitamin, protein dan nutrisi yang dapat membuat kulit menjadi tampak sehat dan cerah bercahaya. Daun saga mampu membuat kulit menjadi lembab, halus, menghambat penuaan, dan juga dapat digunakan untuk merawat kesehatan rambut. Kandungan gliserin dapat membuat kulit menjadi lembab. Daun saga memiliki antioksidan yang dapat membuat kulit lebih tahan dari kerusakan-kerusakan kulit yang mengancam.

Daun Seledri

Macam-macam daun untuk kecantikan kulit wajah

Seledri merupakan sayuran dan tumbuhan obat yang sering digunakan dalam masakan. Daun ini sering dimasukan dalam bahan masakan seperti sup, jus, bahkan lalap. Tanaman ini terkenal baik untuk menjaga kesehatan. Bukan hanya untuk kesehatan, daun seledri juga berguna untuk kecantikan. Daun seledri dapat mencegah terjadinya jerawat, komedo dan kulit kusam, ini dikarenakan daun seledri memiliki kandungan vitamin A yang baik dalam mengontrol minyak pada kulit. Karena produksi minyak berlebih merupakan faktor utama kulit berjerawat, komedo dan kulit kusam. Selain itu, kulit berminyak juga membuat makeup sulit untuk diaplikasikan pada wajah, bahkan mudah luntur.

Daun cincau

Macam-macam daun untuk kecantikan kulit wajah

Cyclea Barbata atau yang sering kita kenal sebagai daun cincau ini adalah daun obat yang sering digunakan sebagai minuman segar atau dipadukan dengan eskrim yang lezat. Daun cincau ini mengandung serat, kalsium, lemak, karbohidrat, protein, fosfor, vitamin A, vitamin C, dan vitamin B1. Kandungan tersebut baik untuk kesehatan dan itulah alasan daun cincau disebut-sebut sebagai tanaman obat. Bukan hanya dapat mengobati penyakit tertentu, daun cincau juga dapat membuat kulit menjadi cantik. Kandungan vitamin C nya dapat membuat kulit menjadi cerah, kulit bernoda dapat tersamarkan seperti flek, bekas luka atau noda bekas jerawat. Selain itu, kandugan sifat antioksidannya dapat membuat kulit awet muda, karena dapat melindungi kulit dari berbagai macam ancaman seperti serangan radikal bebas yang dapat merusak kulit.

Daun pandan

Macam-macam daun untuk kecantikan

Tanaman ini sering digunakan untuk membuat makanan terasa lezat. Bukan hanya untuk penyedap makanan, daun pandan ini juga dapat dimanfaatkan untuk merawat kecantikan kulit wajah. Daun pandan ini dapat mengatasi masalah kulit seperti kulit berminyak, kulit berjerawat, komedo dan flek hitam. Anda dapat menggunakan daun panda sebagai pembersih komedo atau sebagai eksfoliasi kulit. Daun pandan untuk kecantikan dapat digunakan dengan menggunakan tambahan bahan seperti minyak zaitun, garam, madu, atau bahan alami lainnya.

Ginkgo biloba

Macam-macam daun untuk kecantikan

Tanaman ini merupakan tanam tua yang dapat hidup hingga 1000 tahun lamanya. Terdapat sekitar 40 komponen yang berkhasiat yang didominasi oleh terpenoid dan flavonoid. Ginkgo biloba dapat digunakan untuk kecantikan, seperti dapat melindungikulit dari paparan sinar matahari yang dapat membuat kulit rusak dan timbul tanda-tanda penuaan. Tanaman ini juga bersifat antiinflamasi yang dapat mengatasi berbagai macam jenis peradangan pada kulit.

Daun sirsak

Macam-macam daun untuk kecantikan

Sirsak merupakan buah yang memiliki duri besar dan tajam namun lentur dan tidak akan menusuk kulit. Buah ini sangat nikmat jika kita mengolahnya menjadi jus. Selain buah, daun sirsaknya juga dapat disorot dari manfaatnya untuk kecantikan. Daun sirsak untuk kecantikan dapat mengobati jerawat, membersihkan komedo, memutihkan wajah, dan menyamarkan flek hitam. Gunakan daun sirsak sebagai Masker wajah yang digunakan dengan mencampurkannya bersama bahan-bahan lain seperti madu atau minyak zaitun.

Daun ketumbar

Macam-macam daun untuk kecantikan

Ketumbar adalah bumbu masakan yang diolah dengan cara menggerusnya. Buah atau biji ketumbar sangat baik untuk kita, bahkan daunnya dapat digunakan untuk merawat kulit anda. Daun ketumbar dapat mencegah jerawat, karena dapat mencegah perkembangan bakteri dan menghilangkannya dari permukaan wajah. Dengan begitu, komedo dan jerawat tidak muncul pada wajah anda. Anda dapat menggunakan daun ketumbar sebagai masker wajah.

Daun mint

Macam-macam daun untuk kecantikan

Merupakan daun sumber vitamin A dan C yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Selain itu, daun ini memiliki kandungan asam salisilat yang dapat memberikan rasa segar pada kulit saat digunakan pada kulit. Dengan efek rasa segar tersebut, Peradangan anda akan teratasi. Bukan hanya itu. Daun mint dapat membersihkan pori-pori, Mengatasi jerawat, menghilangkan komedo, Dan mencerah kan kulit.

Daun basil

Manfaat daun basil untuk kecantikan

Basil mengandung sejumlah vitamin, seperti folat, niasin, asam pantotenat, riboflavin, thiamin, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, dan elektrolit seperti sodium, kalium, mineral, kalsium, tembaga, zat besi, magnesium dan masih banyak lagi. Daun basil untuk kecantikan karena daun basil dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV layaknya sunscreen. Selain itu, daun basil juga dapat membuat kulit cerah, berguna untuk meredakan infeksi pada kulit, serta dapat mencegah timbulnya jerawat. Anda dapat mengolah daun basil menjadi masker dengan campuran bahan alami lainnya.

Daun sambiloto

Macam-macam daun untuk kecantikan

Mungkon mendengar namanya banyak orang yang tidak tahu terhadap jenis tumbuhan yang satu ini. Tanaman ini merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat dan sangat menyehatkan tubuh, dan juga dapat dimanfaatkan untuk merawat kecantikan kulit wajah. Daun ini dapat menghilangkan jerawat, menghilangkan flek hitam, Memutihkan kulit, Menghilangkan bekas luka, dan dapat menyembuhkan kudis. Gunakan daun sambiloto sebagai masker dengan campuran bahan lain seperti minyak zaitun, madu, susu, dan jeruk nipis.

Mimba

Macam-macam daun untuk kecantikan

Daun ini memiliki kandungan senyawa seperti sitosterol, Hyperoside, Nimbolide, Quercetin dan masih banyak lagi. Dengan kandungan tersebut, banyak dari produk kecantikan yang menggunakan daun mimba. Daun mimba adalah sumber antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel kulit yang diakibatkan oleh radikal bebas. Selain itu, Daun mimba memiliki manfaat lain seperti dapat mengatasi jerawat, melembabkan kulit, mencerahkan kulit wajah, mengurangi flek hitam dan pigmentasi.

Daun kelor

Macam-macam daun untuk kecantikan

Tanaman dengan nama latin Moringa Oleifera ini adalah sala satu tanaman dari tanaman perdu. Biasanya orang menggunakan daun ini sebagai sayuran atau Obat. Daun kelor yang disajikan bersama bayam dan jagum manis tempe goreng, ikan asin goren dan sambat tomat kukus, akan menggugah selera makan ketika kita melihatnya. Bukan hanya enak disajikan dengan sayuran, Daun kelor ini kaya akan vitamin A, C, dan E. Vitamin C pada daun kelor mampu menyingkirkan racun dan kotoran yang terdapat pada kulit sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat. Selain itu, Daun kelor ini dapat memperlambat penuaan, mencerahkan kulit, menghilangkan flek, dan mendetoks kulit.

Daun jambu

Macam-macam daun untuk kecantikan

Jambu biji memiliki kulit keras yang dapat dimakan langsung dan rasanya enak. Baik buah dan daunnya, keduanya memiliki khasiat dalam kesehatan, Namun daun jambu biji bukan hanya berkhasiat untuk kesehatan, juga untuk kecantikan. Daun jambu dapat membersikan komedo dengan sedikit tambahan bubuk kunyit, Mengurangi jerawat dan bintik hitam, Menghilangkan keriput denganmenggunakan air rebusan daun jambu. Juga dapat mengencangkan dan mencerahkan kulit dengan menggunakannya sebagai eksfoliator.

Itulah macam-macam daun untuk kecantikan kulit wajah yang dapat digunakan dengan mudah, murah dan aman. Dicukupkan sekian dan semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *