Kesalahan Memakai Sunscreen

Posted on

Kesalahan Memakai Sunscreen – Memakai sunblock atau sunscreen setiap hari sebelum keluar rumah atau ketikan sedang liburan di pantai merupakan hal yang wajib dilakukan agar kulit selalu terlihat cantik dan terlindungi. Tapi apakah cara memakai sunscreen yang Anda lakukan setiap hari sudah benar? Beberapa orang masih ada kesalahan dalam pemakaian sunscreen yang awalnya melindungi kulit justru menjadi menimbulkan masalah kulit lainnya. Untuk itu, kami akan memberikan penjelasan seputar kesalahan memakai sunscreen yang harus Anda ketahui.

Kesalahan memakai sunscreen

Kesalahan Memakai Sunscreen Yang Perlu Anda Diketahui

sunscreen adalah salah satu perlengkapan wajib bagi yang sering beraktivitas di ruang terbuka, utamanya di bawah sinar matahari. Dan dari beberapa riset ilmiah, ternyata ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan orang saat menggunakan sunscreen. Kesalahan tersebut bukan hanya membuat kulit tidak terlindungi, akan tetapi bisa menimbulkan risiko kanker kulit akibat paparan sinar matahari langsung (UV). Nah, mari ketahui apa saja kesalahan memakai sunscreen sehingga Anda lebih mengetahui dan bisa menghindari kesalahannya tersebut.

  • Hanya Memakai di Luar Ruangan

Kesalahan Memakai Sunscreen yang pertama ini seringkali diabaikan, berada di dalam ruangan ternyata tidak menjamin kulit kita terlindungi dari paparan sinar matahari. Sinar yang dipancarkan oleh matahari mengandung ultraviolet A dan B (UVA dan UVB). Dan ternyata, sinar UVA tetap bisa menembus kaca meskipun kita berada dalam ruangan.  Meskipun gelombang sinar UVA tidak menimbulkan rasa terbakar pada kulit, namun sinar ini bisa masuk lapisan kulit paling dalam dan menjadi penyebab penuaan dini bahkan kanker.

Meskipun matahari pun tampak baik-baik saja dan bahkan tidak terlihat terik, bukan berarti jika sinarnya tidak berbahaya.  Karenanya, sunscreen tetap perlu dipakai untuk mencegah kulit kita terpapar dari sinar UVA yang bisa nembus awan ini.

  • Tidak Memakainya Secara Menyeluruh

Apakah Anda sudah mengoleskan sunscreen ke seluruh bagian tubuh yang terkena sinar matahari? beberapa kesalah memakai sunscren dengan tidak menyeluruh. Bagian-bagian yang sering terlewatkan adalah belakang telinga, kelopak mata, pangkal hidung tepat di bawah dahi, kepala yang botak, dan di bawah bibir. Padahal titik-titik itu rentan terkena dampak buruk paparan sinar matahari langsung.

  • Menggunakan Hanya Ketika Matahari Bersinar Terik

Kesalahan memakai sunscreen selanjutnya dengan memakainya saat matahari terik. Seringkali tidak merasa perlu mengenakan sunscreen jika cuaca berawan dan matahari tidak kelihatan. Jika matahari tidak terlihat, maka sinarnya tidak berbahaya. Itu anggapan kita. Dan ternyata salah. Awan memang mengurangi intensitas sinar matahari, terutama cahaya yang tampak. Namun tidak menghambat ultraviolet. Jadi walau matahari tidak bersinar terik karena cuaca berawan, sunscreen tetap diperlukan untuk menjaga kulit.

  • Tidak Memakai Secara Berulang

Mungkin Anda sudah memilih produk sunscreen yang baik dan menggunakannya secara menyeluruh dan menghindari. Namun selama berjam-jam beraktivitas di luar ruangan, ada kesalahan memakai sunscreen dengan lupa mengoleskan kembali. Harus diingat jika sunscreen tidak bertahan seharian.  Angka yang ada dalam SPF itu menunjukkan durasi di mana sunscreen bisa melindungi kulit Anda. 1 dalam SPF sama dengan 10 menit. Misalnya saja SPF 15 artinya kulit kita terlindungi dari sinar matahari selama 150 menit.

Karenanya, jangan lupa untuk mengoleskan kembali sunscreen selama 2 atau 3 jam setelah menggunakannya. Meskipun SPF nya yang dipakai besar, jangan lupa kalau kulit Anda juga berkeringat, jadi lapisan sunscreen juga dapat terhapus oleh keringat Anda.

  • Mengoleskan Sunscreen Tidak Benar

Memakai dengan terlalu tipis akan membuat pemakaian sunscreen ini percuma. Saat ini ada banyak sekali pilihan produk sunscreen yang beredar di pasaran. Sista bisa memilih yang bahannya tidak lengket di kulit jika dipakai. Cara pemakaiannya juga bisa diakali dengan cara membaginya menjadi dua tahap. Layar petrama oleskan secara tipis dan merata pada seluruh wajah, tunggu hingga meresap, lalu ulangi lagi.

Kesalahan memakai sunscreen kedua yang sering dilakukan adalah mengoleskan sunscreen setelah kulit terasa panas. cara tersebut tidak baik. Sunscreen sebaiknya dipakai paling enggak 15 menit sebelum Anda beraktivitas diluar ruangan di bawah sinar matahari. Beberapa bahan aktif sunscreen baru akan bekerja setelah beberapa saat menempel di kulit, sehingga Anda perlu memakainya lebih awal. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *