Jenis Make Up Mata

Posted on

Cara dan Jenis Make Up Mata Yang Perlu Diketahui Oleh Wanita – Tahukah kamu, apa saja sih jenis make up mata dan bagaimana caranya? Agar semakin mempesona, tak ada salahnya untuk mempelajari tutorial make up mata yang akan kita bahas ini. Pasalnya, mata adalah jendela hati manusia. Tak heran kalau ia menjadi bagian wajah yang paling sering dilihat saat berbicara. Riasan ini bisa membuat Kamu semakin ekspresif dan menarik. Bahkan dalam tutorial make up natural pun, riasan mata juga tidak boleh diabaikan begitu saja. Apalagi kalau Kamu memang sedang ingin menghadiri acara atau event spesial yang membutuhkan riasan penuh.

Bagi yang berjilbab pun, riasan ini bisa digunakan untuk menambah kesan menarik pada wajah dan menghindari kesan monoton. Karena pada saat itu, Kamu tak dapat mengeksplorasi gaya rambut. Jadilah mata yang ditonjolkan selain gaya berjilbab itu sendiri.

Jenis Make Up Mata

Jenis Make Up Mata Yang Wajib Diketahui Oleh Wanita

Ada banyak jenis riasan mata yang bisa dipelajari, mulai dari yang paling sederhana sampai profesional. Masing-masing bisa memberikan kesan tersendiri dan cocok digunakan di kesempatan berbeda. Namun setidaknya, Kamu perlu mengetahui lima jenis riasan dasar yang sering dipakai wanita ini. Dengan demikian, Kamu tak perlu repot pergi ke salon untuk tampil beda saat harus ke kantor atau pesta.

Selain lebih praktis dan hemat waktu, biaya untuk dKamun di salon pun dapat ditekan. Jadi, uangnya bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan lain atau ditabung. Kira-kira, riasan apa saja yang akan kami bagi untuk Kamu? Tak perlu panjang lebar, simak daftarnya berikut ini.

  • Natural

Seperti namanya, make up mata natural ini memberi kesan alami dan cocok dipakai sehari-hari. Misalnya saja untuk acara santai seperti arisan atau pergi ke mal. Riasan ini juga sesuai untuk wanita karir yang sibuk bekerja. Kamu bisa tetap terlihat segar meski tak punya banyak waktu untuk berdKamun, apalagi ke salon.

Langkah-langkahnya cukup sederhana. Pertama-tama, aplikasikan concealer untuk meratakan warna kulit dan menyamarkan kantung hitam. Gunakan eyeshadow yang sesuai dengan warna kulit seperti nude dan krem di kelopak. Kalau mau, tambahkan warna yang sedikit lebih tua atau pink lembut di atasnya agar semakin segar. Pertegas garis mata dengan menggunakan eyeliner. Sapukan sedikit maskara atau pakai bulu mata palsu tipis agar tidak terlalu menor sebagai sentuhan akhir.

  • Cut Crease

Cut crease adalah teknik yang mempertegas bagian lipatan kelopak dengan eyeshadow. Teknik ini sudah sering dipakai para selebriti sejak tahun 1960-an termasuk oleh Audrey Hepburn. Selain garis pada lipatan, cut crease biasanya menggunakan warna kontras untuk bagian atas dan bawah kelopak. Permainan warna ini akan menghasilkan ilusi sehingga mata tampak lebih besar. Cut crease bisa dipakai sendiri atau dikombinasikan dengan teknik lain. Misalnya smokey eyes atau shimmer agar kesan glamor dan anggun lebih terpancar.

Cara membuatnya sendiri sedikit lebih rumit dibandingkan teknik lain. Apalagi kalau kelopak Kamu tunggal atau tidak memiliki lipatan. Namun, jangan khawatir karena Kamu masih bisa membuat garis ilusi. Biasanya, yang sering dipakai adalah hitam. Bisa juga memakai warna yang lebih terang seperti pada tutorial make up mata di atas. Lengkapi juga dengan eyeliner dan maskara agar jendela hati lebih ekspresif.

  • Cat Eyes

Jenis make up mata yang harus Kamu ketahui berikutnya adalah cat eyes alias mata kucing. Riasan ini sangat populer baik di Barat maupun Korea. Cat eyes bahkan sering dipakai dan menjadi ciri khas beberapa selebriti. Di antaranya Taylor Swift yang hampir tak pernah lepas darinya. Cat eyes hampir mirip dengan winged eyeliner. Hanya saja, ukuran ekornya lebih kecil sehingga lebih “aman” dipakai oleh para wanita yang kurang percaya diri dengan riasan tebal. Ekornya sama-sama naik ke atas sehingga memberi kesan ekspresif, berani, dan seksi.

Efek yang dihasilkannya berkebalikan dengan puppy eyes yang membuat pemakainya terlihat sayu. Untuk mendapatkan cat eyes yang sempurna, perhatikan cara memakai eyeliner-nya. Buatlah garis tipis terlebih dahulu sebelum menebalkannya agar tidak berantakan.

  • Shimmery

Shimmer bisa memberikan efek kilau sehingga penampilan terkesan lebih mewah. Cocok untuk digunakan saat menghadiri pesta dan dipadukan dengan kebaya atau gaun lainnya. Untuk Kamu yang berani tampil beda, pilih shimmer dengan warna bold atau terang. Namun jika belum terlalu percaya diri, pilihlah warna natural dan ringan seperti pastel. Jika takarannya pas dan tidak berlebihan, riasan shimmery natural ini juga cocok untuk sehari-hari. Malah bisa membuat wajah lebih segar dan berkilauan.

Aplikasi shimmer di sudut dalam kelopak pun bisa membuatnya terlihat lebih besar. Jadi, cocok digunakan sebagai tutorial make up mata sipit.

Riasan ini bisa juga dipakai untuk tutorial make up mata pengantin. Biasanya, warna yang dipakai adalah silver karena senada dengan gaun pengantin yang umumnya putih. Namun, kalau pernikahan digelar dengan adat Indonesia yang warna busananya bermacam-macam, warna shimmer-nya juga bisa disesuaikan.

  • Smokey Eyes

Ingin tampilan yang seksi, misterius, sekaligus mempesona? Kamu bisa mengikuti tutorial make up mata smokey eyes di atas. Riasan ini sebenarnya tergolong klasik dan sudah digunakan sejak lama. Yakni sejak 1920-an saat para artis Barat mulai memakainya.

Akan tetapi, tak perlu khawatir dicap ketinggalan zaman jika memakainya. Sampai saat ini pun, smokey eyes tetap populer dan digandrungi kaum hawa. Smokey eyes paling cocok dipakai untuk riasan pesta. Sesuai juga untuk para wanita muslimah yang memakai jilbab modern maupun syar’i. Apalagi perempuan Islami biasanya sering memakai celak.

Itu dia jenis make up mata yang perlu diketahui kaum wanita. Mengetahui jenis riasan dasar ini akan memudahkan diri kita untuk membuatnya terlihat lebih cantik sehari-hari. Agar riasan lebih awet, Kamu bisa menggunakan primer sebelum memulai langkah pertama. Primer pun dapat membantu menyiapkan kulit sehingga hasil akhirnya terlihat lebih lembut. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca, terima kasih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *