Herpes zoster (cacar api/ular)

Posted on

Herpes zoster atau yang kita kenal dengan sebutan cacar api atau cacar ular ini merupakan penyakit kulit yang timbul akibat virus yang bangkit kembali. Virus tersebut Varicella zoster yang pada saat pertama kali menyerang kulit dapat menyebabkan cacar air.

Pada saat dikira cacar air sembuh, padahal sebenarnya virus Varicella hanya sedang tidak aktif. Varicella akan aktif keduakalinya dengan kondisi yang berbeda, yaitu pada cacar api atau herpes zoster.

Penyebab, gejala, dan pengobatan Herpes zoster

Herpes zoster (cacar api/ular)

Jika pada cacar air, rasa yang ditimbulkan berupa rasa gatal, Berbeda denga cacar api ini. Cacar api ini memberikan bentol yang berisi air dengan sensasi rasa yang nyeri bahkan ketika sembuh pun masih terasa nyeri.

Post herpetic neuralgia merupakan salah satu komplikasi yang dapat terjadi pada penderita herpes zoster. Yaitu merupakan kondisi saraf penderita rusak membuat kulit sulit untuk mengirim sinyal ke otak. Hal ini menyebabkan rasa nyeri hebat yang kronik yang dapat berlangsung bulanan bahkan tahunan.

Penyebab

Penyakit ini terjadi diakibatkan oleh virus Varicella zoster yang bangkit kembali setelah sebelumnya muncul dan mengacau sebagai cacar air. Ini membuktikan siapasaja yang mengalami cacar api pasti sebelumnya pernah mengalami cacar air.

Setelah seseorang mengalami cacar air, maka ada kemungkinan orang tersebut dapat mengalami penyakit cacar api. Kejadian ini dimulai dari sembuhnya cacar air, namun sebenarnya virus masih bersembunyi dan masuk kedalam sistem saraf dan tidur bertahun-tahun. Pada kondisi tertentu, virus tersebut dapat bangun dan bergerak sepanjang sistem saraf dan menciptakan kondisi cacar api.

Virus tersebut dapat bagun kembali jika kita dalam konsisi kekebalan tubuh menurun.

Gejala

Awalnya penderita biasanya mengalami sensasi rasa nyeri dan terbakar. Nyeri akan dirasalan hanya pada bagian tertentu dan muncul belang-belang yang diikuti ruam merah yang memiliki karakteristik ruam seperti berikut:

  • Belang merah
  • Lepuhan berisi cairan
  • Ruam sekitar tulang belakang
  • Pada wajah dan telinga
  • Gatal

Pengobatan

Senarnya dokter dapat mendiagnosis penyakit ini dengan pengecekan fisik, yaitu dengan melakukan pemeriksaan ruam dan lepuhan. Meskipun begitu, belum ada obat khusus untuk penyakit ini. Namun, ada obat yang dapat mempercepat penyembuhan dan menghindari terjadinya komplikasi. Obat tersebut adalah:

  • Acyclovir
  • Valacyclovir
  • Famciclovir

Dokter juga akan meresepkan obat-obatan tertentu yang dapat meredakan gejala yang mengganggu kenyamanan dan mempercepat proses penyembuhan tanpa menimbulkan komplikasi.

Itu saja penjelasan mengenai Herpes Zoster.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *