Macam-macam bunga untuk kecantikan kulit wajah anda

Posted on

Macam-macam bunga untuk kecantikan – Bunga merupakan bagian dari tanaman yang memiliki makna mendalam ketika kita memandangnya. Ada yang melambangkan kesenangan, duka, kasih sayang, bahkan ada juga bunga yang bernuansa horor. Namun tujuan kita kali ini tidak untuk membahas makna dari berbagai macam jenis bunga. Untuk merawat kecantikan, makna dari jenis bunga tidak berlaku dan mengandalkan ilmu pengetahuan.

Macam-macam bunga untuk kecantikan

Macam-macam bunga untuk kecantikan kulit wajah anda

Bunga yang digunakan untuk merawat kecantikan biasanya didasari dengan hasil penelitian dan bukti bahwa kandungan atau khasiat dari bunga tersebut dapat bereaksi baik pada kulit kita. Apa sajakah jenis bunga tersebut? Berikut macam-macam bunga untuk kecantikan:

Bunga daisy

Manfaat bunga daisy untuk merawat kecantikan

Globularia alypum atau bunga daisy ini mengandung antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak kulit. Selain itu, vitamin C, polifenol, tartaric dan malic acid, Arbutin, dilengkapi dengan sifat antibakteri dan antiinflamasi. Antibakteri sangat berguna dalam menyembuhkan luka dan jerawat. Dan antiinflamasi nya dapat meringankan peradangan pada kulit, misalnya jerawat yang meradang.

Bunga calendula

Manfaat bunga calendula untuk kecantikan kulit

Tanaman berbunga yang dikenal dengan marigold ini termasuk kedalam jenis antiviral, yaitu tumbuhan yang mampu membunuh perkembangan bakteri. Bunga ini sering digunakan dalam bentuk makanan, minuman, medis, dan bahkan kosmetik. Bunga calendula memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri, sehingga sangat bagus untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit dan juga dapat mengatasi masalah jerawat yang meradang. Selain itu, bunga ini juga dapat menjaga kelembaban kulit dan keremajaan kulit.

Bunga lavender

Manfaat bunga lavender untuk kecantikan

Jenis bunga yang satu ini pasti kebanyakan dari kalian sudah tak asing lagi. Bunga ini sering digunakan dalam bahan pengharum ruangan karena memang bunga lavender memiliki aroma yang menenangkan. Selain itu, bunga ini dapat digunakan untuk merawat kecantikan. Bunga ini diolah dan diekstrak hingga berbentuk minyak untuk merawat kecantikan kulit. Minyak yang didapat dari ekstrak bunga lavender memiliki manfaat diantaranya dapat mengatasi jerawat, mendetok kulit, memudarkan bekas luka, mengurangi ruam dan menyehatkan rambut.

Bunga teratai

Manfaat bunga teratai untuk merawat kecantikan kulit

Teratai merupakan tanaman berbunga yang tumbuh mengambang di atas air dan memiliki bentuk bunga yang cantik. Selain bentuknya yang cantik, bunga ini sering kali ditemukan pada produk kecantikan ternama. Dengan kandugan didalamnya bunga ini dapat memperlambat proses penuaan pada kulit, Meredakan peradangan dan mengatasi kulit berminyak.

Bunga matahari

Manfaat bunga matahari untuk merawat kecantikan

Dengan warnanya yang kuning dan bentuk yang besar, pantas disebut dengan bunga matahari. Bunga ini memiliki biji dan dapat diolah menjadi makanan yang kita kenal dengan kuaci. Untuk merawat kulit, bunga matahari dimanfaatkan minyaknya, dan dapat melembabkan kulit, mengatasi kulit kering, mengatasi jerawat, Meningkatkan kesehatan kulit dan mengurangi tanda penuaan. Hal ini didasari dengan kandungan didalamnya seperti emolien yang dapat melembabkan kulit dan Vitamin E yang dapat menjaga keremajaan kulit dan mencegah terjadinya kerutan diwajah.

Bunga mawar

Bunga mawar untuk kecantikan

Biasanya bunga mawar sering kali kandungannya ditemukan pada toner. Hal ini dikarenakan ekstrak bunga mawar dapat mengatur keseimbangan pH kulit, begitupun dengan toner. Selain itu, ekstrak bunga mawar sering kali kita temukan dalam bentuk air. Air bunga mawar ini dapat menghilangkan jerawat, Menghilangkan bekas jerawat, dan mencegah penuaan dini. Ini dikarenakan bunga mawar mengandung sifat antibakteri dan kaya vitamin C yang berguna untuk mencegah timbulnya tanda penuaan.

Bunga melati

Bunga melati untuk kecantikan

Cantik juga harum, bunga ini sangat populer dan menjadi maskot bunga indonesia lantaran banyak dipakai untuk berbagai acara sakral. Bunga melati memiliki senyawa kimia seperti indole, linalcohol, asetat benzilic, alkohol benzilic, dan jasmon. Melati dapat membantu menghaluskan kulit, mencegah penuaan dini, dan mengobati jerawat. Anda dapat menggunakan bunga melati sebagai masker dengan campuran air sari lemon, Atau diolah menjadi teh melati.

Bunga kenanga

Bunga kenanga untuk kecantikan

Dalam bunga kenanga terkandung zat kimia yang dapat mengobati beberapa penyakit. Kandungan tersebut yaitu Flavonoid, Saponin, dan Minyak Atsiri. Kandungan minyak atsirinya memiliki bau yang khas mengandung beberapa komponen penting yang dapat digunakan sebagai insektisida alami. Komponen tersebut antara lain eugenol, farnesol, asam benzoat, geraniol, safrol, eugenol, kadinen, bensin asetat, linalool, dan pinen. Bunga ini memiliki kegunaan untuk kesehatan yaitu dapat mengobati pusing, demam, mual-mual, sakit kepala, nyeri otot, nyeri sendi, dan dapat meringankan haid. Selain itu, juga dpaat mengatasi kulit kering meringankan bau badan, dijadikan bahan lulur, dan dapat mengatasi jerawat.

Bunga sepatu

Manfaat bunga sepatu untuk kesehatan

Pada bunga sepatu Terkandung AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan Vitamin C dapat membuat kulit anda cerah. Kandungan tersebut dapat mencerahkan wajah dengan cara mengangkat sel kulit mati yang dapat membuat kulit tampak kusam. Selain itu, kandungan vitamin C nya dapat meningkatkan proses regenerasi kulit sehingga kulit terhindar dari tanda penuaan seperti keriput.

Bunga sage

Manfaat Bunga Sage Untuk Kulit dan Rambut

Sage berasal dari mediterania dan eropa selatan timur. Dengan aroma yang menyenangkan, bunga ini memiliki kandungan yang berguna untuk membuat kulit tampak cantik. Diantaranya bunga sage dapat mengobati masalah kulit seperti infeksi, karena memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi. Selain itu juga dapat mencegah penuaan dini karena mengandung antioksidan, sehingga dapat mencegah timbulnya tanda tanda penuaan.

Itulah Macam-macam bunga untuk kecantikan kulit wajah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *