Efek samping jahe bagi kesehatan

Posted on

Jahe merupakan salah satu rempah yang baik untuk merawat kesehatan tubuh. Rempah-rempahan ini juga memiliki sifat menghangatkan tubuh ketika kita mengkonsumsinya. Mengkonsumsinya di cuaca yang dingin sungguh nikmat karena dapat menghangatkan dan mencegah masuk angin. Meski begitu, Jahe ternyata memiliki efek samping yang dapat mempengaruhi kesehatan.

Efek samping jahe bagi kesehatan

Efek samping jahe bagi kesehatan

Meski jahe merupakan rempah rempahan yang sangat berguna untuk kesehatan, jika kita menggunakannya dengan caranya yang salah dapat menimbulkan efek samping. Berikut efek samping jahe bagi kesehatan:

Gangguan pencernaan

Meski jahe berguna untuk merawat kesehatan seperti dapat meredakan flu atau lainnya, jahe juga dapat mengakibatkan gangguan pencernaan. Mengkonsumsi jahe secara berlebihan dapat mengakibatkan gangguan pencernaan. Gejala yang dapat dialami ketikan mengkonsumsi terlalu banyak jahe ialah gejala Gastrointestinal, misalnya bersedawa atau perut yang mulas.

Perut kembung

Jahe juga dapat membuat perut menjadi kembung. Perut kembung yaitu perut yang terasa mengandung gas yang membuat perut menjadi tidak nyaman. Ini dapat terjadi ketika kita mengkonsumsinya terlalu banyak atau terlalu sering. Jika ini dilakukan, jahe dapat menimbulkan gas pada perut dan akhirnya menimbulkan kembung.

Diare

Menggunakan jahe sebagai obat tidak salah, Namun yang salah adalah jika anda berfikir bahwa menggunakan jahe secara terus menerus dapat mempercepat pengobatan anda. Hal itu tentu jelas salah, karena dangan mengkonsumsi secara berlebihan justru akan memperparah keadaan dan menimbulkan efek sampong. Efek samping tersebut salah satunya diare.

Penyakit kandung kemih

Jenis penyakit satu ini cukup berbahaya dan harus diwaspadai. Penyakit ini dapat timbul karena menggunakan jahe dengan bahan tertentu untuk pengobatan atau mengkonsumsinya. Jika ini terjadi, sebaiknya anda menggunakan alternatif lain jika sedang melakukan pengobatan dengan jahe.

Memperburuk datang bulan

Banyak wanita percaya, mengkosumsi jahe saat datang bulan mampu mengurangi rasa sakit yang terjadi saat datang bulan. Namun, itu bisa dilakukan juga mengkonsumsinya secara teratur dan tidak berlebihan. Karena jika tidak sesuai, justru malah membuat perut tidak nyaman saat haid. Selain itu, darah kotor yang keluar akan lebih banyak dari sebelumnya.

Hipoglikemia

Penyakit ini merupakan kebalikannya diabetes, Yaitu kondisi seseorang dengan kadar gula dalam darahnya yang sangat renda. Seseorang akan mengalami penyakit ini ditandai dengan:

  • Kebingungan
  • Penglihatan kabur
  • Kejang-kejang
  • Seperti orang sedang mabuk
  • Hilang kesadaran

Kondisi ini umum terjadi pada diabetes tipe 1 dengan hipoglikemia simtomatik yang terjadi rata-rata 2kali dalam seminggu. Namun jika penyakit ini terjadi terlalu sering sebaiknya anda menghubungi dokter atau konsultan untuk mengetahui apa yang terjadi pada diri anda.

Jangan mengkonsumsi jaha, bila …

Ada pun orang dengan kondisi tertentu yang dilarang mengkonsumsi jahe. Orang-orang tersebut adalah:

  • Penderita gangguan darah
  • Orang yang akan menjalani operasi
  • Ibu hamil
  • Orang yang sedang melakukan pengobatan

Orang-orang dengan kondisi fisik tersebut dapat memperparah keadaan, apalagi pada ibu hamil, parahnya akan menyebabkan keguguran.

Itulah Efek samping jahe bagi kesehatan yang akan anda dapatkan jika menggunakannya dengan cara yang salah, serta penggunaannya secara berlebihan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *