Efek Samping Belimbing Wuluh untuk kulit wajah

Posted on

Efek Samping Belimbing Wuluh untuk kulit wajah – Belimbing wuluh ini merupakan jenis buah yang memiliki rasa yang sangat asam yang sering digunakan pada bahan sayuran. Jenis belimbing ini juga memiliki khasiat yang sering digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit dan juga sering digunakan sebagai bahan obat herbal. Belimbing wuluh mengandung beberapa zat kimia seperti tanin, sponin, glucoside, sulfur, kalsium oksalat dan juga peroksidase. Buah belimbing ini juga bersifat diuretik dan juga analgesik sehingga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Efek Samping Belimbing Wuluh untuk kulit wajah

Efek Samping Belimbing Wuluh untuk kulit wajah

Selain kandungan diatas, belimbing juga memiliki kandungan yang tinggi, yaitu mengandung energi, karbohidrat, protein, vitamin C, fosfor, kalsium dan juga zat besi. kandungan tersebut memiliki manfaat bagus untuk kesehatan.

Belimbing wuluh juga dapat dimanfaatkan untuk kecantikan. Manfaat belimbing wuluh untuk kecantikan dapat berupa mengecilkan pori-pori, menghambat proses penuaan, mengatasi jerawat, dan masih banyaklagi.

Namun untuk beberapa kasus, belimbing wuluh ini dapat menyebabkan masalah pada kulit. Berikut Efek Samping Belimbing Wuluh untuk kulit wajah:

Perih

Efek samping yang mudah terjadi ialah rasa perih pada kulit. Perih akan terjadi ketika menggunakannya sebagai masker, karena kandungan asam konsentrat yang tinggi pada belimbing wuluh ini. Jika anda memang ingin menggunakan belimbing wuluh ini, saya sarankan untuk menggunakannya bersama dengan bahan lain yang bersifaat menenangkan. Bahan-bahan yang dapat dikombinasikan ialah air mawar, minyak zaitun, lidah buaya, putih telur, madu dll. Untuk pemilik kulit sensitif sebaiknya untuk tidak menggunakan belimbing wuluh ini.

Menimbulkan Bintik Bintik

Seperti pada point sebelumnya, masker belimbing wuluh tidak baik jika digunakan pada kulit secara langsung tanpa tambahan bahan alami lainnya. Karena sifat asamnya yang tajam, belimbing wuluh ini dapat membuat kulit menjadi perih dan serta menimbulkan bintik-bintik pada wajah anda. Untuk mencegah hal ini terjadi, gunakan bahan yang bersifat menenangkan kulit seperti lidah buaya, madu, putih telur, dll.

Menyebabkan Flek Hitam

Seperti yang telah kita bahas pada manfaat belimbing wuluh untuk kecantikan, bahwa dengan menggunakan belimbing wuluh ini kulit anda akan tampak lebih putih dari sebelumnya. Meskipun begitu, pada sebagian orang khususnya orang dengan jenis kulit sensitif akan menimbulkan hasil sebaliknya, yaitu timbulnya beberapa noda atau flek hitam. Flek hitam tidak hanya dapat muncul pada jenis kulit sensitif, untuk anda yang sering menggunakan masker ini terlalu sering juga akan mengalami hal yang sama. Untuk itu gunakan maksimal 2kali dalam seminggu.

Meningkatkan Masalah Kulit Kering

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah ini ampuh untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit. Namun kandungan bahan kimia lainnya pada buah ini dapat menyebabkan kulit menjadi kering karena pembersihan minyak bekerja terlalu tinggi. Hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan sensasi rasa tertarik yang akhirnya kulit menjadi sensitif.

Itulah Efek Samping Belimbing Wuluh untuk kulit wajah. Jika dilihat dari penyebabnya, bukanlah salahnya buah belimbing wuluh ini, efek samping dapat terjadi dikarenakan penggunaan yang tidak sesuai dengan keadaan kulit dan tidak sesuai dengan dosis yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *