Efek samping masker jahe yang dapat terjadi

Posted on

Jahe merupakan sejenis rempah-rempah dan tanaman obat yang sudah digunakan selama berabad abad sebagai bumbu masalah, bahkan sering digunakan sebagai obat herbal. Biasanya obat dengan bahan utama jahe bertujuan untuk mengobati pusing, mual, nyeri haid, artitis, dan masih banyak lagi. Namun selain berguna untuk kesehatan, jahe juga dapat dimanfaatkan sebagai masker untuk merawat kecantikan kulit.

Efek samping masker jahe

Efek samping masker jahe yang dapat terjadi

Manfaat jahe untuk kecantikan bisa kalian dapat dengan menggunakannya sebagai minuman, dan juga bisa sebagai masker. Masker jahe dapat mengatasi jerawat, menenangkan kulit, mencerahkan kulit, dll.

Namun, pada beberapa kasus masker ini memiliki efek samping yang dapat mengganggu kenyamanan wajah kita. Apa saja kah efek samping tersebut? berikut efek samping masker jahe:

Sensasi rasa terbakar

Jahe terkenal dengan sifat antioksidannya yang tinggi yang dapat mendetoksifikasi segala zat yang tidak dibutuhkan tubuh, sehingga tubuh menjadi sehat. Namun orang yang menggunakan jahe ini sebagai masker, yang pertamalaki akan ia rasakan ialah sensasi rasa terbakar pada wajahnya. Ini disebabkan oleh sifat alami jahe yang menghangatkatkan. Jika digunakan oleh kulit sensitif, kondisi kulitnya akan semakin memburuk.

Mengiritasi kulit

Jika kita memiliki alergi terhadap jahe, maka gejala yang bisa ditimbulkan berupa tanda kemerahan pada kulit, ruam, dan juga radang kulit. Selain itu, menggunakan masker jahe juga sangat berpengaruh pada mata berupa rasa gatal serta iritasi. Efek samping ini dapat terjadi jika kita menggunakannya dalam keadaan kulit kering, terlalu lama didiamkan, atau terlalu sering menggunakan masker jahe ini.

Iritasi sekitar mulut

Mengkonsumsi jahe dalam dosis yang tinggi dapat membuat efek samping mudah timbul. Jahe boleh dikonsumsi hingga 5 gram per hari, Jika anda mengkonsumsi lebih dari itu, resiko terhadap timbulnya efek samping akan meningkat. Salah satu efek sampingnya yaitu terjadi iritasi pada kulit sekitar mulut. Meski ini tidak akan terjadi pada semua orang, namun ini dapat terjadi pada orang dengan kondisi kulit yang lemah atau sensitif.

Timbul memar

Menggunakan masker jahe maupun mengkonsumsinya terlalu banyak bisa berdampak buruk untuk kulit, salah satunya mudah terdapat memar. Memar ini berkaitan dengan masalah pendarahan dalam tubuh. Sifatnya yang panas, jahe dapat menyebabkan memar pada kulit maupun di dalam tubuh anda jika terlalu berlebihan menggunakannya.

Kulit bersisik

Jahe yang bersifat panas ini jika digunakan pada wajah terlalu lama atau pun terlalu sering akan menyababkan kulit menjadi semakin kering dan akhirnya bersisik. Bukan hanya itu, menggunakannya tidak sesuai dengan yang dianjurkan dapat menyebabkan iritasi, dan peradangan.

Dianjurkan …

Jika anda merasa cocok menggunakan masker jahe namun mendapatkan salah satu efek sampingnya, maka dianjurkan anda untuk menggunakan seawajarnya. Penggunaan yang dianjurkan, mengkonsumsinya tidak boleh lebih dari 5 gram perhari. Untuk menggunakannya sebagai masker, sebaiknya anda tidak terlalu lama dan terlalu sering menggunakan maskerjahe. Dianjurkan untuk menggunakannya seminggu 2 kali dan lama jahe menempel pada wajah tidak boleh lebih dari 10 menit, itu tergantung konsisi kulit anda.

Itulah Efek samping masker jahe yang dapat terjadi jika kita menggunakannya tida sesuai dengan konsisi atau aturan yang telah ditetapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *