Jambu biji untuk kesehatan

Posted on

Jambu biji merupakan jenis tanaman tropis yang beasal dari brazil yang menyebar di indonesia melalui thailand. Memiliki warna kulit yang umum berwarna hijau dan biji berwarna merah atau putih. Selain mudah ditemukan di negara kita, ternyata buah jambu biji ini juga memiliki manfaat yang melimpah untuk kesehatan.

Manfaat jambu biji untuk kesehatan

Jambu biji untuk kesehatan

Jambu biji mengandung berbagai macam mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan yang tinggi tersebut ialah Vitamin A, Vitamin C, Asam folat, Vitamin B6, Vitamin B3, Kalium, Mangan, magnesium dan tembaga. Yang perlu anda ketahui ialah kandungan vitamin C dalam jambu biji mampu melebihi kandungan vitamin C pada buah jeruk. Selain itu, jambu biji merah juga merupakan buah yang tinggi serat.

Dari kandungan diatas, jambu biji memiliki manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat jambu biji untuk kesehatan:

Sumber antioksidan

Dengan kandungan Vitamin C yang tinggi, tak diragukan lagi bahwa jambu adalah sumber antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dari tubuh. Radikal bebas yang terdapat didalam tubuh dapat membuat anda lebih beresiko terkena penyakit bebahaya termasuk tumor dan kanker. Maka, baiknya kita mengkonsumsi makanan yang kaya antioksidan seperti jambu biji ini.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Selain buahnya, daun jambu biji dapat merawat kesehatan gigi dan mulut. Masalah yang timbul pada gigi dan mulut sebagian besar diakibatkan oleh infeksi bakteri. Daun jambu memiliki peranan penting yaitu bersifat antimikroba yang memberikan peranan mengatasi berbagai masalah pada gigi dan mulut. Contohnya nyeri gigi, gusi bengkak, sariawan, dan sebagainya.

Menjaga sistem pencernaan

Jambu biji memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yang dapat memenuhi sekitar 12% serat yang dibutuhkan setiap harinya. Buah serta daunnya memang sudah digunakan sejak lama sebagai obat untuk mengatasi masalah pencernaan. Memiliki sifat antimikroba yang ada dalam jambu mampu untuk mengatasi gangguan seperti diare. Selain itu, jika anda sering Mengkonsumsi jambu biji, resiko berbagai gangguan pencernaan akan menurun.

Menurunkan kolesterol dan tekanan darah

Selain manfaat diatas, jambu juga dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. Hal inilah yang menjadikan jambu sebagai buah yang baik untuk kesehatan jantung. Kandungan serat dalam jambu biji memiliki peran dalam metabolisme lemak, Sehingga dapat menurunkan kolesterol LDL dan mencegah terjadinya pembentukan plak pada pembuluh darah. Dalam jambu juga terkandung kalium yang memiliki manfaat yaitu membantu mengontrol tekanan darah.

Mengatasi gejala diabetes

Selain dapat menurunkan diabetes, jambu biji juga bermanfaat untuk merunkan kadar gula darah. Ini karena serat yang masuk kedalam tubuh tidak akan diserap oleh tubuh, sehingga tidak akan menyebabkan kenaikan gula darah. Selain itu, sera mampu membuat kita merasa kenyang lebih lama. Maka jambu batu sangat cocok untuk orang yang menderita diabetes.

Mengatasi DBD dengan mengingkatkan trombosit

Jambu dipercaya dapat meningkatkan trombosit, Jadi pasien demam berdarah yang kekurangan trombosit akan sangat disarankan untuk mengkonsumsi jambu. Untuk mendapatkan mandaat ini anda dapat menggunakan buahnya juga daunnya. Jika anda mengkonsumsi buah jambu biji sebaiknya anda memakan jambu biji dengan kulitnya, Atau anda meminum air rebusan daun jambu biji ini.

Meningkatkan imunitas tubuh

Dengan kandungan vitamin C yang tinggi, jambu dapat meningkatkan imunitas tubuh. Jika terserang penyakit ringan dengan mengkonsumsi vitamin C biasanya cukup untuk menyembuhkan dan mencegah infeksi tanpa menggunakan obat. Sangat penting vitamin C didapatkan tubuh, karena mampu meningkatkan imunitas tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Mengkonsumsi satu buah jambu per hari dapat memenuhi imunitas tubuh.

Menjaga kesehatan mata

Masalah pada mata biasanya dapat diakibatkan oleh faktor usia atau kebiasaan seperti menggunakan gadget dalam jarak yang dekat atau dalam waktu yang lama. Kandungan Vitamin A dan C pada jambu sangat cocok untuk menjaga kesehatan matanya. Mengkonsumsi jambu secara rutin mampu menurunkan gangguan mata seperti katarak dan juga degenerasi makula.

Itulah macam-macam manfaat Jambu biji untuk kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *