Efek Samping Daun Cincau? Inilah penjelasan dari pakarnya

Posted on

Efek Samping Daun Cincau – Daun cincau yang dikonsumsi memiliki rasa yang menyegarkan, apalagi dicampur dengan gula aren dan eskrim. Selain rasanya yang nikmat, cincau ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga dapat digunakan sebagai masker untuk merawat kulit wajah anda.

Efek samping daun cincau

Efek Samping Daun Cincau? Inilah penjelasan dari pakarnya

Meski banyak manfaatnya, ternyata jika kita menggkonsumsinya salah kita akan menerima dampak buruknya. Seperti apakah dampak buruk tersebut? dibawah ini telah kami paparkan efek samping daun cincau.

Menyebabkan Diare

Menurut seorang ilmuwan dari Department of Food Safety & Food Quality Prof. Dr. Patrick Kolsteren Ph.d, FACS, mengatakan berdasarkan penelitiannya bahwa, Diare atau mencret merupakan masalah kesehatan yang paling mudah terlihat dampak akibatnya ketika seseorang terlalu banyak mengonsumsi daun cincau. Mau itu dikonsumsi sebagai obat atau hanya sekedar memakannya saja dapat menyebabkan diare. Bahkan pada kasus yang lebih parah diare ini dapat menyebabkan perubahan bentuk feses yang berdarah karenakandugan zat asamnya yang terlalu berlebihan.

Memicu Pernyakit Maag

Seorang pakar kesehatan nutrisi dari Biochemistry NUS Medicine, Singapura Prof. Dr. Christiani Jeyakumar Ph.d, M.D. Beliau mengungkapkan jika mengkonsumsi terlalu banyak daun cincau akan menyebabkan asam lambung naik dan maag. Hal ini bisa bisa terjadi karena terdapat kandungan asam askorbat yang tinggi dalam daun cincau yang dapat merusak sel sel dinding lambung. Dengan begitu anda akan mengalami penyakit maag atau asam lambung. Jika anda memang menyukai olahan daun cincau, sebaiknya konsumsilah tidak lebih dari 100gr/hari agar terhindar dari efeksamping.

Merusak Selaput Dinding Ginjal

Daun cincau memiliki kandungan betaun, zat pati, dan asam askorbat dalam jumlah yang tinggi. Jika kita mengkonsumsi kandungan-kandungan yang tinggi tersebut terlalu sering dan berlebihan dapat merusak selaput dinding ginjal. Untuk solusinya, anda harus mengkonsumsi makanan yang berprotein tinggi seperti kentang, jagung, nasi, daging-dagingan merah, ikan, dll. Hal ini bertujuan agar sel-sel jaringan selaput dinding dapat menahan efeksamping.

Memicu Resiko Stroke dan Serangan Jantung

Hasil uji riset dari The Michigan Journal of Medicine (MJM) tahun 2012, menyatakan bahwa pada dasarnya daun cincau sangat bagus untuk kesehatan jantung. Terutama dalam hal upaya menstabilkan optimasi produktifitas dan aktifitas pembuluh darah jantung yaitu arteri dan vena. Meski begitu, mengkonsumsinya terlalu berlebihan dan penggunaannya yang salah justru dapat menimbulkan efek samping dan kerusakan dibagian organ-organ dalam tubuh. Salah satu efek samping yang dapat muncul yaitu penyakit jantung berbahaya, salah satunya penyakit liver dan serangan jantung.

Menimbulkan Gejala Asam Urat

Seorang pakar spesilais kedokteran organ dalam, dari Dietetics, Human Nutrition and Health – University of Plymouth Prof. Dr. Marry Hickson Ph.d, menyatakan bahwa daun cincau memiliki kandungan antiinflamasi dan antioksidan yang cukup bagus. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping yaitu dapat memicu resiko asam urat yang berlebihan karena daun cincau juga memiliki kandungan asam askorbat yang tinggi.

Menyebabkan Anemia

Dalam sebuah hasil riset ilmiah dinyatakan bahwa, Efek samping daun cincau karena terlalu tingginya kandungan Betaine dan Asam Askorbat di dalamnya bisa memicu penurunan produktifitas sel-sel darah yang berujung pada tidak stabilnya tingkat kadar jumlah darah di dalam tubuh, sehingga demikian maka resiko penyakit anemia tidak dapat terhindarkan.

Menghambat Sirkulasi Darah

Selain dapat menyebabkan penurunan produktifitas sel darah merah, daun cincau juga dapat mengakibatkan inkonsistensitas pada sistem sirkulasi darah dalam tubuh. Lagi-lagi ini diakibatkan oleh asam askorbat dan asam pantotenat yang kadarnya cukup tinggi. Oleh karena itu sebaiknya anda mengkonsumsi ini tidak lebih dari 100gr perharinya baik itu untuk obat atau hanya sekedar memakannya saja.

Menurunlan Sistem Metabolisme

Kandungan asam pada daun cincau tidak lah bersalah, karena pada dasarnya asam sangat berguna untuk kesehatan kita jika dikonsumsi dalam dosis yang sesuai. Jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan akan merapuhkan sistem kekebalan tubuh. Karena zat asam yang terlalu tinggi bisa mengurangi fungsi kerja sistem metabolisme dalam tubuh saat mengaliri zat-zat sari pati makanan yang ada di lambung.

Itulah Efek Samping Daun Cincau yang terjadi akibat penggunaannya tidak sesuai dengan takaran. Solusinya konsumsilah cincau tidak berlebihan agar anda mendapatkan manfaat yang sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *