Kebiasan Yang Memicu Penuaan Dini

Posted on

Kebiasan Yang Memicu Penuaan Dini – Setiap wanita pasti mendambakan kulit yang terlihat awet muda dan terhindar dari tanda penuaan, seperti garis halus dan kerutan pada kulit. Tetapi, seiring bertambahnya usia, secara alami kulit Anda akan mulai menua yang menimbulkan garis halus dan perubahan tekstur.

Kebiasan Yang Memicu Penuaan Dini

Kebiasan Yang Memicu Penuaan Dini Seharusnya Anda Ketahui

Untuk menghindarinya, sekarang banyak wanita yang menggunakan produk perawatan kulit anti aging agar tanda penuaan pada kulit menghilang. Akan tetapi, sebelum memakai produk skincare, alangkah baiknya kita mengetahui kebiasaan yang memicu penuaan dini pada kulit, karena jika tidak tahu, mungkin Anda seringkali melakukan bagian dari aktifitas yang dapat memicu penuaan dini. Berikut adalah kebiasaan yang memicu penuaan dini yang seharusnya Anda ketahui sejak awal.

1. Sering Terpapar Asap Rokok

Selain membahayakan untuk kesehatan tubuh, terlalu sering terpapar asap rokok ini menjadi penyebab penuaan dini dan menurunkan kesehatan kulit Anda. hal ini dikarenakan kandungan dalam asap rokok pasif, seperti nikotin, tar, dan karbon monoksida lebih berbahaya karena tidak adanya filter pada rokok. Hal ini menyebabkan menumpuknya enzim perusak kolagen MMP pada kulit dan menyebabkan mulai terlihatnya penuaan dini pada kulit.

Untuk mengatasi kebiasaan yang memicu penuaan dini, cobalah untuk menghindari asap rokok dari perokok aktif yang ada disekitar Anda. Lalu, pilihlah produk skincare yang mengandung zat antioksidan di dalamnya. Karena antioksidan merupakan kandungan yang ampuh menangkal radikal bebas, termasuk asap rokok yang berpotensi memicu rusaknya jaringan kulit.

Selain itu, Anda bisa menggunakan serum vitamin C secara rutin sebelum menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit sekaligus menjadikannya agar terlihat tetap segar dan awet muda.

2. Sering Menguap

Jika tidak mendapatkan tidur yang cukup di malam hari, tentu Anda akan sering menguap di siang harinya. Ketika Anda menguap, hal tersebut akan memicu mata Anda untuk sering berair dan menyebabkan bengkak, baik di malam hari dan di pagi harinya saat bangun tidur. kelebihan cairan ini akan melemahkan elastisitas jaringan di sekitar mata, dan timbulnya kerutan di daerah tersebut. Seperti yang Anda ketahui, area sekitar mata merupakan daerah di kulit wajah yang paling mudah terkena kerutan dan garis halus. Lalu, seiring bertambahnya usia, kulit akan mulai kehilangan elastisitasnya.

Jika kerutan ini sudah banyak muncul, maka semakin lama akan semakin sulit pula untuk kembali ke bentuk normalnya. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu mendapatkan tidur yang cukup setiap malam dan tak pernah absen dalam  mengaplikasikan overnight eye serum untuk merawat area sekitar mata tetap terjaga kelembapannya.

3. Kebiasaan Minum Menggunakan Sedotan

Gerakan berlebihan pada wajah yang dilakukan itu kebiasan yang memicu penuaan dini pada kulit wajah. Hal ini dikarenakan gerakan wajah yang berlebihan dapat memecah serat kolagen dan elastin pada kulit Anda. Gerakan yang berulang ini juga tanpa sadar sering Anda lakukan saat minum menggunakan sedotan.

Saat minum dengan sedotan, Anda harus membuat gerakan menarik di bibir, yang mana nantinya akan menyebabkan munculnya garis-garis halus dan kerutan di sekitar mulut apabila sering melakukannya. Oleh karena itu, meminum langsung dari pinggir gelas lebih disarankan daripada menggunakan sedotan untuk menghindari munculnya kerutan di wajah Anda.

4. Tidak Mengenakan Sunscreen Saat Cuaca Berawan

Saat cuaca tengah mendung atau berawar, sebagian dari anda mungkin ada yang tidak memakai sunscreen karena berpikir tidak adanya sinar matahari. ini merupakan kebiasaan yang memicu penuaan dini. Sinar matahari yang mengandung UV yang mampu menembus awan. Jadi, meskipun kondisi cuaca saat itu sedang berawan dan seolah tidak ada sinar matahari, sebetulnya sinar matahari tetap ada di sekeliling Anda, walau tidak seterik pada biasanya.

Sinar matahari inilah yang dapat menyebabkan kerusakan pada bagian kulit, yang disebut dengan elastin jika selalu terpapar dalam jangka waktu yang lama. Elastin yang rusak berkontribusi pada hilangnya elastisitas kulit, sehingga mengakibatkan berkurangya elastisitas, yang mana termasuk kebiasan yang memicu penuaan dini Seharusnya Anda Ketahui. Oleh karena itu, lupa dalam penggunaan sunscreen sebelum beraktivitas sehari-hari, meskipun cuaca tidak seterik biasanya.

5. Posisi Tidur yang Sama

Tahukah Anda jika kebiasaan yang memicu penuaan dini adalah ketika tidur? Jika Anda terbiasa tidur dengan posisi menyamping, kulit Anda akan sering bergesekan dengan permukaan bantal, sehingga memicu munculnya garis halus di sekitar pipi. Selain itu, hindari kebiasan yang memicu penuaan dini posisi tidur tengkurap karena kulit wajah akan mengikuti arah gravitasi, menyebabkan kulit wajah Anda mudah kendur dan tertarik ke bawah. Anda dapat membiasakan diri untuk tidur dengan posisi telentang agar kulit wajah melawan gravitasi, menghalanginya untuk tertarik ke bawah dan mencegah timbulnya kerutan pada kulit wajah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *