Jerawat muncul di bibir? Apa penyebab dan Bagaimana mengatasinya?

Posted on

Jerawat muncul di bibir? Apa penyebab dan Bagaimana mengatasinya? – Jerawat yang muncul diwajah sangat mengganggu penampilan, apalagi bekasnya. Bukan hanya di wajah, ternyata jerawat juga dapat muncul di area kulit mana saja salah satunya di bibir. Jerawat yang meradang di bibirbukan hanya mengganggu penampilan, bahkan juga membuat anda tidak nyaman dibuatnya.

Apa penyebab muncul nya jerawat di bibir?

Jerawat muncul di bibir? Apa penyebab dan Bagaimana mengatasinya?

Jerawat adalah masalah kulit yang terjadi akibat adanya sumbatan pada folikel rambut di permukaan kulit yang berisi sebum atau material lain. Biasanya jerawat dapat tumbuh pada kulit yang memiliki banyak kelenjar minyak seperti wajah, leher, punggung, dada, pundak, dan bahu.

Dalam beberapa kasus, jerawat ditemukan muncul di bibir bagian luar. Masalah kulit ini sebenarnya masalah yang berbeda dengan jerawat. Kondisi tersebut adalah infeksi virus herpes simpleks. Penyakit ini ditandain dengan benjolan yang menyerupai jerawat, makannya orang mengira kondisi tersebut adalah jerawat padaha bukan.

Lalu apa perbedaan jerawat dan Herpes simpleks?

Supaya tidak keliru, perbedaan diantara keduanya adalah jerawat dapat tumbuh dimana saja, sedangkan herpes simpleks dapat tumbuh hanya di beberapa area seperti bibir dan area kemaluan.

Selain itu, masih ada hal yang membedakan diantara keduanya, berikut berbedaannya:

  • Herpes terasa gatal dan perih walau dibiarkan, Sedangkan jerawat akan terasa sakit setelah disentuh
  • Biasanya herpes ditandai dengan kulit seperti melepuh dan berisi cairan didalamnya. Sedangkan jerawat hanya benjolan berisi nanah didalamnya.
  • Herpes muncul secara berkelompok dan jerawat hanya muncul pada beberapa titik saja.
  • Jerawat tidak bersifat menular, sedangkan herpes simpleks dapat menular ke orang lain.

Untuk menguatkan apakah itu jerawat atau bukan, Herpes pada bibir akan disertai dengan gejala herpes lainnya seperti demam, kelelahan, nyeri otot, serta pembengkakan kelenjar getah bening disekitar leher yang terasa sakit.

Faktor resiko munculnya jerawat di bibir

Seseorang dapat mengalami munculnya jerawat di bibir jika orang tersebut memiliki ciri seperti dibawah ini;

  • Jenis kulit berminyak
  • Infeksi bakteri kulit
  • Perubahan hormon, misalnya saat pubertas atau kadar hormon androgen yang meningkat.
  • Faktor keturunan
  • Efek samping dari obat obatan seperto kortikosteroid, lithium, obat epilepsi atau obat antikejang dan testosteron
  • Makanan yang mengandung susu, cokelat, serta gula atau tinggi karbohidrat
  • Stres yang berlebihan dan kurang istirahat
  • Iritasi kulit
  • Paparan polusi, debu dan kotoran

Bagaimana cara mengatasi jerawat di bibir?

Dengan menjauhi faktor yang menjadi penyebab munculnya jerawat dibibir, anda bisa terhindar dari masalah kulit tersebut. Namun, juka memang sudah ada, berikut cara mengatasinya:

  • Rutin mencuci wajah dan rambut

Sebaiknya anda membiasakan mencuci wajah duakali dalam sehari dengan sabun yang berbahan lembut dan ringan. Selain itu, keramas juga dengan sampo jika rambut terasa berminyak, karena rambut berminyak dapat memicu munculnya jerawat diwajah juga di kulit kepala.

  • Gunakan produk pembersih wajah yang aman

Gunakan produk pembersih wajah yang aman digunakan, yaitu dengan berhati hati pada kandungan scrub, detergen, masker dan astrigent wajah. Kandungan tersebut beresiko membuat kulit anda iritasi yang memicu jerawat. Untuk lebih jelasnya, sebaiknya anda konsultasikan dengan dokter.

  • Menggunakan obat jerawat

Gunakan obat jerawat yang mengandung benzoil peroksida, sulfur, resorcinol, atau asam salisilat untuk mengurangi produksi minyak berlebihan. Karena minyak berlebih merupakan salah sati faktor utama yang menyebabkan tumbuhnya jerawat.

Untuk mengatasi herpes simpleks, perhatikan waktu istirahat anda dan mengkonsumsi obat pereda nyeri jika diperlukan. Jika anda berkonsultasi dengan dokter, anda akan di berikan obat antivirus yang sesuai dengan anda.

Mungkin itu saja informasi tentang Jerawat muncul di bibir, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *