Jenis-jenis cacar

Posted on

Jenis-jenis cacar – Apa itu cacar? Cacar merupakan salah satu penyakit kulit. Penyakit ini berupa bintik-bintik kecil yang berisi cairan dengan jumlah yang banyak pada kulit. Cacar bisa diakibatkan oleh bakteri atau virus yang memberikan rasa sakit sesuai dengan jenis cacarnya.

Jenis-jenis cacar

Jenis-jenis cacar

Penyakit cacar dapat menular dengan cara kontak langsung dengan kulit. Namun pada jenis tertentu ada yang dapat menular hanya dengan bersin dan batuk. Lalu, apa sajakah jenis cacar yang ada? Berikut adalah jenis-jenis cacar.

Cacar air

Jenis-jenis cacar

Penyakit kulit ini adalah penyakit kulit yang terjadi disebabkan oleh Virus Varisela Zoster. Cacar air dapat dialami oleh anak-anak, namun tidak sedikit juga orang dewasa mengalami cacar air ini.

Cacar air ini dapat diderita oleh orang hanya satukali selama masa hidupnya, namun ada kemungkinan juga dapat muncul kembali. Ini dikarenakan ketika cacar sembuh, Virus tidak akan musnah seluruhnya. Virus Varisela akan bersembunyi didalam sel ganglion dorsalis sistem saraf sensoris penderita.

Walaupun begitu, jenis cacar ini dapat hilang dalam beberapa hari dan akan mengelupas dengan sendirinya. Bagaimana cara mengatasinya? Untuk pengobatan cacar air, tergantung pada tingkat keparahan cacar air tersebut. Tindakan yang pertama harus dilakukan ialah dengan mengkonsumsi banyak air minum, dan hindari menggaruk area cacar. Sebaiknya hubungi dokter agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Cacar Api

Jenis-jenis cacar

Jika cacar air terjadi diakibatkan oleh virus, cacar api ini terjadi diakibatkan oleh bakteri S. aureus atau S. pyogenes. Bakteri tersebut dapat menyebabkan kealinan pada tubuh, salah satunya adalah cacar api yang juga dikenal dengan istilah ipetigo bullosa.

Cacar api dapat terjadi pada orang yang pernah mengalami cacar air. Biasanya cacar api tidak akan menyerang kebagian tubuh, dan hanya menyerang kebagian wajah dan sekitar mulut dan hidung. Namun ada juga yang mengalami cacar api di bagian ketiak, lipatan paha dan tangan, dan cacar api ini memiliki ukuran lebih besar dari cacar air.

Untuk mencegah penularan pada area lain atau pada orang lain sebaiknya anda menutup luka cacar ini. Hindari juga menggaruk luka cacar, menggunakan baju yang lembut dikulit dan mandi dengan air dingin.

Cacar ular

Jenis-jenis cacar

Jenis cacar ini dapat timbul setelah mengalami penyakit cacar air, seperti yang telah dijelaskan, virus penyebab cacar tidak akan sepenuhnya hilang. Mereka hanya melemah dan tidak mengacau pada kulit anda, seolah anda tak memiliki masalah kulit. Virus tersebut akan bangkit kembali pada waktu yang tepat.

Waktu yang tepat untuk virus aktif kembali ialah saat daya taha tubuh kita sedang menurun. Cacar ular berbeda dengan kedua jenis cacar lainnya, yaitu bintik yang terjadi hanyalah dibagian tertentu dan terasa nyeri dan terbakar.

Kebanyakan orang tidak melakukan pengobatan tertentu karena akan sembuh dengan sendirinya.

Gejala penyakit cacar

Orang dengan penyakit cacar ini dapat membuat seseorang mengalami gejala tertentu. Gejala yang dapat dialami penderita cacar ialah sebagai berikut:

  • Demam
  • Menggigil
  • Sesak nafas
  • Nyeri persendian
  • Pegal pada bagian tubuh

Itulah Jenis-jenis cacar yang perlu anda ketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *