Efek samping daun sambiloto

Posted on

Efek samping daun sambiloto – Sambiloto merupakan tanaman obat yang memiliki rasa yang pahit. Tanaman obat herbal ini sangat populer, karena seringkali dapat menyembuhkan termasuk penyakit yang ringan seperti flu dan demam. Masih banyak lagi manfaat dari tanaman ini.

Efek samping daun sambiloto

Efek samping daun sambiloto

Dimana ada kelebihan, disitu pasti ada kekurangan. Dari banyaknya khasiat untuk kesehatan maupun kecantikan, ternyata daun sambiloto dapat menimbulkan beberapa efek samping. Efek samping ini timbul karena penggunaannya yang salah atau anda terlalu lama atau terlalu sering menggunakan tanaman ini.

Berikut efek samping daun sambiloto:

Mulut terasa pahit

Tanaman sambiloto, tepatnya pada bagian daunnya sering digunakan untuk menyembuhkan beragam jenis kondisi penyakit. Namun anda mungkin dapat merasakan rasa pahit yang menempel pada mulut anda. Hal ini memang wajar karena kebanyakan obat rasanya pahit, tak heran juga tanaman ini termasuk tanaman obat yang ampuh menyembuhkan berbagai penyakit. Rasanya pahit ini memiliki istilah yaitu Andrographpholide yang akan memberikan efek pahit di mulut.

Hilangnya nafsu makan

Jika kita mengkonsumsi tanaman ini dalam dosis yang tinggi dapat menurunkan nafsu makan. Tidak hanya mengkonsumsinya dalam dosis tinggi, mengkonsumsinya dalam jangka waktu yang panjang meski takarannya normal dapat menurunkan nafsu makan. Setelah mengalami ini, akhirnya tubuh menjadi tak bertenaga dan penurunan berat badan. Maka, hentikan segera mengkonsumsi daun sambiloto.

Mudah lelah

Daun sambiloto juga dapat menyebabkan kita mudah lelah. Ini dikarenakan terlalu tinggi atau terlalu lama mengkonsumsi tanaman ini. Maka dari itu konsumsilah jangan terlalu berlebihan dan hentikan segera pemakaian jika penyakit yang diderita mulai ada perubahan. Mungkin ini ada kaitannya dengan hilangnya nafsu makan atau darah rendah.

Tekanan darah rendah

Jika anda memiliki tekanan darah rendah sebaiknya untuk tidak mengkonsumsi ramuan atau obat yang mengandung sambiloto. Karena sambiloto dapat membuat tekanan darah menurun drastis dan ini akan sangat berbahaya jika dikonsumsi pada penderita tekanan darah rendah. Bahkan tekanan darah normal juga beresiko tinggi mengalami tekanan darah rendah atau hipotensi jika mengkonsumsi tanaman ini secara berlebihan atau dalam jangka waktu yang lama.

Sakit kepala

Sambiloto adalah tanaman obat yang ampuh dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Tanaman ini juga sudah terbukti dapat mengobati penyakit ringan hingga penyakit yang serius sekalipun. Namun sebaiknya jika pengobatan dengan tanaman ini mulai mengalami perubahan yang membaik, sebaiknya kurangi intensitas pemakaian. Karena jika kita mengkonsumsinya terlalu lama dapat menimbulkan sakit kepala yang mengganggu aktivitas.

Penyakit Autoimun

Meski sambiloto dapat membuat ketahanan tubuh meningkat, sambiloto juga dapat meningkatkan gejala penyakit autoimun. Penyakit autoimun meliputi Diabetes tipe1, Radang sendi, Psoriasis, Graves’ Disease, Lupus, Vitiligo, Scleroderma. Sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi sambiloto apabila telah mengidap salah satu penyakit diatas, karena dapat memperparah kondisi tersebut.

Selain efek samping diatas, sambiloto juga dapat mengakibatkan gangguan kesuburan bahkan dapat mengalami keguguran pada ibu hamil. Jika anda ada rencana ingin mempunyai anak, sebaiknya untuk berhenti mengkonsumsi daun tanaman ini.

Itulah Efek samping daun sambiloto yang dapat anda rasakan jika penggunaannya tak sesuai yang dianjurkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *